Hindari Aplikasi Berbahaya Dengan Google Play Protect
Hindari Aplikasi Berbahaya Dengan Google Play Protect

Hindari Aplikasi Berbahaya Dengan Google Play Protect

google play protect; apa itu google play protect; fungsi google play protect; download google play protect; google play protect apk; cara kerja google play protect; cara aman download di google play;

Sumber: android.com

ShareKu - Sebagai pengguna Android, Google Playstore merupakan wadah untuk mengunduh aplikasi-aplikasi yang ingin digunakan di gadget kita. Terhitung hingga kini telah lebih dari dua juta aplikasi Android dapat kita temui di Goole Playstore. 

Semakin banyak kita mengunduh aplikasi dari Google Playstore ke gadget kita tentu akan memberikan pengaruh tersendiri karena otomatis aplikasi-aplikasi tersebut mengakibatkan ruang penyimpanan akan semakin penuh dan penggunaan memori RAM akan semakin tinggi sehingga performa gadget android kita pun dapat menurun.

Penurunan performa gadget yang disebabkan karena terlalu banyak mengunduh aplikasi dari Google Playstore sendiri sebenarnya bukanlah sebuah permasalahan yang rumit karena dengan menghapusnya tentu permasalah pun akan terselesaikan. Namun, bagaimana bila kejadiannya adalah gadget anda terserang virus akibat mengunduh aplikasi dari Google Playstore?

Banyak orang berpikir bahwa aplikasi yang ditampilkan dalam daftar Google Playstore adalah aplikasi yang telah 'lulus sensor' sehingga pasti bersih dari virus padahal kenyataannya hal itu tidaklah benar. Ditemukan bahwa beberapa aplikasi android yang ada di Google Playstore merupakan aplikasi yang berasal dari pihak ketiga yang siap 'mengisi' virus ke gadget kita ataupun mencuri data yang ada di gadget kita.

Untuk menanggulangi permasalahan tersebut Google ternyata tidak tinggal diam. Beberapa waktu lalu, perusahaan raksasa tersebut meluncurkan sebuah aplikasi yang siap menjaga keamanan gadget android kita. Aplikasi itu bernama Google Play Protect.

Apa itu Google Play Protect?
Google Play Protect merupakan aplikasi yang baru saja diluncurkan Google yang bertujuan untuk membantu pengguna gadget Android agar terbebas dari aplikasi yang dapat merugikannya. 
Sumber: android.com


Fungsi Google Play Protect?
Aplikasi ini menghindari kita dari aplikasi yang dapat membahayakan gadget anda.

Cara Kerja Google Play Protect?
Aplikasi ini bekerja secara otomatis dengan memindai seluruh aplikasi yang terinstall di gadget android kita dalam kurun waktu tertentu dan juga akan memindai aplikasi yang akan anda install dari Google Playstore. Apabila ditemukan aplikasi yang mencurigakan, Google Play Protect akan memberikan notifikasi sehingga kita dapat berhati-hati.
Sumber: android.com


Cara Penggunaannya?
Untuk mengaktifkannya silahkan buka Setting> Google> Security> Google Play Protect. Pastikan kita menyalakan fitur Scan device for security threats dan Improve harmful app detection agar keamanan yang kita dapatkan maksimal.

Kehebatan lain dari Google Play Protect yaitu aplikasi pun bisa mengontrol gadget android kita ketika kita kehilangan. Fitur Google Play Protect ini bernama Find My Device, dimana hanya dengan login menggunakan email yang sama dengan gadget kita di browser maka kita dapat melihat lokasi gadget kita dan dapat menguncinya sehingga tidak dapat di akses oleh orang lain.
Sumber: android.com


Ayo segera cek gadget Android kita agar langsung di proteksi dengan Google Play Protect. Sudah paham kehebatannya kan?
Baca juga : 6 Hal Ini Membuat Gadget Kita Bervirus
Apabila memiliki pertanyaan terkait artikel Hindari Aplikasi Berbahaya Dengan Google Play Protect, silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"