Cara Mengatasi Gagal Eject USB/Flashdisk - Gubuk Pintar
Cara Mengatasi Gagal Eject USB/Flashdisk
Cara Mengatasi Gagal Eject USB/Flashdisk

Cara Mengatasi Gagal Eject USB/Flashdisk

Yuk temukan cara mengatasi gagal eject USB/Flashdisk dalam artikel ini!


Cara Mengatasi Gagal Eject USB/Flashdisk


Biasanya kalau kita selesai menggunakan USB/Flashdisk, sebelum kita mencabut USB/Flashdisk-nya kita harus melepas hubungan USB dengan komputer kita dulu (Eject). Ketika melepas hubungan USB dengan komputer, normalnya apabila berhasil maka akan muncul notifikasi "Safe To Remove Hardware" dan baru kita boleh melepas USB kita dari komputer apabila tidak ingin USB-nya rusak.

Namun dalam beberapa kasus ditemukan bahwa USB-nya tidak mau ter-eject atau ketika meng-eject USB muncul notifikasi "Problem Ejecting USB Mass Storage Device". Mungkin bagi sebagian orang ketika hal ini terjadi tidak mau ambil pusing dan akan melakukan "solusi" termudahnya yaitu cabut langsung.

Mencabut langsung USB tentu merupakan solusi jangka pendek yang mudah. Namun pernahkan kita berpikir kalau dikemudian hari USB yang kita miliki itu seluruh datanya corrupt dan tidak bisa dibuka karena solusi jangka pendek kita tadi?
 
Lantas pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana solusi yang tepat untuk menanggulangi USB yang gagal eject?

Solusi terbaiknya adalah dengan mengetahui penyebabnya.

  1. Ada program dari USB yang masih berjalan
    Bila ada maka tutup semua file yang bersumber dari USB dan coba eject USB kembali.

  2. Ada program yang mengambil file dari USB
    Apabila anda sedang meng-copy file ke dalam atau keluar USB maka ini harus diselesaikan/dicancel dulu dan setelahnya coba eject USB kembali.

  3. Ada program yang sedang membuka USB
    Pastikanlah program semacam antivirus & monitor removable disk sedang tidak menscan/membuka USB.

  4. Windows Explorer kita terbuka
    Meski jarang terjadi kasus karena hal ini namun ada baiknya ini coba untuk diterapkan terlebih dahulu. Tutup semua jendela windows explorer dan coba eject USB kembali. Hal ini dikarenakan terkadang ada program yang 'tersangkut' masih berjalan.

  5. Virus
    Apabila ketiga penyebab diatas bukan menjadi alasannya maka besar kemungkinan penyebab keempat ini alasannya. Cobalah gunakan antivirus kita untuk menscan komputer, namun apabila antivirus kita sudah tidak mampu lagi maka disarankan shutdown komputer dengan USB masih tersambung dan dicabut setelah komputer telah mati.

  6. Gunakan software USB Remover
    Ada kemungkinan cara ini berfungsi. Bila ingin mencobanya silahkan download salah satu software USB Remover diinternet. Salah satu yang saya rekomendasikan adalah USB Disk Ejector

Bagaimana berhasilkah? Saya harap berhasil.
 
Apabila belum berhasil dan ada pertanyaan sangat dibolehkan loh untuk menuliskannya dikolom komentar. Semoga artikel ini dapat membantu.

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

3 komentar:

  1. paling sering alami beginian gan...hehe...tq infonya

    BalasHapus
  2. Emg aman?? Kalau matiin komputer tanpa eject flashdisk?? Klw aman apa alasannya ? Makasih

    BalasHapus