Cerita GTA San Andreas, Berawal Dari Pengkhianatan
Cerita GTA San Andreas, Berawal Dari Pengkhianatan

Cerita GTA San Andreas, Berawal Dari Pengkhianatan

Cerita GTA San Andreas Berawal Dari Sebuah Pengkhianatan Terhadap CJ Oleh Teman Dekatnya Sendiri. Simak Alur Cerita GTA San Andreas Dalam Artikel Ini.

Cerita GTA San Andreas
Meskipun telah menyelesai semua misinya, tidak semua orang ternyata paham bagaimana alur cerita GTA San Andreas selengkapnya.

Game ini memang mudah membuat kita bias akan hal tersebut karena berbagai misi yang dijalankan serta sistem open world yang membuat kita bebas ingin melakukan apapun termasuk menggunakan seluruh kode cheat GTA San Andreas yang ada.

Namun bila kamu merupakan salah satu penggemar berat game ini, sebaiknya kamu harus tahu bagaimana alur cerita GTA San Andreas ini berlangsung. Kamu tidak akan menyesal kok karena memang ceritanya sangat menarik.

Semuanya berawal dari pengkhianatan dari sahabat-sahabat terdekat CJ yaitu Ryder dan Big Smoke.

Bagaimana pengkhianatan itu berlangsung? Langsung saja simak alur cerita GTA San Andreas selengkapnya berikut ini.

Cerita GTA San Andreas

Awal Cerita GTA San Andreas

Carl Johnson yang diakrab di panggil "CJ", merupakan anak kedua dari empat bersaudara dari pasangan Beverly Johnson dan ayahnya yang tidak diketahui. Namun berdasarkan nama keluarga yang mereka gunakan, ayahnya besar kemungkinan memiliki nama Johnson.

CJ tumbuh sebagai 'orang nomor dua' dalam sebuah gang bernama Groove Street Family (GSF). Saudara tertua CJ, Sean Johnson, merupakan pemimpin dari GSF yang berhasil membawa gang ini mencapai era kejayaannya. Dalam game, Sean Johnson dikenal dengan panggilan "Sweet".

Dalam gang tersebut, CJ memiliki dua sahabat terdekatnya yaitu Melvin Harris yang dikenal sebagai 'Big Smoke' dan Lance Wilson yang dikenal sebagai 'Ryder'. Mereka telah saling mengenal sejak kecil dan tumbuh besar bersama.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, GSF pernah mencapai era kejayaannya. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama. The Ballas, rival terberat GSF, berhasil membuat sebuah kekacauan dalam gang GSF.

Suatu hari, The Ballas melancarkan serangan kepada saudara termuda CJ yaitu Brian Johnson. CJ yang saat itu bersama Brian tidak dapat menyelamatkan sang adik sehingga Brian terbunuh pada kejadian tersebut.

Sweet yang mengetahui hal tersebut menyalahkan CJ atas kematian Brian. Hal ini menyebabkan CJ tidak senang dan memilih untuk pergi meninggalkan Los Santos ke Liberty City.

Bagi Sweet, kematian Brian dan perginya CJ adalah sebuah kehilangan besar yang membuatnya tidak lagi fokus dalam memimpin GSF. Ini menjadi awal mula kehancuran GSF hingga kemudian terpecah menjadi The Seville Boulevard Families dan The Temple Drive Families, selain GSF itu sendiri.

Disisi lain, The Ballas berhasil meruap keuntungan dengan melemahnya GSF. Sebelumnya, banyak anggota The Ballas dibunuh oleh GSF karena menjual narkotika. Namun kini mereka bisa bebas mengedarkan benda terlarang itu.

Big Smoke yang menjadi tangan kanan Sweet setelah perginya CJ, menghasut Sweet untuk mengizinkan GSF bersaing menjual narkotika. Namun Sweet secara tegas menolak ide tersebut karena menganggap itu dapat merusak masyarakat di Los Santos.

Mendengar idenya ditolak, Big Smoke pun memendam dendam kepada Sweet. Secara diam-diam, Big Smoke mengajak Ryder bekerjasama dengan The Ballas untuk melancarkan rencana pembunuhan terhadap Sweet. Mereka pun mengadakan pertemuan misterius.

Hasilnya pertemuan tersebut adalah The Ballas akan membunuh Sweet dengan cara menembaki rumah Sweet dari dalam mobil dengan harapan Sweet akan terbunuh oleh peluru-peluru tersebut. Namun rencana tersebut tidak berjalan sesuai rencana.

Ketika kejadian berlangsung, Sweet sedang tidak ada dirumah. Satu-satunya orang yang ada saat itu adalah Beverly Johnson, ibu CJ. Tembakan The Ballas pun menyebabkan Beverly terbunuh. Sweet yang kembali setelahnya langsung berlari dan mengangis pasca melihat ibunya terbunuh.

