√ Solusi Deskripsi Blog Tidak Tampil Di Halaman Pencarian - Gubuk Pintar
Solusi Deskripsi Blog Tidak Tampil Di Halaman Pencarian
Solusi Deskripsi Blog Tidak Tampil Di Halaman Pencarian

Solusi Deskripsi Blog Tidak Tampil Di Halaman Pencarian

Temukan solusi deskripsi blog tidak tampil di halaman pencarian seperti Google, Bing, Yandex dan lainnya dalam artikel ini!

Solusi Deskripsi Blog Tidak Tampil Di Halaman Pencarian
Tidak butuh waktu lama bagi Gubuk Pintar untuk menemukan solusi deskripsi blog tidak tampil di halaman pencarian seperti pada Google, Bing, Yandex dan lainnya setelah mengalaminya.
 
Nyatanya, terdapat kesalahan dalam penulisan kode pada tema yang menyebabkan mesin pencari tidak bisa membaca deskripsi blog Gubuk Pintar. 

Apabila kamu mengalaminya juga, Gubuk Pintar akan coba memberikan mu beberapa solusi mengatasi deskripsi blog tidak tampil di mesin pencari pada bagian selanjutnya dari artikel ini.




Mengatasi Deskripsi Blog No Information Is Available For This Page

Apabila menggunakan Google Indonesia kalimatnya kurang lebih menjadi "Tidak ada informasi halaman di hasil penelusuran". Ini muncul karena blog mu tidak memberikan izin kepada Google untuk menampilkan deskripsi.

Deskripsi No Information Available For This Page di Mesin Pencari
Deskripsi No Information Available For This Page di Mesin Pencari (sumber: Google)
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengisi deskripsi blog serta mengaktifkan tag meta deskripsi pada blog mu. Ikuti cara berikut ini untuk melakukannya,
  1. Buka dasbor blogger

  2. Pilih Setttings / Setelan

  3. Isi kolom Deskripsi blog

    cara mengaktifkan deskripsi blogger

  4. Aktifkan tag meta dan isi kolom deskripsi tag meta

    Cara Mengaktifkan Tag Meta Deskripsi Blogger

Selanjutnya, kamu juga memastikan Robot.txt dan Tag Tajuk Khusus tidak memblokir pengindeksan deskripsi blog mu. Gunakan rekomendasi pengaturan dari Gubuk Pintar seperti yang ada dalam artikel Cara Mengatur Robot.txt dan Tag Tajuk Robot Khusus di Blogger.

Menampilkan deskripsi halaman cukup penting karena mempengaruhi kualitas halaman yang ditelusuri oleh mesin pencari seperti Google.
 

Solusi Deskripsi Blog data:blog.metaDescription di Halaman Pencarian

Ini masalah yang Gubuk Pintar temukan sebelum akhirnya menulis artikel ini. Sejatinya, Gubuk Pintar memang sedang menguji beberapa kode untuk tema sehingga mungkin ada beberapa yang keliru dalam penulisannya. Salah satu dampaknya adalah deskripsi blog yang error.

Pada gambar diatas, deskripsi blog Gubuk Pintar hanya menampilkan kode HTML saja karena penulisan referensi yang salah. 

Apabila kamu mengalaminya juga, ikuti langkah berikut ini ya.
  1. Buka Editor HTML Tema blog mu

  2. Cara kode berikut ini,

    <meta content='data:blog.metaDescription' name='description'/>

  3. Ganti kode content menjadi expr:content seperti berikut ini,

    <meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>

  4. Simpan Tema blog mu

  5. Buka beranda blog mu lalu klik kanan dan pilih View Page Source. Kamu juga bisa melakukannya dengan membuka URL berikut ini di browser,

    view-source:alamatblogmu.com

  6. Pastikan deskripsi blog mu sudah tampil pada <meta content='...........' name='description'/> seperti contoh berikut ini,

    Tampilan View Page Source Blogger

Kamu sejatinya juga dapat menuliskan deskripsi secara langsung di HTML tersebut tetapi ini tidak Gubuk Pintar sarankan karena tidak cukup fleksibel. Kamu harus bolak-balik mengubahnya secara manual dan ini cukup riskan untuk dilupakan bukan?

Penutup

Seperti itu solusi deskripsi blog tidak muncul di halaman penelusuran. Setelah menggunakan cara diatas, kamu harus menunggu beberapa waktu untuk mesin pencari melakukan crawl terhadap blog mu agar deskripsinya muncul kembali.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Solusi Deskripsi Blog Tidak Tampil Di Halaman Pencarian, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar