Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blog
Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blog

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blog

Berikut ini merupakan cara mengaktifkan Ads.txt di Blog..

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blog
Sebagai seorang publisher iklan, kamu pasti sudah sering mendengar hal yang bernama 'Ads.txt'. Untuk yang menjadi publisher iklan bagi Google Adsense, file ini merupakan hal yang direkomendasikan untuk kamu buat agar terhindar permasalahan penampilan iklan.

Karena ini merupakan hal yang baru, sebagian orang mungkin masih ragu dan bingung akan fungsi dari file ini sehingga enggan membuatnya ataupun belum mengetahui cara mengaktifkan Ads.txt. Bila memang kamu termasuk yang belum mengetahuinya, maka ada baiknya kamu untuk memahaminya terlebih dahulu sebelum membuatnya.

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blog


Apa itu Ads.txt?

Dilansir dari situs iabtechlab, Ads.txt adalah singkatan dari Authorized Digital Sellers dan merupakan metode yang sederhana, fleksibel dan aman yang dapat digunakan oleh penerbit dan distributor iklan untuk mengumumkan secara publik perusahaan yang mereka otorisasi untuk menjual inventaris digital mereka. Tujuan dari hal ini adalah meningkatkan transparansi dalam ekosistem periklanan terprogram.

Dengan membuat catatan publik Penjual Digital Resmi, ads.txt akan menciptakan transparansi yang lebih besar dalam rantai pasokan inventaris dan memberi penerbit kontrol atas inventaris mereka di pasar, sehingga lebih sulit bagi para pelaku kejahatan untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan inventaris palsu di seluruh ekosistem. Saat penayang mengadopsi ads.txt, pembeli akan dapat lebih mudah mengidentifikasi Penjual Digital yang sah untuk penerbit yang berpartisipasi, memungkinkan pembeli untuk memiliki keyakinan bahwa mereka membeli inventaris penerbit asli.

Sistem Kerja Ads.txt

Menurut situs Digiday, sistem kerja Ads.txt yaitu dimana penerbit membuat sebuah file teks di situs mereka dan mencantumkan semua perusahaan yang berwenang untuk menjual inventaris penayang. Selain itu, platform seperti Blogger juga mengintegrasikan file ads.txt untuk mengonfirmasi inventaris penayang mana yang mereka otorisasi untuk dijual. Ini memungkinkan pembeli untuk memeriksa validitas inventaris yang mereka beli.

Jika penayang dan penerbit iklan yang masing-masing mengadopsi ads.txt, pembeli dapat memeriksa keberadaan file ads.txt milik situs tersebut untuk memverifikasi bahwa penayang dan penerbit memiliki koneksi yang sah satu sama lain.

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blog

  • Buka dashboard Blogger
  • Pilih tab Setelan > Preferensi Penelusuran
  • Lihat di bagian Monetisasi dan Edit pada bagian ads.txt lalu pilih Aktifkan
  • Masukan kode berikut
google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

google.com : menandakan publisher Google Adsense
pub-0000000000000000 : ID penayang Google Adsense
DIRECT : menandakan mitra penjualan langsung dan bukan reseller
  • Silahkan ganti kode pub-0000000000000000 dengan ID penayang iklan kamu (kamu dapat melihatnya di dasbor Google Adsense mu ataupun pada tab Penghasilan di dasbor blogger mu) lalu Pilih Simpan perubahan
Untuk melihat hasilnya, silahkan buka URL berikut ini.
alamatblogmu.com/ads.txt 
Bila telah muncul kode seperti yang kamu tuliskan di kolom Ads.txt tadi, maka file Ads.txt mu sudah aktif.

***

Semoga artikel ini bermanfaat. Bila kamu memiliki pertanyaan tentang cara mengaktifkan ads.txt di blog mu, silahkan tulis dikolom komentar ya.
banner: infolinks.com
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"