Sweet menelpon CJ setelahnya dan meminta CJ untuk kembali. Inilah yang menjadi awal kisah dari alur cerita GTA San Andreas.

Berikut ini video kronologi kematian Beverly Johnson terjadi,


Kembalinya CJ Ke Los Santos

Mendengar kabar meninggalnya sang Ibu, CJ pun memutuskan kembali ke Los Santos setelah 5 tahun pergi ke Liberty City.

Sesampainya di Los Santos, CJ mencari taksi untuk mengantarnya ke pemakanan sang ibu. Namun secara tiba-tiba, CJ ditangkap oleh anggota kepolisian C.R.A.S.H. yang dipimpin oleh Frank Tenpenny, serta kedua asistennya Eddie Pulaski dan Jimmy Hernandez.

CJ diancam agar mau menjalankan misi dari Tenpenny dan jika menolak, ia akan difitnah sebagai dalang dalam pembunuhan seorang petugas bernama Ralph Pendelbury. Padahal pembunuhan ini terjadi karena ulah C.R.A.S.H. itu sendiri.

C.R.A.S.H. sendiri sebenarnya adalah satuan kepolisian yang ditugaskan secara khusus untuk mengatasi kriminalitas yang dilakukan oleh gang-gang di Los Santos. Namun kelompok ini malah banyak terlibat dalam sindikat narkotika serta korupsi.

Hal ini akhirnya menghambat CJ dan menyebabkan CJ datang terlambat ke pemakaman sang ibu. Sweet pun marah besar terhadap CJ yang kembali mengulangi hal yang sama, setelah sebelumnya juga tidak menghadiri pemakanan sang adik.

Sebagai wujud permintaan maafnya kepada sang kakak, CJ pun berjanji tidak akan meninggalkan GSF lagi serta akan membantu Sweet untuk meraih kejayaan GSF kembali.

Kegagalan CJ & Sweet

Seiring berjalannya waktu, CJ berhasil kembali mendapatkan kepercayaan dari Sweet. GSF pun sedikit demi sedikit kembali menjadi seperti sedia kala. Hal tersebut tentu saja tidak lepas dari perhatian The Ballas.

Kombinasi CJ & Sweet berhasil menggabungkan kembali pecahan GSF menjadi satu serta tambahan tenaga dari gang Aztecas yang dipimpin Cesar Vialpando, pacar saudari perempuan CJ, Kendl Johnson. Sweet pun menyusun rencana untuk melakukan serangan besar-besaran untuk menghancurkan The Ballas.

Big Smoke dan Ryder yang telah menjalin kerjasama dengan The Ballas membocorkan hal tersebut dan membuat sebuah recana jebakan terhadap GSF dan Sweet yang akan memimpin penyerangan tersebut.

Cesar Vialpando melihat Ryder dan Big Smoke pergi bersama Tenpenny menggunakan mobil "Green Sabre" yang digunakan dalam pembunuhan ibu CJ. Selain itu, Cesar juga mendapatkan informasi bahwa mereka akan menjebak Sweet.

CJ yang mendengar hal tersebut langsung mencoba menghubungi Sweet tetapi tidak kunjung mendapatkan jawaban. Rasa gelisah pun menyelimuti CJ yang memutuskan untuk pergi mengejar Sweet.

Sesampainya disana, CJ menemukan Sweet telah dalam kondisi terluka. CJ pun harus beradu tempat dengan gang The Ballas hingga jebakan tersebut terealisasi. C.R.A.S.H. menangkap Sweet dan CJ. Sweet kemudian dibawa ke rumah sakit dan dihukum penjara seumur hidup.

Disisi lain, CJ diasingkan ke sebuah tempat bernama Angel Pine serta ditugaskan untuk menjalankan rencana kotor dari Tenpenny. CJ yang merasa tidak memiliki banyak pilihan, akhirnya menuruti rencana tersebut dengan harapan dapat membebaskan Sweet.

Kehidupan CJ Di Angel Pine

Cerita GTA San Andreas kini berlanjut pada kepindahan CJ ke Angel Pine. Sebuah desa kecil yang cukup kumuh. Ini yang menjadi tempat pengasingan CJ.

Ketika datang ke Angel Pine, seluruh senjata CJ telah di lucuti oleh Tenpenny dan Pulanski. CJ hanya diberikan sebuah kamera serta sebuah misi untuk menghabisi orang-orang yang akan menjebloskannya ke penjara.

Tenpenny diketahui berada dalam ancaman dijebloskan ke penjara oleh beberapa orang sehingga memanfaatkan CJ untuk membunuh orang-orang tersebut dengan iming-iming akan membebaskan Sweet.

