Mengulas Kisah Sejarah Microsoft Word
Mengulas Kisah Sejarah Microsoft Word

Mengulas Kisah Sejarah Microsoft Word

Microsoft Word merupakan perangkat lunak pengolah kata terpopuler di dunia. Berikut ini kisah sejarah Microsoft Word hingga dapat menjadi seperti sekarang ini.

sejarah microsoft word
Kegiatan tulis menulis saat ini telah di dominasi oleh perangkat lunak. Manusia kini semakin meninggalkan penggunaan tulisan tangan untuk membuat laporan ataupun sejenisnya tetapi mengoptimalkan fungsi perangkat lunak yang ada. Hal ini terjadi lantaran perangkat lunak yang dapat melakukannya dengan lebih efisien dalam segi waktu dan tenaga serta hasilnya pun lebih sedap dipandang mata.

Salah satu perangkat lunak pengolah kata yang populer adalah Microsoft Word, dan mungkin yang terpopuler. Perangkat lunak karya Microsoft ini telah digunakan lebih dari dua dekade lalu dan terus dikembangkan hingga saat ini. Ada cukup banyak kisah dibalik keberjalanan Microsoft Word hingga terus berada dipuncak popularitas sebagai perangkat lunak pengolah kata. Berikut ini sepenggal kisah sejarah Microsoft Word dari awal di rilisnya hingga kini.

Sejarah Microsoft Word


Kisah Penciptaan Microsoft Word

Berawal dari ketertarikan terhadap ide dan konsep yang dibawa oleh perangkat lunak pengolah kata berbasis grafik bernama Bravo, Microsoft membuat sebuah langkah nyata. Microsoft menggaet Charles Simonyi yang merupakan pencipta Bravo dari Xerox Palo Alto Research (PARC) serta rekannya Richard Brodie. Proyek ini pun dimulai sejak 1 Februari 1983 dengan nama Multi-Tool Word.

Tepat pada tanggal 25 Oktober 1983, harapan Microsoft pun menjadi kenyataan. Konsep Multi-Tool Word yang mereka kembangkan pun akhirnya berhasil dirilis dan diperkenalkan ke publik dengan nama Microsoft Word.

Meski kala itu WordPerfect dan WordStar masih menjadi aplikasi pengolah kata terpopuler, Microsoft Word membuat sebuah konsep yang revolusioner. Berkonsep "What You See Is What You Get", Microsoft Word menjadi program pertama yang mampu membuat huruf cetak tebal (bold) dan cetak miring (italic) pada IBM PC. Microsoft Word pun terintegrasi dengan penggunaan mouse sehingga mempermudah pengerjaan dokumen.

Sejak saat itu, sejarah Microsoft Word kian bertambah panjang sampai hingga kini terkenal menjadi aplikasi pengolah kata nomor satu di dunia.

Pengembangan Microsoft Word

Pada awal kemunculannya, Microsoft Word terlebih dahulu hadir dengan Microsoft Word 1.0 yang terus dikembangkan untuk sistem operasi DOS hingga versi 6.0. Mayoritas perubahan dari versi 1.0 hingga 6.0 adalah dalam segi toolbar dan user interface nya sehingga lebih mudah dan nyaman untuk digunakan.

Sejarah Microsoft Word
sumber: wikipedia
Sebuah langkah besar dilakukan pasca berkembangnya sistem operasi versi GUI (Grapich User Interface). Seiring dengan momen tersebut, Windows pun merilis versi Windows 95 sekaligus Microsoft Word 95 yang terus dikembangkan hingga saat ini.

Microsoft Word Kini

Pada September 2015 lalu, Microsoft mengumumkan perilisan Microsft Word 2016. Versi Microsoft Word ini tercatat masih menjadi versi terbaru dari Microsoft Word. Mampu digunakan di 102 bahasa, Microsoft Word ini pun dianggap sudah sangat mampu menjawab kebutuhan pembuatan dokumen masa kini sehingga nampaknya sejarah Microsoft Word masih akan terus menambah kisah-kisah lainnya.
 
***

Bila kamu memiliki pertanyaan seputar Sejarah Microsoft Word, silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"