Apa Itu Spam Score Dan Cara Menurunkannya
Apa Itu Spam Score Dan Cara Menurunkannya

Apa Itu Spam Score Dan Cara Menurunkannya

Spam Score adalah salah satu indikator SEO dari sebuah situs. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai apa itu spam score dan cara menurunkannya.

Spam Score
Banyak orang mungkin belum mengenal apa itu spam score yang mereka temukan ketika melakukan inspeksi terhadap situs mereka pada alat-alat inspeksi SEO.

Secara kaidah SEO, spam score merupakan salah satu indikator yang harus diperhatikan agar situs kita dapat bersaing pada halaman pertama Google.

Sulit untuk menekan nilainya bila kita belum memahami apa itu spam score. Padahal spam score sangat berpengaruh dalam usaha perkembangan suatu blog.

Bagi kamu yang belum memahami apa itu spam score, kamu dapat menemukannya dalam artikel berikut ini. Artikel ini akan menjelaskan definisi spam score, cara mengetahui nilainya hingga cara menurunkan nilai spam score suatu situs.

Apa Itu Spam Score

Spam Score merupakan indikator yang diciptakan oleh Moz untuk menilai apakah suatu situs memiliki fitur-fitur yang dilarang bahkan berpotensi untuk dihukum oleh Google.

Sebelum kamu membaca lebih jauh, kamu harus memahami bahwa Moz merupakan 'aplikasi pihak ketiga' yang bukan merupakan pihak yang memiliki kewenangan untuk menilai suatu situs. Oleh karena itu, penilaian dari Moz ini bukanlah sebuah penilaian sesungguhnya terhadap situs tersebut.

Penilaian Moz juga hanya terkotakkan pada indikator yang telah mereka riset dari Google sehingga mungkin memiliki akurasi yang berbeda untuk mesin pencari lain.

Oleh karena itu, nilai spam score yang tinggi belum tentu menunjukkan bahwa situs mu dipenuhi spam tetapi mungkin membutuhkan beberapa optimasi karena terdapat beberapa hal yang menyimpang dari kaidah SEO.

Indikator Spam Score

Moz telah melakukan riset untuk 'menerka' apa saja poin-poin yang digunakan Google untuk mengklasifikasikan suatu situs berisikan spam dan berpotensi untuk mendapatkan hukuman.

Terdapat 27 indikator spam score versi Moz, yaitu:
  1. Suatu situs dengan jumlah halaman yang sedikit
  2. Situs menggunakan TLD yang sering digunakan oleh website spam seperti .info, .cc, .pl, dll
  3. Domain utama dan subdomain panjangnya mirip dengan yang digunakan situs spam
  4. Nama domain memakai angka
  5. Domain yang tidak menggunakan font khusus seperti Google API Font
  6. Tidak terdapat Google Tag Manager di dalam situs
  7. Tidak terdapat iklan doubleclick di dalam situs
  8. Situs tanpa nomor kontak yang tertera di dalam situs
  9. Tidak terhubung dengan sebuah halaman LinkedIn
  10. Situs tanpa kontak email yang tertera di dalam situs
  11. Tidak menggunakan redirect HTTPS
  12. Menggunakan meta keywords (bila tidak relevan)
  13. Website dengan kunjungan yang sangat sedikit di panel Jumpshot’s clickstream
  14. Penggunaan rel=canonical non-lokal
  15. Judul halaman yang tidak proporsional (terlalu panjang atau sebaliknya)
  16. Panjang meta deskripsi yang tidak proporsional (terlalu panjang atau sebaliknya)
  17. Menggunakan meta keywords yang menumpuk dan panjang
  18. Tidak menggunakan favicon
  19. Tidak ditemukannya Facebook Tracking Pixels
  20. Jumlah link eksternal yang tidak wajar
  21. Memasang link keluar menuju suatu domain yang sama dalam jumlah yang tidak wajar
  22. Rasio antara jumlah link dan jumlah teks dalam konten yang tidak seimbang
  23. Domain mengandung huruf vokal dan huruf konsonan yang berurutan
  24. Domain yang mengandung tanda hubung berlebih
  25. Memiliki URL yang panjangnya tidak wajar
  26. Mengandung kata-kata yang erat kaitannya dengan topik spam seperti, obat-obatan, konten dewasa, game, dll dalam konten situsnya
  27. Ditemukan teks jangkar yang menggunakan kata-kata bertopik spam seperti, obat-obatan, konten dewasa, game, dll dalam konten situsnya

Cara Cek Spam Score

Karena spam score sendiri di ciptakan oleh Moz, maka sebaiknya kita menggunakan peralatan dari Moz untuk melakukan cek spam score dari situs kita agar mendapatkan hasil yang paling akurat.

