Mengenal Larry Page Dan Sergey Brin, Duet Hebat Penemu Google
Mengenal Larry Page Dan Sergey Brin, Duet Hebat Penemu Google

Mengenal Larry Page Dan Sergey Brin, Duet Hebat Penemu Google

Berkat kejeniusan Larry Page dan Sergey Brin, duet hebat penemu Google, kita dapat merasakan manfaat Google sekarang. Simak kisah mereka.

Mengenal Larry Page Dan Sergey Brin Duet Hebat Penemu Google
Sumber: youtube.com
ShareKu - Google sudah menjadi sebuah perusahaan yang paling berperan besar dalam kemajuan teknologi informasi. Search engine buatan perusahaan ini telah menjadi sebuah sumber penyedia informasi bagi manusia saat ini. Selain search engine, Google juga telah merilis banyak fitur yang mungkin dua dekade lalu tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Google kini telah menjadi perusahaan berskala global yang namanya telah hampir dikenali oleh seluruh umat manusia. Merupakan hal yang mustahil apabila seorang pengguna internet yang tidak mengenal Google karena jagat internet saat ini telah identik dengan Google.

Pada tahun 2015, Google memiliki pendapatan yang mencapai angka 987 triliun Rupiah. Sebuah pendapatan yang mengokohkan perusahaan ini di daftar perusahaan yang memiliki omset terbesar di dunia saat ini. Hebatnya, mereka bisa mendapatkan itu di usia yang belum genap dua dekade

Kisah Para Penemu Google


Tahukah kita bahwa Google baru di dirikan pada tanggal 4 September 1998 yang artinya Google baru akan merayakan hari jadinya yang ke-20 pada tahun 2018. Entah bagaimana mereka merayakan hari jadinya nanti karena bila melihat dari apa yang mereka miliki kini, nampaknya perayaan itu akan sangat megah dan meriah.

Semua berawal dari pertemuan antara dua orang mahasiswa Universitas Stanford pada tahun 1996 yang nantinya menjadi para penemu Google. Setelah mengenal satu sama lain, mereka cukup sering terlibat banyak diskusi panjang tentang bagaimana teknik mesin pencari bekerja pada saat itu. Diskusi itu pun menyatukan mereka untuk bersama-sama mengembangkan sebuah metode pencarian pada mesin pencari dengan menggunakan analisis matematika, dimana cara ini dapat menghubungkan situs-situs yang ada dan memberikan hasil pencarian yang lebih baik. Kedua pemuda ini dikenal bernama Larry Page dan Sergey Brin.
Mengenal Larry Page Dan Sergey Brin Duet Hebat Penemu Google
Sergey Brin dan Larry Page (Sumber: thoughtco.com)

Lawrence Edward Page dilahirkan di Lansing, Michigan. Ayahnya bernama Carl Page dan ibunya bernama Gloria yang merupakan seorang profesor di bidang komputer sains di Universitas Michigan. Page mendapatkan gelar Sarjana Teknik Komputer dari Universitas Michigan dengan predikat cumlaude dan melanjutkan studi di Universitas Stanford untuk mendapatkan gelar magister ilmu komputer. 

Ketika berkuliah di Universitas Michigan, Page merupakan anggota dari Komite Penasihat Nasional di Fakultas Teknik Universitas Michigan. Page juga seorang wali dewan X-Prize dan pernah dipilih untuk masuk ke National Academy of Engineering. Bersama dengan Sergey Brin, dirinya pernah di anugerahi Marconi Prize di tahun 2004.
Larry Page Salah Satu Penemu Google
Larry Page (Sumber: googlecube.com)


Sergey Mikhaylovich Brin lahir di kota Moskwa, Uni Soviet. Ayahnya bernama Mikhail Brin dan ibunya bernama Evgenia Brin. Ayahnya merupakan seorang profesor di departemen matematikan Universitas Maryland dan ibunya seorang ahli matematika lulusan Universitas Moskwa sehingga sejak lahir Sergey Brin sudah tidak asing dengan ilmu matematika dan memiliki ketertarikan dengan matematika oleh karenanya. 

Ketika Brin berusia 6 tahun, keluarganya memutuskan untuk pindah ke Maryland, Amerika dan Brin pun mulai bersekolah disana. Pada tahun 1990, setelah lulus dari Eleanor Roosevelt High School, Brin diterima di University of Maryland jurusan ilmu komputer dan matematika dan berhasil menyelesaikan studinya pada tahun 1993 dengan predikat cumlaude. Brin kemudian melanjutkan studinya ke Universitas Stanford setelah mendapatkan program beasiswa dan mendapatkan gelar magisternya pada tahun 1995. Brin pun memiliki gelar MBA dari IE Business School. 
Sergey Brin (Sumber: biography.com)
Minat dalam ilmu matematika merupakan cikal bakal dari kolaborasi Larry Page dan Sergey Brin. Mereka berdua tidaklah hebat dalam pemrograman komputer, hal itu ditunjukkan dari tampilan mesin pencari mereka yang sangat sederhana. Mereka lebih banyak 'bermain' dengan ilmu matematika dalam proses pengembangan mesin pencarinya.

Kolaborasi Larry Page dan Sergey Brin dalam pengembangan inovasi mesin pencari yang mereka beri nama BackRub pun terus berjalan. Pada tahun 1997, mereka memutuskan mengganti nama mesin pencari mereka menjadi Googol yang merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini di pilih karena merepresentasikan misi proyek mereka yang harapannya menjadi gudang informasi tak terbatas di internet.  

