Cara Memperkuat Sinyal Smartphone Mu
Cara Memperkuat Sinyal Smartphone Mu

Cara Memperkuat Sinyal Smartphone Mu

Berikut ini merupakan cara memperkuat sinyal smartphone mu serta penyebab dan dampak sinyal smartphone hilang.

Cara Memperkuat Sinyal Smartphone
Cara Memperkuat Sinyal Smartphone Mu
Momen ketika sinyal smartphone hilang tentu saja dapat membuat 'Mati Gaya'. Aplikasi dismartphone kita pun bisa tidak berfungsi dibuatnya. Tentu ini menjadi masalah terutama bagi yang sedang dalam kondisi darurat.

Jika momen ini menimpa kamu, tetap tenang dan jangan khawatir karena kamu dapat melakukan beberapa upaya yang dapat mengembalikan dan memperkuat sinyal smartphone mu agar tetap dapat maksimal sehingga tidak mengganggumu.

Inilah Cara Memperkuat Sinyal Smartphone Mu



Penyebab Sinyal Smartphone Hilang

Kuat atau lemahnya sinyal smartphone dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti:
  • Smartphone overheat
  • Ruangan tertutup
  • Kondisi perangkat keras smartphone yang sudah tidak baik
  • Berada dilokasi yang ramai
  • Provider sedang bermasalah
  • Dll


Dampak Sinyal Smartphone Hilang

Hilangnya sinyal smartphone tentu saja memiliki dampak dan kecenderungannya negatif yaitu:
  • Koneksi internet tak dapat digunakan
  • Tak dapat menerima pesan ataupun panggilan
Hal-hal tersebut tentu mengganggu kan?


Cara Memperkuat Sinyal Smartphone

'Memainkan' Airplane Mode


Cara Memperkuat Sinyal Smartphone
Airplane Mode Cara Memperkuat Sinyal Smartphone Mu (sumber: airportag)

Maksud kata 'memainkan' adalah dengan menghidupkan lalu mematikan Airplane Mode pada smartphone mu. Dibeberapa kesempatan, cara ini cukup efektif untuk memperkuat sinyal smartphone karena ketika kita menghidupkan Airplane Mode, secara otomatis seluruh sambungan sinyal dismartphone akan diputus dan ketika kita mematikannya, smartphone secara otomatis akan secepat mungkin untuk mencoba menangkap sinyal.

Sesuaikan Jaringan


Cara Memperkuat Sinyal Smartphone
Sesuaikan Jaringan Cara Memperkuat Sinyal Smartphone Mu (sumber: gizmodo)

Tahu kan kamu bahwa dibeberapa lokasi hanya tipe sinyal tertentu saja yang dapat ditangkap? Sehingga hal ini menyebabkan sinyal menjadi tidak stabil bila smartphone dibuat otomatis dalam menangkap tipe sinyal. Contohnya dalam kasus ini kita berada di suatu lokasi yang mana hanya terdapat sinyal 3G, bila kita tetap memaksakan sinyal 4G tentu saja koneksi kita akan menjadi tidak stabil dan menyebabkan koneksi yang lambat. Solusi untuk hal ini adalah dengan menyesuaikan tipe sinyal secara manual.

Melepas Casing


Cara Memperkuat Sinyal Smartphone
Melepas Casing Cara Memperkuat Sinyal Smartphone Mu (sumber: youtube)

Casing smartphone kita ternyata dapat membuat smartphone menjadi sulit menangkap sinyal karena casing yang full body, menutupi seluruh permukaan smartphone dan utamanya area perangkat keras smartphone yang digunakan untuk menangkap sinyal.

Casing smartphone juga membuat smartphone menjadi cepat panas karena persebaran panas ke udara menjadi terhambat. Bila smartphone overheat, sinyal smartphone pun bisa menjadi terganggu.

Pergi Ke Ruang Terbuka


Cara Memperkuat Sinyal Smartphone
Pergi Ke Ruang Terbuka Cara Memperkuat Sinyal Smartphone Mu (sumber: alphacoders)

Ketika kita berada dalam suatu ruangan tertutup, tentu sering kali kita menemui sinyal smartphone kita melemah. Hal ini terjadi karena sinyal sulit untuk merambat pada ruangan tertutup. Maka pastikan ketika kamu ingin memperkuat sinyal smartphone, kamu harus berada diruangan terbuka.

Menggunakan Kartu Provider Sementara


Cara Memperkuat Sinyal Smartphone
Kartu Provider Sementara Cara Memperkuat Sinyal Smartphone Mu (sumber: kisspng)

Tidak semua provider sama. Dibeberapa lokasi, kekuatan sinyal suatu provider bisa saja lebih unggul dibandingkan yang lain. Hal ini dapat terjadi karena provider yang digunakan belum menjangkau lokasi tersebut. Untuk itu, maka menggunakan kartu provider sementara bisa menjadi solusi untuk memperkuat sinyal smartphone mu.

Restart Smartphone 


Cara Memperkuat Sinyal Smartphone
Restart Smartphone Cara Memperkuat Sinyal Smartphone Mu (sumber: igeeksblog)

Merestart smartphone juga merupakan salah satu solusi untuk memperkuat sinyal smartphone. Karena dengan restart, smartphone akan melakukan scanning ulang terhadap sinyal sehingga dapat memperkuat sinyal smartphone mu.


Paradigma Salah Tentang Cara Memperkuat Sinyal Smartphone

Ada suatu paradigma bahwa bila ingin memperkuat sinyal smartphone, kita harus mengangkat smartphone ke atas dan menggoyangkannya. Ternyata hal ini merupakan satu hal yang keliru.

Cara Memperkuat Sinyal Smartphone
Paradigma Salah Tentang Cara Memperkuat Sinyal Smartphone (sumber: jalantikus)
Seorang Profesor dibidang Electrical and Computer Engineering di Rice University, Lin Zhong mengatakan bahwa banyak orang berpikir sinyal smartphone ditembak dari atas dan berwujud spotlight. Padahal sinyal smartphone sudah tersedia secara masif disekitar kita. Sinyal smartphone bisa saja hilang oleh karena tersedot oleh pengguna lain disekitar kita ataupun terhalang oleh bangunan.

Semoga setelah membaca artikel cara memperkuat sinyal smartphone, kamu tidak salah ya tentang cara memperkuat sinyal smartphone.

***

Setelah memiliki sinyal bagus, ternyata kamu harus paham dampaknya juga. Bila sinyal kita bagus, otomatis bagi kamu yang menggunakan kuota internet tentu penggunaannya pun akan semakin boros kan? Nah, untuk menjaga agar penggunaan kuota internet mu tetap hemat coba deh baca 7 Tips Jitu Hemat Kuota Internet. Bila memiliki pertanyaan seputar cara memperkuat sinyal smartphone, silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"