Perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile, Siapa Yang Lebih Baik? - Gubuk Pintar
Perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile, Siapa Yang Lebih Baik?
Perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile, Siapa Yang Lebih Baik?

Perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile, Siapa Yang Lebih Baik?

Berikut ini adalah perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile dari berbagai aspek.

Perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile
Layaknya permainan Mobile Legends dan Arena of Valor, jenis permainan battle royal pun memiliki rivalitas antar permainan yang tinggi, mereka adalah Fire Fire dan PUBG Mobile. Keduanya sama-sama sedang digandrungi oleh banyak orang saat ini dan tak jarang para pemain masing-masing saling ‘sikut’ satu sama lain untuk sekedar menyatakan siapa yang lebih menarik.

Bagi kalian yang mengenal keduanya, apakah sudah menemukan permainan mana yang lebih baik, Free Fire atau PUBG Mobile?

Bila kalian masih bingung perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile, coba simak artikel berikut ini karena akan diulas dari beberapa segi agar kalian dapat memahami perbedaan antar keduanya.

Perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile


Gameplay

Perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile
Perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile
Secara mendasar Free Fire vs PUBG Mobile sangatlah setara karena tidak terlihat perbedaan mencolok dari segi gameplay, dimana tujuan dari permainan keduanya adalah menjadi orang yang terkahir yang bertahan seperti tipe permainan battle royal pada umumnya.

Pada awal pertandingan kita akan turun dari pesawat dan terjun ke sebuah tempat untuk memperlengkapi diri dengan senjata dan perlengkapan pertahanan diri sebelum saling berlaga di medan pertempuran dengan pemain lainnya. Kita pun harus jeli melihat safe zone bila tidak ingin mati karenanya. Namun, yang berbeda dari gameplay keduanya adalah jumlah pemain yang tergabung  dalam sebuah pertarungan. PUBG Mobile memiliki total 100 pemain sedangkan Free Fire hanya sekitar 50 pemain saja.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa Free Fire ternyata telah banyak di ‘susupi’ cheater sehingga mengurangi keadilan bermain yang mengakibatkan permainan menjadi tidak imbang. Namun berdasarkan pengalaman pribadi hingga saat ini, belum sekali pun saya menemukan para pengguna cheat berkeliaran ketika saya bermain meskipun saya tidak menampik bahwa adanya oknum pemain Free Fire yang menggunakan cheat.

Map

Perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile
Perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile
Hingga saat ini, PUBG Mobile telah memiliki total 4 map dan Free Fire telah memiliki 2 map yang dapat dimainkan. Namun, PUBG Mobile memiliki map yang lebih luas dibandingkan dengan Free Fire sehingga terdapat lebih banyak spot untuk dijelajah. Hal ini tentu menjadi positif karena kita dapat mencari persenjataan di tempat yang lebih bervariasi tetapi menjadi negative pula ketika kita harus mengejar safe zone.

Menariknya adalah terdapat beberapa kota yang memiliki nama yang hampir sama di dalam map kedua game tersebut, contohnya Pochinok nya Free Fire vs PUBG Mobile dengan Pochinki nya.

Server

Perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile
Perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile
Perlu dipahami bahwa lokasi server suatu permainan sangat mempengaruhi kestabilan koneksi dari para pemainnya. Hal ini tentu sangat penting untuk diperhatikan bila kita tidak ingin mengalami lag ketika bermain.

Dalam hal ini, Free Fire lebih baik bila dimainkan di Indonesia karena Free Fire telah memiliki server region Indonesia sedangkan PUBG Mobile hanya memiliki server region Asia yang terdekat bila kita memainkkan dari Indonesia selain Eropa dan Amerika. Hal ini membuat Free Fire memiliki kestabilan koneksi yang lebih baik dibandingkan PUBG Mobile yang berdampak ke ping yang lebih rendah dan tinggi kemungkinan terhindar dari connection timed out.

Grafik

Perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile
Perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile
Secara umum, PUBG Mobile memang memiliki kualitas grafik yang jauh lebih baik bila dibandingkan dengan Free Fire. PUBG Mobile menampakkan tampilan yang jauh lebih realistis sedangkan Free Fire cenderung masih cukup terlihat kurang nyata.

Namun, hal ini dapat berbanding terbalik bila kamu memainkkan keduanya dengan menggunakan smartphone berspesifikasi rendah, dimana Free Fire akan menjadi lebih baik dan nyaman untuk dimainkan. Hal ini dikarenakan Free Fire memang di desain untuk low spec smartphone, berbeda dengan PUBG Mobile yang memang di desain dengan mengedepankan tampilan yang realistis sehingga jauh lebih berat untuk dimainkan dan membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi.

Loot

Perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile
Perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile
Bila kita bandingkan dari segi loot Item, PUBG Mobile lebih unggul dalam hal variasi item dibandingkan dengan Free Fire. PUBG Mobile memiliki lebih banyak jenis senjata, perlengkapan dan healing item serta memiliki kapasitas tas yang lebih besar.

Namun yang membuat Free Fire lebih dari PUBG Mobile dalam segi loot item adalah terdapatnya jamur yang berfungsi menambahkan tenaga serta terdapat sebuah item yang berguna untuk membangun dinding pertahanan yang tidak dimiliki oleh PUBG Mobile.

Kontrol

Perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile
Perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile
Perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile dari segi kontrol sangatlah relatif tergantung selera kita. Bila kamu lebih menyukai kontrol yang lebih mudah, sebaiknya kamu bermain Free Fire karena fitur auto-aim nya sangat membantu kita dengan mudah membidik lawan. Namun, bila kamu suka tantangan cobalah untuk bermain PUBG Mobile. PUBG Mobile tidak memiliki fitur auto-aim dan recoil senjata di permainan ini sangatlah terasa sehingga jauh lebih sulit untuk membidik musuh dibandingkan dengan Free Fire.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kedua permainan ini sangatlah bagus untuk dimainkan. Keputusan kembali lagi kepada kalian untuk menentukan satu dari antara keduanya atau bahkan kalian memilih memainkan keduanya.

Sekedar saran, bila kalian memiliki smartphone dengan spesifikasi rendah, maka sebaiknya kalian memilih Free Fire saja. Namun, bilamana memang smartphone kalian mumpuni, silahkan pilih PUBG Mobile atau bahkan memainkan keduanya.

Selain itu, permainan ini akan menjadi menarik bila dimainkan bersama-sama dengan teman. Oleh karena itu, hal ini pun tentu dapat menjadi pertimbangan kalian untuk memilih antara PUBG Mobile dan Free Fire.

Bagaimana sudah pahamkan perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile?

***

Bila memiliki pertanyaan seputar perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar