Mengenal dan Memilih Windows 32 Bit Atau 64 Bit
Mengenal dan Memilih Windows 32 Bit Atau 64 Bit

Mengenal dan Memilih Windows 32 Bit Atau 64 Bit

64 bit; 32 bit; windows; windows 64 bit; windows 32 bit; perbedaan windows 64 bit dan 32 bit;

Sistem operasi Windows memiliki variasi dalam kemampuan menjalankannya. Kamu pasti sering dengar istilah 32 bit dan 64 bit kan? Hal ini merupakan perbedaan yang dimiliki sistem operasi Windows, dimana terdapat pula perbedaan dalam segi performa Windows antara keduanya.

Saat kita ingin membeli CD instalasi Windows terkadang kita dapat menjadi bingung untuk memilih 32 bit atau 64 bit. Untuk itu, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang apa itu 32 bit dan 64 sebelum pergi membeli CD instalasi Windows yang tepat untuk komputer atau laptop kita karena apabila salah dalam memilih, dapat mengakibatkan performa komputer atau laptop kita menjadi kurang optimal.

Mengenal dan Memahami Cara Memilih Windows 32 Bit Atau 64 Bit

;

Apa itu 32 Bit dan 64 Bit?

Dalam procesor komputer terdapat tempat penyimpanan sementara yang bernama register yang gunanya untuk mempercepat eksekusi suatu han dan informasi dalam komputer. Bit itu adalah lebar register. Semakin lebar register maka semakin cepat proses eksekusinya dan juga karna semakin lebar registernya pemanfaatan RAM pun semakin baik pula. Contohnya jika kita menggunakan 32 Bit kita hanya mampu menggunakan RAM berkapasitas maksimal  kurang dari 4GB (Apabila RAM yang terpasang sebesar 8GB+ namun yang terbaca tetap hanya 4GB) sedangkan apabila kita menggunakan 64 Bit maka komputer kita mampu membaca RAM berkapasitas 4GB lebih. Sudah mendapat dapat bayangannya?

Cara Mengetahui Tipe Windows Yang Digunakan

Ada banyak cara mengetahui sistem operasi yang kita gunakan 32 Bit atau 64 Bit, beberapa yang termudah diantaranya, yaitu:

My Computer
Buka My Computer dikomputer atau laptop kita, lalu klik kanan dan pilih Properties

Mengenal dan Memilih Windows 32 Bit Atau 64 Bit


Dxdiag
Klik Start lalu Run. Dikotak dialog Run tuliskan 'Dxdiag' klik Ok. Disana akan muncul spesifikasi laptop atau pun komputer kita secara lengkap.
Mengenal dan Memilih Windows 32 Bit Atau 64 Bit

Cara Mengetahui Kemampuan Komputer Menggunakan Sistem Operasi 64 Bit

Manual
Setelah kita melihat spesifikasi computer kita, maka kita bisa menyimpulkan sendiri apakah komputer mampu menggunakan sistem operasi 64 Bit atau tidak, dengan acuan utamanya adalah RAM.

Software
Ada beberapa software khusus untuk melihat apakah komputer kita mampu menjalankan sistem operasi 64 Bit, dimana salah satunya yaitu SecureAble.
SecureAble akan langsung memberitahu apakah komputer kita mampu menjalankan 64 Bit atau tidak.

Mengenal dan Memilih Windows 32 Bit Atau 64 Bit
Tidak Bisa 64 Bit

Mengenal dan Memilih Windows 32 Bit Atau 64 Bit
Bisa 64 Bit

Secure Able
Developer: Gibson Research Corporation
Website: grc.com
Version: 1.0.2570.1

Download SecureAble

Kelebihan & Kekurangan Sistem Operasi 64 Bit

Memang sangat terlihat menarik untuk menggunakan sistem operasi 64 Bit namun jangan salah setiap kelebihan pasti terdapat pula kekurangnnya.

Kelebihan
Kelebihannya mungkin sudah jelas dengan mampu menggunakan RAM yang lebih tinggi dari 32 Bit maka kinerja komputer jelas akan berkali-kali lipat lebih cepat dan mampu digunakan secara multitasking tanpa harus tersendat.

Kekurangan
Kekurangan sistem operasi ini adalah diaplikasi yang akan diinstal nanti. Banyak aplikasi yang tidak support 64 Bit dan hanya mengeluarkan versi 32 Bit. Bukan hanya diaplikasinya namun di driver hardwarenya pun begitu, driver hardware keluaran lama banyak yang belum support dengan sistem operasi 64 Bit, sehingga sedikit mempersulit penggunanya.

Tips Untuk Memilih Antara 32 bit dan 64 bit

Setelah melihat kelebihan dan kekurangan lalu mempertimbangakannya mungkin kamu masih bingung dalam menentukan antara 32 bit dan 64 bit. Sekedar saran saja, gunakanlah tipe Windonws yang sesuai dengan kebutuhan mu. Bagi kamu yang menggunakan komputer hanya untuk sarana bekerja & surfing internet lebih baik tetap menggunakan 32 Bit meskipun kapasitas RAM yang kamu gunakan tepat 4Gb tetapi bila memiliki kapasitas RAM lebih dari 4GB, maka sebaiknya gunakanlah tipe 64 bit. Tetapi apabila kamu butuh menggunakan komputer dengan kinerja maksimal, maka sudah pasti kamu harus menggunakan tipe 64 Bit.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan solusi bagi kamu yang ingin menentukan pilihan antara tipe Windows 32 bit atau 64 bit.

Bila kamu memiliki pertanyaan seputar artikel mengenal dan memilih Windows 32 bit atau 64 bit, silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"