Cara Menghindari Rute Ganjil Genap Dengan Google Maps
Cara Menghindari Rute Ganjil Genap Dengan Google Maps

Cara Menghindari Rute Ganjil Genap Dengan Google Maps

Berikut ini merupakan cara menghindari rute ganjil genap dengan Google Maps agar kamu mendapatkan rute perjalanan paling tepat.

Jika kamu berdomisili di ibukota Jakarta dan sering berlalu-lalang di tengah kota, pastinya kamu sudah tidak asing dengan peraturan 'Ganjil-Genap'. Peraturan ini berbasis pada plat nomor kendaraan milik kita yang dikorelasikan digit terakhirnya dengan tanggal.

Apabila kamu memiliki plat nomor ganjil maka ketika tanggal, kamu tidak diizinkan untuk melalui  beberapa area yang merupakan rute ganjil-genap. Kamu harus mencari rute alternatif lain atau menggunakan kendaraan umum. Bila kamu memutuskan untuk mencari alternatif lain tetapi belum mengetahuinya, kamu dapat menggunakan bantuan Google Maps. Selain dapat digunakan untuk melacak smartphone yang hilang, Google Maps pun dapat membantu mu menghindari rute Ganjil-Genap ketika kamu sedang tidak bisa melewatinya. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara menghindari rute ganjil genap dengan Google Maps.

Cara Menghindari Rute Ganjil Genap Dengan Google Maps


Sekilas Kebijakan Ganjil-Genap

Sebelum mengetahui cara menghindari rute ganjil genap dengan Google Maps, ada baiknya kita mengulas kembali sekilas tentang kebijakan ganjil genap itu sendiri. Jadi seiring dengan dikeluarkannya Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 164 tahun 2016, maka secara resmi kebijakan sistem ganjil-genap di ibukota Jakarta dimulai. Kebijakan ini membatasi pengguna jalan dalam melintasi beberapa lokasi di kota Jakarta dengan meninjau berdasarkan plat nomor kendaraannya. Bila memiliki plat nomor ganjil maka tidak bisa melintas ketika tanggal genap dan begitu sebaliknya.

Lokasi yang tempat diterapkannya kebijakan ini, yaitu:
  • Jalan Medan Merdeka Barat
  • Jalan M.H. Thamrin
  • Jalan Jenderal Sudirman
  • Jalan Sisingamangaraja
  • Sebagian Jalan Jenderal Gatot Subroto antara persimpangan Jalan Gatot Subroto mulai dari Gerbang Pemuda sampai dengan persimpangan Jalan H.R. Rasuna Said pada jalur jalan umum.
Kebijakan ini sendiri dibuat karena dilatarbelakangi kepadatan arus lalu lintas dikota Jakarta yang tak kunjung surut sehingga dirasa perlunya sebuah terobosan baru untuk dapat mengurai hal tersebut. Dilansir dari Kompas, seiring dengan akan diselenggarakannya Asian Games 2018 di Jakarta maka rute ganjil-genap diperluas hingga bulan September 2018. (Baca Juga: Cara Membeli Tiket Asian Games 2018 Secara Online)

Cara Menghindari Rute Ganjil Genap Dengan Google Maps

Sebelum memulai ke langkah pertama cara menghindari rute ganjil genap dengan Google Maps, pastikan kamu telah memiliki Google Maps update terbaru.

Jika sudah, ikutilah langkah berikut ini.
  • Buka Google Maps
  • Pilih Menu Tiga Garis di pojok kiri atas
  • Pilih Setelan

  • Buka pilihan Setelan Navigasi

  • Pilih menu Hindari jalan dengan aturan pelat nomor ganjil genap

  • Pilih plat ganjil atau genap sesuai kendaraan mu
  • Simpan
Itulah cara menghindari rute ganjil genap dengan Google Maps. Kini Google Maps akan menunjukkan rute alternatif yang secara otomatis akan membuat mu terhindar dari rute gajil-genap ketika kamu sedang tidak dapat melaluinya. 

***

Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Bila kamu memiliki pertanyaan tentang Cara Menghindari Rute Ganjil Genap Dengan Google Maps, silahkan tulis dikolom komentar.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"