Ini Cara Membuat Password (Kata Sandi) Yang Baik Dan Aman
Ini Cara Membuat Password (Kata Sandi) Yang Baik Dan Aman

Ini Cara Membuat Password (Kata Sandi) Yang Baik Dan Aman

Berikut ini merupakan cara membuat password yang baik dan aman dari ShareKu agar akun mu terhindar dari peretasan.

Cara Membuat Password Yang Baik Dan Aman
Cara Membuat Password Yang Baik Dan Aman (sumber: paperlief.com)

ShareKu - Memilih password yang baik dan aman merupakan suatu hal yang diwajibkan agar privasi kita tetap aman dari orang lain. Pada zaman sekarang ini, dimana media sosial banyak menjamur dan membuat kita mungkin tidak lagi hanya memiliki satu atau dua akun saja, bahkan mungkin lebih dari itu. Setiap akun kita pun memiliki tingkat ancaman yang sama tingginya terhadap peretasan.
 
Sudah cukup banyak kasus peretasan akun yang terjadi dan salah satu penyebabnya yaitu tingkat kualitas password yang kurang baik. Pemilihan password yang tidak baik dan aman menyebabkan para hacker dengan mudah mendapatkan password akun dan meretas akun tersebut. Oleh karena itu, pemahaman tentang cara membuat password yang baik dan aman sangatlah diperlukan.
 

Cara Membuat Password Yang Baik dan Aman 

Untuk kamu yang ingin mengetahui cara membuat password yang baik dan aman agar terhindar dari peretasan, silahkan simak artikel ini.
 

Cara Hacker Mendapatkan Password

Ada beberapa cara hacker untuk mendapatkan password akun yang ingin diretasnya, yaitu:
 
  • Keylogger
  • Brute Force
  • Pencarian Informasi
  • Dll.

Keylogger
Keylogger merupakan sebuah aplikasi yang menyimpan seluruh sejarah aktifitas yang dilakukan ketika menggunakan komputer bahkan ketika kita sedang menuliskan username dan password. Maka dari itu, solusi agar akun kita terhindar dari peretasan adalah dengan cermat memilih perangkat yang digunakan untuk login akun. Hindari login akun menggunakan perangkat asing karena bisa saja diperangkat tersebut terdapat keylogger yang mengancam keamanan akun kita. Selain itu, pergantian password secara berkala pun dapat meminimalisir peratasan oleh Keylogger.
 
Brute Force
Brute Force merupakan sebuah metode peretasan password dengan mencoba mencari password dengan mencoba seluruh kemungkinan kombinasi pada daftar yang telah disediakan. Brute Force berjalan secara otomatis dan kecepatan untuk mendapatkan password dari suatu akun bergantung dari seberapa sulit kombinasi dari password milik akun tersebut.
 
Pencarian Informasi
Untuk mendapat password dari akun yang menjadi sasaran peretasan, tak jarang para hacker mencari informasi seputar pemilik akun terlebih dahulu. Ini dilakukan karena dibeberapa kasus, orang menggunakan data pribadinya untuk dijadikan password dari akun miliknya. Hal inilah yang coba dimanfaatkan oleh para hacker untuk mendapatkan password akun korbannya. 


Estimasi Waktu Peretasan Password

GrayShift merupakan nama dari sebuah perusahaan yang mengembangkan sebuah progman bernama GrayKey. GrayKey merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk meretas password dari suatu smarphone, dimana metode yang digunakan sejenis brute force, dimana dilakukan dengan mencari password secara otomatis.
 
Cara Membuat Password Yang Baik Dan Aman
Estimasi Waktu Peretasan Password Dengan Kombinasi Angka (sumber: jalantikus.com)


Seorang bernama Matthew Green, menyatakan bahwa progman sejenis GrayKey mampu mendapatkan password dengan kombinasi angka sebanyak 4 digit dalam 13 menit dan untuk kombinasi angka sebanyak 10 digit dalam waktu lebih dari 25 tahun!
 
