Menjawab Apa Itu Citation Flow Dan Trust Flow
Menjawab Apa Itu Citation Flow Dan Trust Flow

Menjawab Apa Itu Citation Flow Dan Trust Flow

Citation Flow dan Trust Flow merupakan metrik penilaian kualitas SEO suatu situs. Pahami cara meningkatkan Citation Flow dan Trust Flow di artikel ini

citation flow dan trust flow
Citation Flow dan Trust Flow merupakan dua metrik yang saat ini menjadi patokan para pemilik blog untuk menilai kualitas SEO yang telah diterapkan.

Hingga saat ini mungkin keduanya belum begitu populer sehingga masih jarang diketahui tetapi ada baiknya kamu juga harus mengawasi nilainya untuk keberhasilan blog mu.

Untuk itu, artikel ini akan menjawab pertanyaan tentang apa itu citation flow dan trust flow sekaligus memberikan informasi cara mengetahui nilai dan meningkatknya.

Apa Itu Citation Flow

Melansir dari Searchengineland, Citation flow menunjukkan penilaian terhadap tingkat pengaruh suatu situs berdasarkan jumlah situs lain yang terhubung dengan situs tersebut.

Berdasarkan kondisi tersebut, maka citation flow blog mu akan diukur berdasarkan seberapa banyak blog lain mencantumkan URL blog mu di dalam kontennya. Sederhananya, seberapa banyak blog mu mendapatkan backlink.

Citation flow murni hanya akan melihat kuantitasnya saja sehingga ketika blog mu mendapatkan backlink buruk sekalipun, citation flow mu terus dapat meningkat. Namun bukan berarti kamu boleh menautkan backlink buruk blog mu.

Kamu harus melanjutkan membaca penjelasan tentang Trust Flow untuk memahami mengapa backlink buruk tidak diperbolehkan meskipun dapat meningkatkan citation flow.

Apa Itu Trust Flow

Trust Flow menunjukkan penilaian terhadap seberapa terpercayanya suatu situs berdasarkan tingkat kepercayaan terhadap situs lain yang terhubung dengan situs tersebut.

Sebelumnya telah dipaparkan bahwa citation flow tidak memperdulikan kualitas dari backlink tetapi setelah membaca definisi trust flow, kamu sudah dapat memahami kan betapa berbahayanya backlink buruk terhadap blog mu.

Berdasarkan kondisi ini, dapat disimpulkan bahwa ketika kamu mendapatkan backlink dari situs-situs yang terpercaya, maka trust flow dan citation flow mu akan sama-sama meningkat. Namun apabila backlink yang kamu peroleh tidak berkualitas baik maka hanya citation flow mu saja yang berkembang.

Perbandingan yang timpang antara citation flow dan trust flow tentu menunjukkan bahwa blog mu sedang dalam kondisi yang tidak baik-baik saja. Bahkan mungkin saja blog mu juga dinilai memiliki spam score yang tinggi.

Lantas pertanyaannya adalah berapa nilai rasio citation flow banding trust flow yang baik?

Rasio Citation Flow Dan Trust Flow

Secara umum sebenarnya tidak ada angka pasti berapa ambang batas nilai rasio perbandingan yang baik antaranya keduanya karena semakin tinggi trust flow tentu maka akan semakin baik (mendekati perbandingan 1:1)

Namun tentu saja kita akan sulit untuk mendapatkannya karena tidak mungkin untuk kita mengontrol 'kehendak orang lain'.

Maksud kehendak orang lain disini adalah ketika seseorang ingin secara suka rela memberikan backlink kepada blog mu padahal mungkin situsnya tidak memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi sehingga berdampak pada nilai trust flow blog mu.

Bloggingx menyarankan rasio trust score:citation flow sebesar 1:2 atau setidaknya setengah dari total backlink terhadap blog mu berasal dari situs yang memiliki tingkat kepercayaan yang baik. Nilai ini muncul setelah mempertimbangkan kondisi 'kehendak orang lain' tersebut.

Bila dipikir-pikir memang cukup sulit untuk mendapatkan nilai citation flow dan trust flow yang tinggi, namun kamu harus tahu bahwa keduanya bukanlah metrik milik mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex, dll melainkan buatan pihak ketiga.

Oleh karena itu, kamu harus memiliki bayangan sebelum 'memperjuangkannya'.

Pengaruh Citation Flow Dan Trust Flow Terhadap Blog

Apa yang kamu harapakan dari meningkatkan nilai citation flow dan trust flow tentu saja popularitas blog mu di mesin pencari sehingga kamu dapat memenangan posisi konten di halaman pertama.

Namun bila itu menjadi tujuanmu, meningkatkan keduanya bisa jadi berguna tetapi bisa juga tidak. Alasannya adalah karena citation flow dan trust flow merupakan metrik yang dibuat oleh pihak ketiga yaitu Majestic. Berikut ini pengumuman Majestic ketika mereka memperkenalkan keduanya.

Majestic pun secara tegas menyatakan bahwa metrik ini bukanlah parameter yang pasti digunakan oleh mesin pencari melainkan metrik pribadi mereka yang mereka ciptakan berdasarkan hasil riset untuk menilaikan tingkat kepercayaan suatu situs.

