-->
Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Korea Android Terbaik
Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Korea Android Terbaik

Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Korea Android Terbaik

Sulit menemukan aplikasi belajar bahasa Korea yang berkualitas? Tenang, kamu dapat menemukannya dalam artikel ini. Baca sekarang juga!

Aplikasi Belajar Bahasa Korea
Memilih aplikasi belajar bahasa Korea berbasis Android, tentu membutuhkan waktu dan usaha tersendiri untuk dapat menemukan yang benar-benar cocok dengan kebutuhan mu.

Ada sekian banyak varian aplikasi yang telah dirilis ke Google Playstore, namun bagaimanakah kualitas dari aplikasi tersebut? Apakah aplikasi tersebut memiliki konten yang sesuai? Pertanyaan-pertanyaan pun menjamur karenanya.

Mengamati kondisi tersebut, Gubuk Pintar hadir memberikan solusi untuk kamu yang ingin belajar bahasa Korea melalui perangkat Android. Kini, kamu dapat mendapatkan rekomendasi aplikasi yang sesuai berdasarkan beberapa pertimbangan kompetensi yang dibutuhkan untuk belajar bahasa Korea.

Tidak terbatas aplikasi yang membantu mu belajar saja, tetapi akan ada pula aplikasi yang direkomendasikan untuk mengevaluasi hasil belajar mu. Simak selengkapnya dalam artikel ini ya.

Aplikasi Belajar Bahasa Korea

Cara Belajar Bahasa Korea

Berbagai aplikasi yang tersedia terkadang memiliki konten yang isinya tidak jauh berbeda. Ketika kamu hanya menggunakan aplikasi belajar bahasa Korea yang memiliki konten yang isinya hampir serupa, ini akan membuat pengetahuan mu terhambat.

Untuk itu, kamu harus paham dasar-dasar mempelajari bahasa Korea agar kamu dapat memilih aplikasi yang tepat. Beberapa aspek dasar tersebut antara lain,

1. Pengetahuan & kemampuan menulis Hangeul

Hangeul merupakan abjad khas negeri Korea, dimana memiliki bentuk tulisan balok yang berisikan 14 konsonan dasar dan 10 vokal dasar (khusus untuk yang sekarang aktif digunakan).

Hangeul cukup penting karena abjad ini aktif digunakan sehari-hari oleh orang Korea. Oleh karena itu, kamu harus memahami & mampu menulisnya.

2. Hafalan kosa kata umum

Selain kemampuan menulis Hangeul, kamu tentu harus memiliki segudang kosa kata agar dapat fasih berbahasa Korea. Selain itu, kamu juga harus memahami situasi dalam berdiskusi.

Sebagai contoh, berbicara dengan orang yang lebih tua tentu berbeda dengan teman sejawat mu kan? Untuk dapat melakukannya, kamu tentu harus memiliki pemahaman kosa kata yang memadahi.

3. Pemahaman struktur tata bahasa dasar

Bila di Indonesia umum digunakan struktur Subyek + Predikat + Objek, Korea menggunakan struktur yang berbeda. Tata bahasa di 'negeri gingseng' cenderung menggunakan pola Struktur + Objek + Predikat. Sebuah bentuk yang berbeda dari apa yang biasa orang Indonesia gunakan.

Oleh karena itu, kamu harus memahami hal ini agar dapat menulis serta berdiskusi menggunakan bahasa Korea nantinya.

4. Pelafalan yang tepat

Selain kemampuan menulis dan membaca, kamu tentu harus mampu melafalkan bahasa Korea dengan lancar. Tenang saja, semua hal ini dapat kamu peroleh dasarannya melalui aplikasi-aplikasi belajar bahasa Korea dalam artikel ini.

Aplikasi Belajar Bahasa Korea Melalui Android

Setelah kamu mengetahui aspek apa saja yang dibutuhkan untuk mempelajari bahasa Korea, kini saatnya kita melihat rekomendasi aplikasi belajar bahasa Korea yang dapat kamu gunakan.

Aplikasi-aplikasi berikut ini Gubuk Pintar sarankan untuk kamu gunakan semuanya karena telah dipilih untuk memenuhi seluruh aspek kebutuhan mempelajari bahasa Korea yang telah dijelaskan pada bagian tulisan sebelumnya.

1. Write It! Korean

Aplikasi Belajar Bahasa Korea
Write It! Korean (Sumber: Google Play)
Aplikasi ini akan membantu kamu dalam memahami dan menulis Hangeul. Secara detail, kamu akan dibimbing menuliskannya langkah per langkah sehingga menghindarkan mu dari kebingungan.

Kamu juga dapat mengevaluasi kemampuan mu dengan melihat seberapa cepat dan tepat penulisan Hangeul mu.

