Mengatasi 'User Intervention Required' Pada Printer
Mengatasi 'User Intervention Required' Pada Printer

Mengatasi 'User Intervention Required' Pada Printer

Frustasi karena mengalami printer muncul error 'User Intervention Required'? Solusinya mudah loh. Temukan solusi selengkapnya dalam artikel ini.

User Intervention Required
Pesan 'User Intervention Required' yang muncul ketika proses print berlangsung tentu sangat mengganggu produktifitas mu. Gubuk Pintar sangatlah memahami hal tersebut.

Ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan hal tersebut terjadi. Alasannya akan dijabarkan setelahnya pada artikel ini.

Untuk solusinya sendiri, sejatinya tergolong cukup mudah dan tidak memakan banyak waktu. Kamu dapat melakukannya sendiri tanpa membutuhkan bantuan profesional.

Cara ini bekerja untuk seluruh jenis printernya sehingga tidak terbatas pada merk tertentu. Walaupun demikian, memang ada beberapa merk printer tertentu yang Gubuk Pintar temukan memiliki kecenderungan terjadinya error ini lebih sering. Printer Canon dan HP lah merknya.

User Intervention Required

Penyebab Munculnya Error 'User Intervention Required'

Secara garis besar, munculnya pesan error ini disebabkan karena adanya hambatan terhadap proses Windows dalam mengeksekusi perintah untuk menjalankan proses printing. Proses Windows yang berfungsi untuk mengeksekusi perintah itu sendiri bernama Print Spooler.

Hambatan yang terjadi dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti,
  • Virus komputer yang menyebabkan service Print Spooler tidak berjalan
  • Printer gagal terhubung ke perangkat
  • Driver yang digunakan mengalami masalah
Selain itu, mungkin masih ada faktor-faktor lainnya yang dapat menyebabkan hambatan terjadi. Namun, untuk saat ini Gubuk Pintar belum menemukan penyebabnya selain ketiga hal diatas.

Selanjutnya mari mengetahui cara menyelesaikan permasalahannya.

Cara Mengatasi Error 'User Intervention Required'

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan permasalahan ini muncul. Oleh karena itu, solusinya akan dibagi menjadi beberapa cara.

1. Reset service Print Spooler

Ini menjadi pertolongan pertama yang dapat kalian lakukan ketikan muncul pesan error 'user intervention required' ketika proses print dilangsungkan.

Langkahnya sebagai berikut,
  1. Buka Run (Tekan Win+R)
  2. Ketikkan services.msc lalu Ok
  3. Cari service Print Spooler
  4. Klik kanan pada service tersebut lalu pilih Restart
  5. Tunggu proses berlangsung, setelah itu coba langsungkan proses print kembali

2. Membersihkan cache printer

Bila cara pertama masih belum berhasil, cobalah untuk membersihkan cache dari printer. Caranya ikuti langkah berikut ini,
  1. Buka Drive C > Windows > System32 > Spool
  2. Masuk ke folder Printers
  3. Hapus seluruh isinya (ada baiknya kamu buat backup nya juga)
  4. Coba langsungkan proses print kembali

3. Reset hardware

Bila kedua cara diatas masih belum berhasil juga, maka tambahkan langkah selanjutnya yaitu melakukan reset hardware. Untuk melakukannya, silahkan ikuti proses berikut ini.
  1. Batalkan semua proses print yang berlangsung
  2. Putuskan koneksi printer dengan perangkat mu
  3. Matikan printer
  4. Restart perangkat mu
  5. Setelah perangkat sudah menyala, nyalakan printer kembali dan hubungkan dengan perangkat
  6. Coba langsungkan proses print kembali
Bila sudah sampai diproses ini belum berhasil juga, maka ada indikasi proses konektivitas printer dan perangkat mu masih terganggu. Penyebabnya kemungkinan karena adanya virus atau kerusakan hardware seperti kabel USB printer.

4. Scan komputer dengan anti virus

Coba scan komputer mu dengan anti virus hingga komputer mu sepenuhnya bersih dari virus. Setelah itu, ulangi cara 1 hingga 3 dan lanjutkan ke cara 5.

5. Install ulang driver printer

Perangkat bervirus dapat menyebabkan driver mu mengalami kerusakan software. Untuk menanggulangi hal tersebut, silahkan unduh driver printer mu di situs resmi dari produsen dan kemudian install.

Setelah proses instalasi berhasil, coba langsungkan print kembali. Bila tidak berhasil juga, maka indikasinya mengerucut pada kerusakan hardware. Pada tahap ini, ada baiknya kamu konsultasikan lebih lanjut masalah ini dengan pihak produsen printer.


Penutup
Seperti itu cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan 'User Intervention Required' yang melanda ketika proses print berlangsung. Semoga membantu ya.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Mengatasi 'User Intervention Required' Pada Printer, silahkan tulis dikolom komentar ya. Bila artikel ini bermanfaat, kamu dapat membagikannya ke media sosial mu melalui tombol-tombol media sosial dibawah. Terimakasih orang baik!
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"