Inilah Penyebab Gagal Booting Windows Dan Solusinya
Inilah Penyebab Gagal Booting Windows Dan Solusinya

Inilah Penyebab Gagal Booting Windows Dan Solusinya

Berikut ini merupakan penyebab gagal booting windows serta solusi untuk mengatasinya.

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab Windows kita mengalami gagal booting dan akhirnya menggangu kenyamanan ketika menggunkana komputer atau laptop kita. Ketika hal ini terjadi, beberapa orang mungkin akan langsung mengambil langkah cepat untuk melakukan install ulang Windows tanpa ingin sulit mencari tahu hal apa yang menyebabkan Windowsnya mengalami gagal booting.

Disatu sisi, tentu melakukan install ulang Windows merupakan solusi yang efisien tetapi hal ini akan menjadi percuma bila kita tidak mengetahui tetang alasan mengapa Windows kita mengalami gagal booting. Bisa saja, hal yang sama terjadi di kemudian hari, apa kita harus install ulang kembali? Tentu menjadi tidak efektif.

Penyebab dan Penyebab Gagal Booting Windows


Gagal booting dapat terjadi akibat oleh banyak faktor. Berapa diantaranya, yaitu:

Hardisk Tak Terdeteksi
Tanda: Muncul pemberitahuan "Disk Boot Failure"
Solusi: Pastikan kabel SATA atau IDE dan Power pada hardisk dan motherboard terpasang dengan baik atau copot-pasang kembali. Jika memakai 2 hardisk dengan 1 kabel IDE maka pastikan posisi Jumper dan Master sudah benar. Coba booting ulang komputer, apabila masih belum bisa maka kemungkinannya adalah harddisk sudah rusak.

RAM & VGA Card
Tanda: Terdengar bunyi beep dua kali secara singkat.
Solusi: Lepas RAM dari socketnya lalu bersihkanlah ujung-ujung RAM dengan kuas kecil dengan hati-hati pastikan sudah bersih dari debu lalu pasang kembali dan coba booting. Bila belum berhasil coba pindahkan RAM ke slot yang lain dan bila menggunakan lebih dari 1 RAM coba tes satu per satu untuk memastikan bahwa masalahnya tidak berasal dari RAM. Begitu juga halnya dengan VGA coba bersihkan terlebih dahulu.

Prosesor Overheat
Tanda: Terjadi Hang dan seringlah komputer restart secara mendadak
Solusi: Cek suhu prosesor dari menu hardware monitor pada BIOS bila terlalu panas ada baiknya dimatikan terlebih dahulu. Lalu cek FAN dan HEATSINK pada prosesor dalam keadaan baik dan lihat THERMAL PASTE yang terletak diantara heatsink dan prosesor tidak kering, jika kering tambahkan dengan yang baru.

Sistem Windows Corrupt
Tanda: Muncul pemberitahuan bahwa file windows ada yang rusak. Contoh: "NTLDR.dll is missing" atau "Error Bootloader"
Solusi: Bila memiliki CD instalasi Windows maka gunakanlah lalu repair windows. Apabila tidak memiliki cobalah buat Windows 7 System Repair Disc khusus untuk yang menggunakan windows 7 lalu Restore Point Image.

Semoga artikel ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan gagal booting Windows mu.  Apabila memiliki pertanyaan terkait artikel Inilah Penyebab Gagal Booting Windows Dan Solusinya, silahkan tulis dikolom komentar ya. 
sumber banner: google
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"