Cara Melihat Password Wifi Yang Tersimpan Dalam Gadget
Cara Melihat Password Wifi Yang Tersimpan Dalam Gadget

Cara Melihat Password Wifi Yang Tersimpan Dalam Gadget

Lupa Password Wifi? Tenang Saja, Temukan Berbagai Cara Melihat Password Wifi Yang Tersimpan Dalam Device Mu Selengkapnya Dalam Artikel Ini.

Cara Melihat Password Wifi
Bila kamu sedang mencari cara melihat password WiFi, maka kemungkinan yang terjadi adalah kamu baru pertama kali terkoneksi ke jaringan tersebut sehingga masih asing dengan passwordnya (lalu kamu lupa) atau kamu terkoneksi pada jaringan WiFi, dimana bukan kamu yang input passwordnya.

Apapun alasannya, tenang saja. Kamu tetap dapat mengetahuinya password WiFi nya kok. Sejatinya, ada banyak sekali cara yang dapat kamu lakukan. Namun untuk menghemat waktu mu menelusuri berbagai cara yang ada, Gubuk Pintar akan memberikan kamu beberapa rekomendasi cara yang sudah terbukti AMPUH.

Caranya akan dibagi menjadi dua berdasarkan perangkat yang digunakan yaitu PC dan Android. Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini,

Cara Melihat Password Wifi


Cara Melihat Password WiFi Di Laptop/PC

Ada beberapa cara melihat password WiFi yang mudah kamu lakukan bila menggunakan Laptop/PC, yaitu:

1. Menggunakan Fitur Di Windows

Kamu dapat langsung menemukannya berbekal fitur di Windows yang kamu gunakan, simak langkah-langkah berikut ini.
  1. Klik kanan pada tanda WiFi pada toolbar Windows mu
    Cara Melihat Password Wifi
  2. Pilih opsi Open Network & Internet Setting
    Cara Melihat Password Wifi

  3. Pilih opsi Change Adapter Options. Bila tidak langsung terlihat, cobalah untuk sedikit scroll ke bawah pada tab Status
    Cara Melihat Password Wifi
  4. Selanjutnya akan muncul pilihan koneksi yang ada, Klik kanan pada koneksi WiFi yang sedang aktif kamu gunakan dan pilih Status
    Cara Melihat Password Wifi
  5. Pilih opsi Wireless Options
    Cara Melihat Password Wifi
  6. Pilih tab Security dan centang Show Characters
    Cara Melihat Password Wifi
  7. Kamu dapat melihat password WiFi pada kolom Network Security Key.
Keterbatasan cara ini adalah kamu hanya dapat melihat password WiFi yang sedang aktif terkoneksi dengan laptop/pc mu saja. Lantas bila kamu sedang tidak terkoneksi? Cara ini tidak akan bekerja.

Namun tenang saja, ada cara melihat password Wifi lainnya yang dapat kamu gunakan meski tidak sedang aktif terkoneksi. Lanjutkan membaca untuk menemukan caranya.

2. Memanfaatkan CMD

Bila cara sebelumnya terbatas pada jaringan WiFi yang terkoneksi saja, menggunakan CMD memungkinkan kamu melihat seluruh password WiFi yang pernah terhubung dengan laptop/PC mu tanpa harus terhubung!

Silahkan simak langkah-langkah berikut ini,
  1. Buka CMD
  2. Ketikkan netsh wlan show profiles, ini bertujuan untuk memunculkan profil dari setiap WiFi yang pernah terkoneksi dengan laptop/pc mu sebelumnya.
    Cara Melihat Password Wifi
  3. Cari dan pilih profil WiFi yang ingin kamu ketahui passwordnya
  4. Setelah menemukannya, ketik sesuai format berikut: netsh wlan show profiles namaprofilwifi key=clear. Contohnya bila nama profile wifi tersebut '-9-' maka ketikkan netsh wlan show profiles -9- key=clear. Pada tahap ini tujuannya adalah untuk memunculkan informasi detail dari profil WiFi yang dipilih termasuk passwordnya juga.
    Cara Melihat Password Wifi
  5. Kamu dapat menemukkan password wifinya pada informasi Key Content
    Cara Melihat Password Wifi

Itulah cara melihat password Wifi yang tersimpan pada laptop/PC mu. Bagi kamu yang ingin mengetahui cara serupa pada smartphone Android, silahkan simak pada bagian selanjutnya dari artikel ini.

Cara Melihat Password WiFi Di Android

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk melihat password WiFi yang pernah terhubung sebelumnya dengan Android mu. Berikut caranya,

1. Menggunakan Fitur Sharing Password

Dibeberapa sistem operasi Android, kamu dapat berbagi password WiFi dengan orang lain ketika kamu sudah terhubung sebelumnya. Biasanya, password WiFi tidak akan dibagikan secara langsung tetapi dalam bentuk barcode. Kamu dapat scan barcode tersebut untuk mendapatkan passwordnya.

Tenang saja, kamu dapat menjalankan cara ini tanpa membutuhkan perangkat lainnya karena kamu dapat scan barcode yang telah di screenshot.

Berikut langkah-langkah selengkapnya,
  1. Pastikan kamu sudah terhubung secara otomatis ke salah satu jaringan WiFi yang ingin diketahui passwordnya. Kemudian pergi ke Settings > WiFi.
  2. Lihat pada bagian WiFi yang terkoneksi, pilih opsi berbagi password. Dalam perangkat yang digunakan sebagai contoh, dapat melakukannya dengan cara menekan pada profil WiFi yang terhubung. Opsi ini akan memunculkan barcode yang dapat di scan untuk memperoleh password dari WiFi tersebut.
  3. Screenshot barcode yang muncul
  4. Buka aplikasi Scanner yang memiliki fitur scan dokumen dan pilih hasil screenshot barcode tadi. Bila tidak memiliki aplikasinya, kamu dapat menemukan salah satunya dalam artikel Aplikasi Scanner Android Terbaik.
  5. Password akan otomatis muncul setelahnya.
Keterbatasan cara ini adalah hanya dapat dilakukan apabila kamu sedang aktif terhubung dengan suatu jaringan WiFi dan menggunakan sistem operasi Android yang mendukung. Bila cara ini tidak bekerja, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang akan dijelaskan selanjutnya.


2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk cara yang satu ini, ada begitu banyak ragamnya. Namun secara umum, aplikasi pihak ketiga yang kamu temukan mungkin akan meminta akses root. Bila Android mu belum di root, kecil kemungkinan aplikasinya dapat berfungsi dengan baik. Untuk proses root dapat kamu lakukan dengan mengikuti panduan Root Android Dengan KingRoot atau Root Android Dengan Framaroot.

Bila Android mu telah memiliki akses Root, maka kamu dapat menggunakan beberapa aplikasi terpercaya berikut ini,

Lantas, bagaimana yang Android nya belum di root dan tidak ingin melakukannya?

Sayangnya hingga saat ini belum terdapat aplikasi pihak ketiga demikian yang dapat membantu mu. Tentu saja Gubuk Pintar tidak akan berdiam diri dan akan terus mencari caranya dan akan memperbarui artikel ini apabila telah menemukan metode yang bekerja.

Cara Lain Melihat Password WiFi

Cara ini merupakan solusi alternatif yang dapat kamu lakukan, baik menggunakan perangkat Android maupun PC/Laptop. Namun cara berikut ini akan berguna bila kamu memiliki akses terhadap router WiFi nya.

1. Melakukan Konfigurasi IP Address

Menggunakan solusi alternatif pertama ini mengharuskan kamu untuk terkoneksi terlebih dahulu pada jaringan WiFi yang ingin kamu ketahui passwordnya.

Simak langkah berikut ini,
  1. Buka alamat konfigurasi IP (Kamu dapat mengetahuinya menggunakan Laptop/PC melalui artikel berikut ini).
  2. Bila diminta memasukkan username dan password, ada beberapa opsi yang kemungkinan menjadi username dan password nya. Opsi 1, yaitu dengan membiarkan keduanya kosong dan langsung klik Ok. Opsi 2, username dan password nya adalah admin. Opsi 3, username dan password nya adalah user.
  3. Cari opsi konfigurasi Wireless dan klik tab opsi Security.
  4. Kamu dapat mengubah menemukan password nya disana.
Alamat dan tampilan halaman dapat berbeda-beda, tergantung pada router yang kamu gunakan. Namun secara garis besar, langkah-langkahnya adalah sama seperti diatas.

2. Reset Router

Ini adalah solusi alternatif terkakhir yang dapat kamu lakukan bila segala cara tetap tidak berhasil. Namun untuk melakukannya, sekali lagi pastikan bahwa kamu memang memiliki akses untuk melakukannya ya.

Cara melakukan reset router sangatlah sederhana, kamu hanya perlu menekan tombol Reset pada router yang ada dan akan secara otomatis mereset seluruh koneksi jaringan dari router tersebut. Ketika melakukan cara ini, jaringan WiFi akan menjadi tidak terproteksi atau tanpa password.

Bila kamu ingin memberikan password kembali, kamu dapat melakukan cara yang sama pada cara melihat password WiFi dengan konfigurasi IP Address. Dalam opsi Security, kamu dapat memberikan password baru pada WiFi mu.

Penutup

Itulah berbagai cara melihat password Wifi yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Cara yang disebarkan dalam artikel ini, tidak ditujukan untuk melakukan perbuatan 'pencurian' atau sebagainya ya.

Terlepas dari cara yang disebut diatas, sebenarnya masih ada cukup banyak cara lain yang dapat kamu gunakan. Namun seperti yang telah dijelaskan diawal, Gubuk Pintar telah melakukan seleksi terhadap berbagai yang ada dan hanya menyajikan khusus untuk cara yang dalam kategori mudah saja.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Cara Melihat Password Wifi Yang Tersimpan Dalam Gadget, silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"