Sebelumnya, perlu dipahami bahwa Moz merupakan sebuah situs yang menyediakan jasa inspeksi kaidah SEO berbayar sehingga untuk mengakses seluruh fiturnya tidak gratis. Namun bila kita hanya ingin memastikan spam score situs kita, Moz menyediakan alat gratis untuk menampilkan hasilnya.

Cara Cek Spam Score melalui situs Moz, yaitu:
Spam Score

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan Website SEO Checker. Situs ini dikembangkan oleh Semrush yang dapat kamu gunakan secara gratis beberapa fiturnya.

Cara cek spam score melalui situs Website SEO Checker, yaitu:
  • Buka Website SEO Checker
  • Tuliskan alamat situs mu (Maksimal 3 situs dalam sekali cek)
  • Selesaikan captcha dan klik Check
Spam Score


Baiklah, sampai disini kamu sudah paham cara cek spam skor dan telah mengetahui berapa nilai spam score situs mu.

Moz sendiri mengklasifikasikan nilai spam score menjadi 3 kelas, yaitu:
 Persentase (%)
Klasifikasi
 1-30% Low
 31-60% Medium
 61-100% High

Semakin tinggi menunjukkan bahwa semakin banyak indikator spam yang ditemukan dalam situs tersebut. Moz sendiri menyatakan bahwa ketika persentase spam score masih dalam kategori low maka situs tersebut masih dalam kondisi yang aman.

Cara Menurunkan Spam Score

Untuk menurunkan spam score tentu saja kita harus menghindari indikator-indikator yang telah dijelaskan sebelumnya.

Secara singkat Gubuk Pintar menyimpulkannya menjadi beberapa poin. Berikut ini cara menurunkan spam score versi Gubuk Pintar.

  • Pemilihan Domain & Penamaan yang baik
Gunakanlah TLD yang baik seperti .com dan .net. Kedua domain ini telah terbukti menjadi TLD yang banyak direkomendasikan orang karena memang sangat umum digunakan oleh situs-situs bereputasi baik.

Selain itu, pastikan kamu memberikan nama yang baik bagi domain mu, hanya gunakan huruf. Hindari penggunaan simbol dan angka dalam domain mu. Jangan pula sertakan kata-kata yang memiliki arti negatif serta banyak ditemukan dalam situs spam.

  • Memiliki Halaman Identitas
Buatlah halaman yang menunjukkan identitas situs mu, minimal email yang dapat dihubungi. Contohnya adalah halaman About dan Contact Gubuk Pintar ini.

  • Batas Pemberian Backlink
Hindari memberikan backlink ke situs lain secara massal meskipun kepada situs yang memiliki reputasi yang baik sekali pun karena Google akan menganggapnya sebagai link building non organik yang dapat berdampak deindex pada konten situs mu.

Selain jumlah, kamu juga harus memperhatikan siapa tujuan backlink mu. Pastikan bahwa kamu hanya memberikan backlink kepada situs yang memiliki reputasi baik saja bila tidak ingin dianggap sebagai spam.

  • Terhubung Ke Media Sosial
Jangan lupa untuk menghubungkan situs mu ke media sosial karena akan menunjukkan bahwa situs mu memiliki aktifitas yang normal. Sebuah situs spam tentu tidak melakukan ini karena tidak akan memberikan dampak signifikan terhadap situs tersebut.

  • Konten Yang Berkualitas Serta Diupdate Berkala
Buatlah konten yang berkualitas untuk pembaca bukan untuk mesin pencari. Algoritma Google saat ini mengarah pada user experience sehingga trik-trik lama untuk bisa memenangi persaingan halaman pertama di mesin pencari satu per satu sudah tidak valid.

Kamu harus pastikan bahwa tulisan mu nyaman untuk dibaca dan informatif sehingga pembaca dapat menilai situs mu positif.

Kamu dapat menganalisis bagaimana respon pembaca terhadap konten yang kamu sajikan beberapa diantaranya melalui seberapa banyak share organik ke sosial media yang mereka lakukan serta nilai bounce rate situs mu.

Selain itu, pastikan konten situs mu terus di update secara berkala. Hal ini menunjukkan kepada mesin pencari bahwa situs mu dapat diklasifikasikan aktif.

Kesimpulan

Spam score menunjukkan seberapa 'mirip' konten situs kita dengan situs-situs yang berisikan spam. Nilainya diklasifikasikan menjadi 3 rentang tertentu yang mengacu pada indikator-indikator yang ada.

Kamu dapat menurunkannya dengan cara memilih domain yang tepat, memiliki halaman identitas, mengawasi pemberian backlink, menghubungkan situs mu ke media sosial serta membuat konten berkualitas dan tetap update berkala.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Penjelasan Apa Itu Spam Score Dan Cara Menurunkannya, silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"