GrayKey sendiri tidaklah dijual secara komersial kepada publik tetapi hanya digunakan oleh pihak kepolisian untuk meretas smartphone milik para pelaku kejahatan untuk membantu dalam tahap penyidikan. Namun, perlu diketahui bahwa hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa para hacker memiliki program serupa atau bahkan lebih canggih dari GrayKey. Oleh karena itu, semakin penting untuk memahami cara memilih password yang baik dan aman.
Baca Juga: Anonymous: Si Hacker Fenomenal

 

Tips Cara Membuat Password Yang Baik dan Aman

Berikut ini merupakan beberapa tips cara membuat password yang baik dan aman agar dapat mengurangi kemungkinan peratasan terhadap akun mu oleh para hacker.
 
Tinggalkan penggunaan password yang umum
Password yang umum disini memiliki arti password yang sudah banyak diketahui khlayak umum, contohnya "iloveyou", "123123", "qwerty" dan lain sebagainya.
 
Password dengan bentuk diatas memiliki kemungkinan diretas yang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan jenis password diatas merupakan password 'template' yang biasanya akan dicoba pertama kali oleh para hacker. Jadi mulai sekarang tinggalkan penggunaan password yang sudah umum, dimana ini merupakan salah satu cara membuat password yang baik dan aman dari peretasan.
 
Jangan menggunakan informasi pribadi sebagai password
Menggunakan informasi pribadi sebagai password merupakan suatu hal yang harus kamu tinggalkan. Bukannya membuat akun mu aman, hal ini membuat tingkat kemungkinan akun mu diretas akan semakin tinggi.
 
Informasi pribadi yang dimaksud yaitu contohnya nama, tanggal lahir, nomor telepon, dll. Seperti yang disebutkan diatas bahwa salah satu cara hacker meretas akun adalah dengan mencari informasi dari pemilik akun yang menjadi target peretasannya sehingga menggunakan informasi pribadi sebagai password tentu sangat tidak direkomendasikan.
 
Gunakan kombinasi huruf kecil, huruf kapital, angka dan simbol
Penggunaan huruf kecil, huruf kapital, angka dan simbol merupakan hal yang wajib dalam cara membuat password yang baik dan aman. Hal ini dikarenakan dengan kombinasi diatas, peratasan dengan menggunakan cara brute force akan sangat sulit dilakukan dan akan membuat metode ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan passwordnya atau bahkan tidak mungkin mendapatkan passwordnya.
 
Bila kamu merupakan orang yang biasa menggunakan password umum seperti "iloveyou", coba mulailah mengubahnya menjadi "i!oV3y0U?". Cara ini akan sangat membantumu untuk menghindari peratasan akun.
 
Buat password yang panjang
Dibeberapa media sosial, biasanya kamu dapat membuat password hingga 15 karakter. Cobalah untuk memaksimalkan kesempatan ini untuk membuat akun mu semakin aman dengan membuat password yang lebih panjang.
 
Buatlah kombinasi huruf kecil, huruf kapital, angka dan simbol dengan panjang yang maksimal agar password mu semakin kompleks dan tingkat keamanannya semakin tinggi. Dengan cara membuat password yang baik dan aman ini, tingkat kesulitan peratasan akun mu pun akan semakin sulit.
 
"Bukankah hal ini membuat saya menjadi sulit menuliskan password saya?"
 
Bila kamu merasakan hal yang sama, tenang saja. Hal ini bukan lagi menjadi masalah karena sekarang sudah banyak aplikasi yang dapat membantu kamu dalam menyimpan password mu dan menuliskannya secara otomatis ketika kamu membutuhkannya.
 
Pastikan setiap akun memiliki password yang berbeda
Memiliki password yang berbeda pada setiap akun mu tentu merupakan salah satu cara yang baik untuk menghindari peretasan secara beruntun. Dengan cara ini, kamu bisa setidaknya mengamankan akun mu yang lain walaupun seorang hacker berhasil meretas salah satu akun mu.

Itulah cara membuat password yang baik dan aman, semoga dengan artikel ini kamu sudah memahami pentingnya dan cara membuat password yang baik dan aman untuk menghindari peretasan pada akun mu.
***

Bila kamu ingin menggunakan cara membuat password yang baik dan aman untuk menghindari peretasan pada harddisk mu, cobalah baca artikel cara memberi password pada harddisk berikut ini.
Baca Juga: Cara Memberi Password Pada Partisi Harddisk
Bila memiliki pertanyaan seputar cara membuat password yang baik dan aman, silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"