Mungkin kini muncul pertanyaan, "mengapa sebuah blog harus mempertimbangkan citation flow dan trust flow?"

Meskipun metrik ini tidak secara langsung menjadi parameter mesin pencari menilai suatu situs, namun ada keterkaitan antara metrik ini dengan setidaknya dengan clue poin yang dinilai oleh Google.

Google pernah merilis bahwa situs yang baik adalah yang terkualifikasi 'E-A-T' atau Expertise, Authority dan Trust yang baik. Kini kita fokus pada trust saja.

Google menyatakan bahwa situs yang baik adalah situs yang memimiliki tingkat kepercayaan pengguna yang baik. Namun tidak pernah dirilis secara langsung parameter 'trust' seperti apa yang menurut Google baik.

Melihat kondisi ini, Majestic coba bereksperimen untuk mencari definisi 'trust' Google tersebut dan melahirkan metrik milik mereka. Nilai trust flow milik Majestic sendiri dikalkulasi berdasarkan situs-situs besar yang mereka sebut sebagai 'seeds'.

Seeds ini dijadikan patokan sebagai sebuah situs yang dianggap telah memenuhi kriteria sebagai situs yang terpercaya. Majestic secara terang menyatakan bahwa mereka sengaja merahasiakan kualifikasi serta nama situs yang mereka sebut seeds tersebut.

Bila dilihat nilainya, situs seperti Facebook dan Google memiliki nilai citation flow dan trust flow yang tinggi. Nilai yang rasanya cukup masuk akal untuk situs sebesar keduanya dan tentu saja backlink dari kedua situs ini sangat bernilai bagi blog kita tanpa harus melihat metrik-metrik pihak ketiga yang ada.

Oleh karena kondisi yang telah dijelaskan sebelumnya, bukan hal yang buruk pula untuk mempertimbangkan citation flow dan trust flow dari Majestic ini dalam mengembangkan blog kita.

Bagi kalian yang ingin mengetahui cara cek nilai citation flow dan trust flow suatu situs, silahkan lanjutkan membaca kebagian selanjutnya.

Cara Cek Citation Flow Dan Trust Flow

Majestic sebagai pencipta metrik ini tentu saja menyediakan alat inspeksinya di situs mereka. Namun fitur ini merupakan fitur berbayar sehingga hanya dapat di akses secara terbatas ketika menggunakannya secara gratis.

Cara cek citation flow dan trust flow menggunakan Majestic,
citation flow dan trust flow

Alternatif lain yang dapat kamu pilih yaitu Website SEO Checker, sebuah situs inspeksi yang berafiliasi dengan Semrush. Situs ini dapat kamu gunakan untuk cek citation flow dan trust flow secara gratis.

Cara cek citation flow dan trust flow menggunakan Website SEO Checker
citation flow dan trust flow

Dalam penilaian trust score Majestic, salah satu parameter kualitas yang mereka nilaikan adalah Tropical Trust Score.

Tropical Trust Score merupakan nilai terhadap sebuah situs yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi yang berasal dari situs yang memiliki topik serupa. Sederhananya, parameter ini mengacu pada backlink yang berasal dari sebuah situs se-niche dan terpercaya.

Oleh karena itu, mendapatkan backlink dari situs besar dan terpercaya memang penting tetapi lebih baik lagi ketika backlink tersebut berasal dari situs terpercaya dan berniche serupa dengan blog mu.

Cara Meningkatkan Citation Flow Dan Trust Flow

Baiklah hingga dititik ini kamu sudah paham citation flow dan trust flow beserta pengaruhnya. Sekarang saatnya mengetahui rekomendasi cara meningkatkan keduanya versi Gubuk Pintar.

Berikut ini cara meningkatkan citation flow dan trust flow,
  1. Lakukan guest posting pada blog dengan niche sejenis untuk mendapatkan dofollow backlink secara berkala (proporsional, tidak terlalu cepat maupun terlalu lama)
  2. Terlibat di sebuah forum dengan rasio trust flow yang baik serta memungkinkan untuk mendapatkan backlink dofollow dari topik diskusi yang relevan dengan niche blog (hindari spamming, terlibatlah secara positif)
  3. Backlink dofollow dari domain .Gov dan .Edu dengan trust flow yang baik memiliki nilai paling tinggi karena memiliki otoritas yang lebih istimewa
  4. Usahakan setiap dofollow backlink yang didapatkan mengarah ke homepage dan satu halaman blog sesuai topik dengan teks jangkar yang sesuai
  5. Hentikan mencari backlink dari situs yang memiliki tingkat kepercayaan rendah karena kualitas lebih penting dari kuantitas.

Kesimpulan

Trust flow jauh lebih penting untuk dipertimbangkan dibandingkan citation flow. Blog mu dapat memiliki trust flow yang tinggi apabila mendapatkan backlink dari situs berniche serupa serta memiliki nilai kepercayaan yang tinggi.

Namun perlu dipahami bahwa citation flow dan trus flow bukanlah metrik yang pasti digunakan oleh mesin pencari tetapi ciptaan pihak ketiga.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Menjawab Apa Itu Citation Flow dan Trust Flow, silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"