Write It! Korean
Pengembang Jernung
Penerbit Jernung
Status Pengembang
Aktif
Jumlah Unduhan
1.000.000+
Rating 4.7/5

2. Kosakata Bahasa Korea

Aplikasi Belajar Bahasa Korea
Kosakata Bahasa Korea (Sumber: Google Play)
Jangan hanya belajar cara menulis saja tanpa mengetahui kosa kata yang ada. Untuk itu, kamu akan sangat terbantu dengan aplikasi belajar bahasa Korea satu ini.

Tersedia berbagai macam kosa kata yang dapat kamu pelajari seperti kosa kata umum yang digunakan sehari-hari, kosa kata yang digunakan ketika berdiskusi, menyampaikan perasaan dan masih banyak lagi.

Sayangnya, aplikasi ini sudah cukup lama tidak diperbarui. Namun database kosa kata yang dimiliki saat ini, sudah cukup untuk kamu yang baru memulai belajar bahasa Korea.

Kosakata Bahasa Korea
Pengembang Jackdroid Developher
Penerbit Jackdroid Developher
Status Pengembang
Pasif
Jumlah Unduhan
5.000+
Rating 4.3/5

3. Kamus Naver: Inggris, Korea

Aplikasi Belajar Bahasa Korea
Kamus Naver (Sumber: Google Play)
Aplikasi belajar bahasa Korea satu ini akan sangat membantu mu untuk menemukan arti kata Korea yang baru pertama kali kamu ketahui. Hingga saat ini, tercatat telah lebih dari 240.000 kata yang diterjemahkan dan terdapat lebih dari 20.000 pelafan yang dapat kamu temukan secara GRATIS di dalamnya.

Kamus Naver: Inggris, Korea
Pengembang NAVER Corp.
Penerbit NAVER Corp.
Status Pengembang
Aktif
Jumlah Unduhan
10.000.000+
Rating 4.2/5

4. Google Translate

Aplikasi Belajar Bahasa Korea
Google Translate (Sumber: Google Play)
Jika Kamus Naver terbatas pada penerjemahan kata saja, Google Translate akan membantu mu untuk menerjermahkan kalimat. Selain itu, tentu saja kamu sudah tahu kan bahwa aplikasi satu ini dapat melafalkan bahasa juga. Oleh karena itu, kamu juga harus memilikinya.

Google Translate
Pengembang Google
Penerbit Google LLC
Status Pengembang
Aktif
Jumlah Unduhan
500.000.000+
Rating 4.5/5

5. Tata Bahasa Korea

Aplikasi Belajar Bahasa Korea
Tata Bahasa Korea (Sumber: Google Play)
Tidak cukup belajar kosa kata, kamu juga perlu memahami struktur tata bahasa. Melalui aplikasi belajar bahasa Korea satu ini, hal tersebut dapat kamu lakukan bermodalkan Android kesayangan mu.

Konten yang disajikan berupa materi bacaan serta contoh-contoh penerapan tata bahasa Korea yang baik dan benar. Kamu juga dapat mendengarkan pelafalannya agar tidak keliru.

Sayangnya, pembaruan terkahir dari pengembang aplikasi ini adalah pada Desember 2019 lalu, namun kamu tetap dapat memanfaatkannya untuk membentuk pondasi pemahaman dasar tata bahasa Korea mu.

Tata Bahasa Korea
Pengembang U&G design
Penerbit U&G design
Status Pengembang
Pasif
Jumlah Unduhan
50.000+
Rating 4.4/5

6. Topik Test Korea

Aplikasi Belajar Bahasa Korea
Topik Test Korea (Sumber: Google Play)
Setelah kamu mempelajari berbagai ragam aspek dasar bahasa Korea pada aplikasi-aplikasi sebelumnya, sekarang saatnya kamu mengevaluasi hasil belajar mu.

Sebelum mengambil tes kemampuan bahasa Korea sesungguhnya, kamu dapat melakukan simulasi dengan aplikasi belajar bahasa Korea satu ini terlebih dahulu. Fiturnya sendiri terbagi menjadi 2 yaitu tes kemampuan membaca dan mendengarkan.

Seluruh isinya sudah full bahasa Korea sehingga mendekati tes kemampuan bahasa Korea yang sesungguhnya.

Topik Test Korea
Pengembang Kiran Chhetri
Penerbit Kiran Chhetri
Status Pengembang
Aktif
Jumlah Unduhan
50.000+
Rating 4.4/5

Penutup
Itu daftar aplikasi belajar bahasa Korea yang harapannya dapat membantu mu. Selain ini, Gubuk Pintar juga pernah membuat daftar aplikasi untuk belajar bahasa asing lainnya dalam artikel Beragam Aplikasi Belajar Bahasa Asing Untuk Mengembangkan Kemampuan Mu. Di baca juga ya.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Korea Android Terbaik, silahkan tulis di kolom komentar ya. Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"