Setelah menjalankan beberapa pekerjaan lainnya untuk Tenpenny, CJ bertemu dengan Catalina yang merupakan sepupu dari Cesar Valpando. Mereka sempat berkolaborasi merampok sebuah bank dan kemudian Catalina mengajak CJ untuk mengikuti sebuah balapan balapan. Saat itu CJ sempat jatuh hati pada Catalina.

Dalam balapan tersebut, CJ secara tidak sengaja bertemu dengan Wu Zi Mu, seorang bos mafia besar asal Cina yang nantinya menjadi rekan bisnis CJ. CJ pun berhasil memenangkan balapan tersebut.

Pasca balapan selesain, Catalina lantas memberitahu CJ bahwa dirinya menganggap CJ hanya sebatas rekan kerja dan dirinya telah memiliki pacar. Diketahui pacarnya itu bernama Claude, salah satu orang yang dikalahkan CJ dalam balapan itu.

Tak lama setelahnya, CJ mendapatkan sebuah telepon misterius. Orang yang menelpon ini kemudian diketahui bernama The Truth, seorang pemilik ladang ganja. The Truth mengetahui CJ karena koneksinya dengan Tenpenny yang selama ini membeli ganja darinya.

The Truth menelpon CJ untuk meminta bantuan. Berawal dari bantuan pertama, The Truth beberapa kali kerap menghubungi CJ untuk meminta bantuan selanjutnya. Mereka pun akhirnya menjadi teman dekat.

Suatu saat, Tenpenny coba untuk menipu The Truth dalam bisnis ganja yang selama ini mereka jalin. The Truth yang mengetahui hal tersebut lantas menelpon CJ untuk meminta bantuan. Mereka akhirnya membakar seluruh ladang ganja milik The Truth dan pergi ke daerah San Fierro.

Pindah Ke San Fierro

Tujuan pertama CJ saat pergi ke San Fierro adalah menemui Kendl dan Cesar disebuah garasi di kota Doherty untuk menjadikan tempat tersebut sebagai lokasi usahanya.

Melihat kondisi yang cukup jelek, CJ menganggap bengkel tersebut tidak layak untuk menjalankan bisnis otomotif. Namun Kendl berhasil mengubah pikiran CJ dengan meunjukkan keuntungan berbisnis dari tempat ini. The Truth yang pergi bersama CJ, membantunya mendatangkan Dwaine, Jethro dan Zero untuk bekerja dibengkel tersebut.

Seiring usaha bengkelnya berjalan, CJ bertemu dengan Wu Zi Mu kembali di San Fierro. Mereka berdua menjalin kerjasama untuk saling menghabisi musuh masing-masing. CJ menargetkan Loco Syndicate, sebuah sindikat yang bekerjasama dengan Big Smoke. Disisi lainya, Wu Zi Mu mengincar Da Nang Boys.

Puncaknya, CJ berhasil membunuh Ryder yang merupakan salah satu pengkhianat GSF dan menghancurkan Loco Syndicate.

Salah satu mantan anggota Loco Syndicate mendengar hal ini dan menelpon CJ. Orang tersebut ada Mike Toreno yang dikira banyak orang telah terbunuh sebelumnya. Ia memberitahu CJ bahwa dirinya merupakan agen pemerintah yang membutuhkan bantuan CJ. Toreno berjanji akan membantu melepaskan Sweet apabila CJ membantunya.

Secara diam-diam, CJ pun bertemu dengan Toreno dan membantunya hingga suatu saat, hal ini diketahui oleh The Truth. Sebagai seorang pemercaya teori konspirasi, The Truth selalu beranggapan bahwa konspirasi dalam pemerintahan. Oleh karena itu, dia memperingatkan CJ untuk berhati-hati dengan Toreno.

Suatu undangan kepada CJ datang dari Wu Zi Mu untuk mengajak CJ datang ke Four Dragon Casinos di Las Venturas. CJ pun memenuhi undangan tersebut dan pergi ke Las Venturas.

Bisnis Kasino Las Venturas

Cerita GTA San Andreas pun berlanjut ke kota Las Venturas, dimana CJ ditawarkan sejumlah saham Four Dragon Casinos apabila dirinya mau membantu Wu Zi Mu memenangkan persaingan dengan kompetitornya, Caligula Palace.

CJ menyetujui hal tersebut dan melakukan penyamaran ke dalam manajemen Caligula Palace. Hal ini berhasil dilakukan berbekal relasi antara The Truth dengan dua orang yang bekerja sebagai pemusik di sana yang bernama Kent Paul dan Maccer. Berkat mereka berdua, CJ mendapatkan akses untuk bekerjasama dengan Ken Rosenberg, manajer dari Caligula Palace.

Berdasarkan kerjasama tersebut, CJ berhasil menjalankan aksi pencurian pada Caligula Palace.

