Lebih Menarik, Seperti Ini Tampilan Baru Pada Dasbor Blogger 2020
Lebih Menarik, Seperti Ini Tampilan Baru Pada Dasbor Blogger 2020

Lebih Menarik, Seperti Ini Tampilan Baru Pada Dasbor Blogger 2020

Sebuah update tampilan baru dasbor blogger 2020 akan dirilis sebentar lagi. Berikut ini ulasan singkatnya.

Tampilan Baru Pada Dasbor Blogger 2020
Blogger merupakan salah satu platform blogging yang begitu banyak memiliki pengguna tetap. Bukan tanpa alasan, Blogger menjadi platform yang paling mudah untuk diakses dan tentunya gratis tanpa biaya apapun.

Pada 20 Mei 2020, sebuah pengumuman dirilis oleh Blogger melalui halaman blog mereka bahwa akan ada tampilan baru pada dasbor Blogger 2020. Pembaruan ini menjadi sebuah bukti dari Blogger bahwa mereka masih terus berkomitmen untuk memberikan service terbaik kepada penggunanya.

Alasan Pembaruan Pada Dasbor Blogger

Melansir dari halaman blog milik Blogger, pembaruan ini dilakukan karena Blogger mengamati perkembangan situs-situs web saat ini yang terus berkembang. 

Untuk menyesuaikan dengan perkembangan tersebut, Blogger pun ingin memberikan pengguna setia layanannya untuk memiliki pengalaman pembuatan konten yang lebih mudah dan intuitif. 

Dasbor baru Blogger ini memang memiliki tampilan yang lebih menarik dan memiliki lebih banyak informasi yang membantu para pemilik blog untuk membuat tulisan dan mengembangkan blog nya.

Tampilan Baru Pada Dasbor Blogger 2020

Dasbor Blogger terbaru tampak sangat fresh dan juga elegan. Lebih banyak informasi dapat kita tinjau hanya melalui dasbor blogger kita saja.

Secara fitur, dalam tab postingan tidak memiliki perubahan signifikan. Hanya saja tampilannya lebih user friendly karena kita dapat lebih mudah untuk menggunakan fitur seperti pratinjau, mempublikasikan,  mengganti label dan sederhana untuk 

Tampilan Baru Pada Dasbor Blogger 2020
Tampilan Post Dalam Tab Posting Pada Tampilan Baru Dasbor Blogger 2020
Pada tab statistik, juga tidak memiliki perubahan fitur tetapi hanya pada teknis penampilan statistik yang lebih nyaman untuk dilihat seperti memunculkan grafik performa pos terbaru, tampilan total view dari setiap artikel yang telah ditayangkan dalam jangka waktu tertentu dan grafik analisis sumber lalu lintas pengunjung.
Tampilan Baru Pada Dasbor Blogger 2020
Tampilan Terbaru Dalam Tab Statistik Pada Tampilan Baru Dasbor Blogger 2020
Blogger juga menghilangkan sub tab pada tab Setting yang sebelumnya mengklasifikasikan pengaturan menjadi beberapa sub tab seperti postingan, komentar dan berbagi, email, bahasa & pemformatan, preferensi penelusran, setelan pengguna dan lainnya.

Kini tab Setting didesain lebih sederhana dan elegan dengan menggabung seluruh sub tab nya menjadi satu sehingga kamu tidak perlu pergi kesana kemari untuk mengubah pengaturan blog mu.

Rasanya sulit untuk menggambarkan perubahan tampilan ini melalui kata-kata. Namun inti dari pengembangan tampilan pada tab-tab dasbor Blogger ini adalah menampilkan data terpenting pada setiap tab se-awal mungkin di setiap kali kamu membuka tab tersebut. Selain itu, Blogger juga meningkatkan responsifitas dari perangkat mobile sehingga dapat mengakses dasbor Blogger sama nyamannya dengan melalui komputer.
Tampilan Baru Pada Dasbor Blogger 2020
Tampilan Lebih Responsi Pada Tampilan Baru Dasbor Blogger 2020 di Perangkat Mobile (sumber: blogger)


Cara Mencoba Dasbor Blogger Terbaru

Saat ini Blogger telah membuka akses bagi penggunanya untuk mencoba tampilan dasbor Blogger terbaru ini. Caranya mencoba dasbor Blogger terbaru yaitu:
  • Login ke Blogger
  • Buka Dasbor
  • Pilih Try the New Blogger pada tab bagian bawah
    Tampilan Baru Pada Dasbor Blogger 2020
  • Ketik muncul notifikasi, klik Lanjutkan
    Tampilan Baru Pada Dasbor Blogger 2020

Kapan Dasbor Blogger Baru Ini Di Permanenkan?

Pihak Blogger menyatakan bahwa mulai akhir Juni, tampilan dasbor Blogger baru ini akan menjadi tampilan utama bagi seluruh pengguna Blogger. Namun kamu masih mungkin untuk mengkakses Blogger dengan tampilan dasbor Blogger lama dengan memilih opsi "Revert to Legacy Blogger" sebelum dipermanenkan pada akhir Juli.

Penutup

Blogger masih akan terus mengembangkan tampilan baru dasbor Blogger ini sehingga masih memungkinkan untuk munculnya fitur atau tampilan baru ketika dipermanenkan nanti. Blogger pun sangat terbuka terhadap kritik dan saran dari para penggunanya selama masa uji coba berlangsung.


Sebelumnya, sudah banyak pengembangan yang dilakukan pengembangan dilakukan oleh Blogger sejak dirilis pada tahun 1999. Namun apakah kamu sudah mengetahui siapa orang dibalik peluncuran Blogger saat itu? Kamu dapat membaca profilnya pada artikel Kisah Menarik Dari Sang Penemu Blogger.

***

Bila memiliki pertanyaan seputar artikel Lebih Menarik, Seperti Ini Tampilan Baru Pada Dasbor Blogger 2020, silahkan tulis dikolom komentar ya. 
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"