4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengganti RAM Komputer/Laptop Kita
4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengganti RAM Komputer/Laptop Kita

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengganti RAM Komputer/Laptop Kita

tips ganti ram; ram; yang diperhatikan ketika ganti ram; solusi ganti ram; ram komputer;

source:google.co.id
ShareKu - Salah satu solusi untuk meningkatkan performa komputer/laptop kita adalah dengan menambah Random Access Memory (RAM) nya.
Dengan menambah RAM, komputer kita dapat melaksanakan pekerjaan multitasking dengan lebih baik lagi.
Menambah RAM juga memungkinkan komputer kita untuk mampu membuka program-program yang perlu memori besar.

Namun kita tidak bisa mengganti RAM dengan se-enaknya saja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin mengganti RAM komputer/laptop kita karena kalau kita tidak memperhatikan hal-hal tersebut, tentu dapat dapat timbul masalah pada komputer/laptop kita. Tentu tidak mau kan?

1. Motherboard
Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah daya support motherboard kita. Bila motherboard komputer/laptop kita hanya support sampai hanya 4GB RAM maka jangan pasang RAM hingga 8GB.

2. Operating System (OS) Windows
OS Windows ternyata juga berpengaruh loh. Seperti yang sering kita dengar, Windows memiliki dua jenis yaitu 32 bit dan 64 bit. Perbedaan kedua jenis windows ini mempengaruhi daya supportnya juga terhadap besarnya RAM kita, untuk mengetahuinya lebih lanjut coba deh baca post Mengenal & Memilih Windows 32 bit Atau 64 bit.

3. Jenis RAM
RAM memiliki banyak sekali jenisnya dan terkadang hal ini bisa menimbulnya pertanyaan karena apabila salah memilih jenis RAM maka bisa saja ini berakibat rusaknya pc/laptop kita. Untuk itu coba perhatikan beberapa hal dibawah ini:
-DIMM & SODIMM merupakan jenis RAM yang berbeda. DIMM merupakan jenis RAM untuk komputer sedangkan SODIMM merupakan jenis RAM untuk laptop, notebook dan mini pc.
-DDR3/DDR4 merupakan jenis RAM yang berbeda dan apabila kita ingin mengganti atau upgrade RAM laptop, kita harus memastikan bahwa RAM yang akan kita beli itu spesifikasinya sama dengan yang kita gunakan saat ini. Contohnya: bila RAM kita saat ini DDR3 maka kita pun harus membeli yang DDR3 pula karena kalau tidak maka tidak bisa digunakan dikomputer/laptop kita.


-Maksimal Clockspeed juga harus diperhatikan, biasanya maksimal clockspeed ditunjukan dalam satuan MHz, pastikan membeli RAM dengan maksimal clockspeed yang sama agar kinerja RAM tetap stabil.


-Voltage atau bahasa Indonesianya voltase juga perlu diperhatikan dalam membeli RAM karena apabila memiliki 2 RAM dengan voltase yang berbeda bisa saja menyebabkan kerusakan pada laptop atau pc kita.



4. Slot Chanel
Setiap pc/laptop memiliki slot chanel RAM yang berbeda. Ada yang support dual/multiple channel dan ada pula yang single chanel. Untuk itu, hal ini perlu dipastikan terlebih dahulu sebelum membeli RAM karena akan sangat rugi apabila kita telah membeli RAM baru dengan niatan akan dipasang dislot RAM yang lain namun ternyata dikomputer/laptop kita hanya bisa dipasang satu slot saja.



Sekian tips mengganti RAM Komputer/Laptop dari saya, semoga bisa membantu!!
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"