Pada tahun 1998 mereka telah berhasil menyelesaikan dasar proyeknya tersebut. Namun untuk mengembangkan proyeknya lebih lanjut mereka kini membutuhkan dana dari para investor. Mereka pun mulai disibukkan untuk melihat kemungkinan investor yang bersedia memberikan bantuan dana agar Googol yang mereka usung kian sempurna. Andy Bechtolsheim, yang merupakan pendiri Sun Microsystems menyatakan minatnya untuk membantu proyek Page dan Brin setelah mereka memberikan sebuah presentasi singkat kepada Andy.

Sebuah cek senilai US$100,000 diberikan oleh Andy kepada Page dan Brin untuk menjadi tambahan dana pengembangan Googol. Sebuah 'kecelakaan' terjadi disana. Cek yang dibuat oleh Andy ternyata bertuliskan nama Google bukan Googol seperti nama yang dibuat Page dan Brin untuk proyeknya. Dana itu pun tidak dapat dicairkan hingga sebuah perusahaan bernama Google terbentuk sesuai dengan peraturan hukum yang ada.

Setelah melewati masa dilema permasalahan dana dan nama, Page dan Brin pun akhirnya merubah nama proyeknya itu menjadi Google dan mendirikan perusahaan Google Inc secara resmi pada tanggal 4 September 1998 di Menlo Park, California dan resmi menjadi penemu Google.
Kantor Google 1999 Sergey Brin dan Larry Page Duet Hebat Penemu Google
Kantor Google tahun 1999 (Sumber: girisimle.com)

Pengembangan mesin pencari Google pun sangat pesat dan memiliki mitra kerja yang cukup banyak dan bahkan perusahaan besar seperti Yahoo, AOL dan CNN pun menjadi kliennya. Google pun menjadi mesin pencari paling populer saat itu. Namun pada tahun 2004, Yahoo memutuskan hubungan kerjasamanya karena mereka merintis mesin pencarinya sendiri yang membuat Google mengalami sedikit penurunan.

Seiring berjalannya waktu, Google melakukan banyak investasi dengan banyak mengakuisisi startup yang dianggap memiliki potensi. Pandangan visioner Google tersebut nyatanya benar-benar membawa mereka terus merangkak ke puncak popularitasnnya. Salah satu contoh akuisisi terbaiknya terjadi pada tahun 2006 ketika mereka mengakusisi Youtube yang kini menjadi situs terpopuler di dunia.
Youtube Mengenal Larry Page Dan Sergey Brin, Duet Hebat Penemu Google
Youtube (Sumber: id.techinasia.com)
Perkembangan Google yang kian signifikan pun berdampak pada kantor yang menjadi tempat para pegawainya bekerja. Dahulu mereka menjadikan garasi milik Susan Wojcicki yang kini menjadi CEO YouTube sebagai kantor pertama Google ketika awal mereka merintis perusahaan tersebut hingga pada tahun 2006 mereka meresmikan "The Googleplex", kantor mereka yang terkenal itu. Pertumbuhan pegawai mereka pun kian meningkat dari waktu ke waktu. Kini mereka tercatat telah memperkerjakan lebih dari 50.000 karyawan di lebih dari 40 negara di dunia. Pada Maret tahun 2012 lalu, Google juga telah membuka kantor cabangnya di Indonesia yang terletak di Cyber 2 Tower Jalan HR Rasuna Said Blok X-5 Kuningan, Jakarta Selatan.
The Googleplex (Sumber: gawker.com)


Pada Agustus 2015, Google mengalami rekonstruksi bisnis dimana dilakukannya pemecahan bisnis agar inovasi perusahaan dapat terus berjalan baik dengan membentuk induk perusahaan bernama Alphabet Inc. Larry Page sebagai salah satu penemu Google pun memberikan jabatan CEO Google yang sebelumnya dipegangnya kepada Sundar Pichai dan kini berfokus pada perusahaan induk Google tersebut bersama dengan Sergey Brin dan beberapa petinggi lainnya yaitu Eric Schmidt, John Doerr, dan Diane Greene. Namun pada Juli 2017 lalu, Sundar Pichai pun resmi ikut bergabung dijajaran eksekutif Aplhabet Inc pasca prestasinya menjadi orang nomor satu di Google. 

Berkat jasanya mendirikan Google, sang penemu Google, Page dan Brin pun kini telah masuk dalam daftar orang terkaya di dunia, dimana Page memiliki kekayaan sebesar US$ 44,5 miliar yakni sekitar Rp 595,8 triliun dan Brin sebesar US$ 43,5 miliar atau sekitar Rp 582,5 triliun.


Itulah asul usul Google yang perusahaan digital terbesar didunia yang didirikan oleh sang penemu Google, duet Larry Page dan Sergey Brin.

***

Setelah mengenal para penemu Google, Untuk kamu yang sering menulis di platfrom blog Blogger, coba deh simak kisah hebat penemunya yang dapat menginspirasi.
Baca juga :  Mengenal Evan Williams, Sang Penemu Blogger
Apabila memiliki pertanyaan terkait artikel Mengenal Larry Page Dan Sergey Brin, Duet Hebat Penemu Google, silahkan tulis di kolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"