Keberadaan CJ di Las Venturas diketahui oleh C.R.A.S.H. dan mereka merencakan pembunuhan terhadap CJ. Namun ketika aksi ini dilancarkan, Pulaski lah yang dibunuh oleh CJ dan CJ berhasil melarikan diri dengan selamat.

Dalam perjalanannya melarikan diri, CJ menemukan seseorang ingin bunuh diri. CJ pun menghentikan orang tersebut. Orang itu adalah Madd Dog, seorang rapper yang frustasi karena kehancuran karirnya.

Madd Dog yang sedang dalam kondisi mabuk meloncat dari atas gedung dan jatuh ke tumpukan kotak pada sebuah truk pickup yang kemudian dibawa oleh CJ ke tempat rehabilitasi. Saat ia sadar, Madd Dog pun memberitahu CJ bahwa ia akan mengganti manajernya dan memilih CJ melakukan tugas tersebut untuknya. CJ setuju untuk menjadi manajer baru Madd Dog setelah ia pulih.

Akhir Cerita GTA San Andreas

Madd Dog yang baru pulih harus menjual paksa rumah mewahnya kepada seorang bandar narkotika Big Poppa. Rumah tersebut terletak di Los Santos. CJ pun kembali ke Los Santos dan mengambil rumah itu kembali secara paksa.

Setelahnya, CJ menetap kembali di Los Santos dan memulai proyek rekaman untuk album baru Madd Dog bersama Kent Paul dan Maccer.

Suatu hari, Toreno menghubungi CJ untuk memintanya menyelesaikan satu permintaan terkakhir sebelum Toreno melepaskan Sweet. CJ diminta untuk menghancurkan kapal pengintai dan berhasil mengerjakan permintaan itu.

Berhasil menyelesaikan tugas tersebut, Toreno mewujudkan janjinya. Ia menelpon CJ dan mengatakan bahwa Sweet akan dibebaskan dan CJ dapat menjemputnya. CJ pun pergi ke kantor kepolisian untuk menjemput sang saudara.

Mereka pergi melihat kembali kondisi Groove Street. Tempat tersebut telah menjadi sangat buruk karena dihidup oleh banyak orang pecandu narkoba. CJ merasa tidak tertarik lagi dengan tempat itu dan mengajak Sweet ke tempat mewahnya.

Setelah mendengar cerita tentang kehidupan mewah sang adik, Sweet lantas kecewa karena CJ telah melupakan 'rumah asli' nya. Sweet meminta CJ untuk kembali ke Groove Street dan mengembalikan kejayaan GSF.

CJ dan Sweet pun setuju untuk kembali membangun GSF.

Kebangkitan GSF benar-benar terlaksana setelah sebuah kerusuhan bersar terjadi di Los Santos. Pemimpin C.R.A.S.H., Frank Tenpenny, yang saat itu menghadapi persidangan akan kasus-kasusnya dinyatakan tidak bersalah.

Momen tersebut dipergunakan oleh GSF untuk merebut kembali sebagian besar wilayah Los Santos. Dalam kerusuhan tersebut, CJ juga berhasil membunuh Big Smoke dalam perang tembak menembak di dalam istana milik Big Smoke. Tenpenny pun ditemukan tewas setelah truk yang dikendarainya terjun bebas dari jembatan Grove Street.

Kisah ini pun berakhir dengan sebuah perayaan di dalam rumah keluarga Johnson. Madd Dog bersama dengan Kent Paul dan Maccer memanfaatkan momen tersebut untuk mengumumkan keberhasilan albumnya.

Sebelumnya diketahui bahwa Madd Dog berhasil mengembalikan karirnya pasca buku yang berisikan lirik-lirik rapnya diambilnya kembali dari OG Loc berkat bantuan CJ. Menariknya, buku tersebut dapat diterima OG Loc juga karena CJ yang mencurinya dari Madd Dog.

OG Loc diketahui berkhianat dengan bekerjasama dengan Big Smoke yang merupakan musuh CJ.

Dalam perayaan itu pula CJ merasakan dilema. Kendl memintanya kembali ke Las Venturas untuk melanjutkan kerjasama bisnisnya dengan Wu Zi Mu tetapi di sisi lain, Sweet memaksanya untuk menjadikan Groove Street sebagai prioritas utama.

CJ pun hanya membalas dengan ambigu dengan mengatakan,

"fittin' to hit the block, see what's happening".

Kalimat itu menjadi penutup dari cerita GTA San Andreas.

Kini kamu telah mengetahui alur cerita GTA San Andreas kan?
Terlepas dari cerita ini, GTA San Andreas ternyata banyak menyimpan misteri serta mitos-mitos yang sulit untuk dipecahkan. Bila kamu tertarik mengetahuinya, kamu dapat menemukannya di Daftar Misteri GTA San Andreas.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Alur Cerita GTA San Andreas, Berawal Dari Pengkhianatan, silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"