-->
Cara Backup Dan Restore Chat WhatsApp (WA)
Cara Backup Dan Restore Chat WhatsApp (WA)

Cara Backup Dan Restore Chat WhatsApp (WA)

Temukan Cara Backup dan Restore Chat WhatsApp (WA) mu Dalam Artikel Berikut Ini. Tidak Sulit dan Pasti Berhasil!

Cara Backup Chat Whatsapp
Bila kamu sedang mencari tahu cara backup chat WhatsApp dan me-restore nya, maka dalam artikel ini kamu pasti akan menemukannya. Caranya akan dijabarkan secara detail sehingga memudahkan mu untuk mengaplikasikannya.

Terlepas mungkin sebelumnya sebagian orang hanya mem-backup chat nya ketika membutuhkan saja, seperti sedang ingin mengganti nomor WhatsApp, install ulang aplikasi atau mengganti perangkatnya, backup chat WhatsApp sebaiknya dilakukan secara berkala sehingga informasi penting mu tidak sampai terhapus.

Setelah kamu membaca artikel ini, Gubuk Pintar menyarankan kamu untuk melakukan backup chat secara berkala karena selain manfaatnya, cara melakukannya juga mudah lho.

Nah, sekarang mari kita ke inti artikelnya ya.

Cara Backup Chat WhatsApp

Perlu kamu pahami bahwa chat yang kamu backup akan disimpan dalam memori internal perangkat  dan Google Drive mu. Kamu tidak dapat memilih salah satu karena WhatsApp membuatnya secara otomatis sedemikian rupa dengan tujuan memastikan bahwa penyimpanannya benar-benar aman.

Sebelum kita masuk ke cara backup chat WhatsApp, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah memenuhi segala kebutuhan yang ada seperti,

  • Akun Google yang aktif
  • Koneksi internet yang stabil
  • Ruang kosong pada memori internal perangkat mu (besarnya relatif terhadap chat mu)
  • Aplikasi Google Drive yang up to date terinstall pada perangkat

Bila kamu sudah memenuhi kebutuhan yang ada, sekarang mari kita lanjutkan ke cara backup chat WhatsApp. Ikuti langkah-langkah berikut ini,

  1. Buka WhatsApp
  2. Klik ikon tiga titikCara Mengganti Nomor WhatsApp di pojok kanan atas dan pilih Settings.
  3. Pilih Chats lalu pilih Chat Backup.
  4. Bila ini menjadi kali pertama mu untuk backup chat WhatsApp, pilih Google Account dan kemudian pilih akun Google yang akan menjadi lokasi file backup disimpan nantinya. Jangan lupa untuk mengizinkan proses backup nya dengan klik Allow ketika proses autentikasi berlangsung. Bila proses autentikasi berhasil, maka Google Account akan menunjukkan email yang telah terhubung.
  5. Bila kamu juga ingin membackup video, pastikan opsi Include videos aktif dengan menggesernya ke sebelah kanan. Abaikan langkah ini bila kamu hanya ingin backup chat saja tanpa video.
  6. Klik Backup dan tunggu hingga proses selesai.

Seperti yang telah dijelaskan diawal bahwa sebaiknya proses ini dilakukan secara berkala. Tenang, kamu tidak perlu repot menjadwalkannya secara manual karena WhatsApp terdapat fitur backup otomatis.

Untuk melakukan backup chat WhatsApp secara otomatis, kamu hanya perlu memilih opsi yang ada pada Back up to Google Drive. Ada beberapa opsi yaitu,

  • Never
  • Only when I tap 'Back Up'
  • Daily
  • Weekly
  • Monthly

Saran Gubuk Pintar, sebaiknya kamu menjadwalkannya secara bulanan saja dan jangan lupa untuk mengatur jaringan yang diizinkan untuk melangsungkan proses backup pada opsi Back up over. Jangan sampai terlewat karena bisa saja ini menghabiskan kuota internet mu. Pastikan hanya ketika tersambung WiFi saja dengan memilih Wi-Fi Only.

Untuk memudahkan mu, kamu juga dapat melihat cara backup chat WhatsApp melalui video berikut ini.


Cara Restore Chat WhatsApp

Sampai pada titik ini, kamu sudah berhasil backup chat WhatsApp mu kan? Sekarang waktunya melanjutkan ke cara restore chat WhatsApp yang telah kamu backup sebelumnya.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar dapat melakukan restore chat WhatsApp mu, yaitu

  • Menggunakan nomor telepon yang sama seperti ketika membuat file backup
  • Menggunakan akun Google Drive yang sama seperti ketika membuat file backup
  • Memiliki file backup pada memori internal perangkat tersebut

Bila kamu sudah memenuh kebutuhan diatas, sekarang kita lanjut ke teknis restore nya. Sebelumnya, perlu kamu pahami bahwa kamu dapat melakukannya dengan dua cara yaitu online (melalui Google Drive) dan offline (melalui file backup dalam memori internal). 

Untuk restore chat WhatsApp secara online dan offline sejatinya tidak jauh berbeda, hal yang membedakan adalah proses online akan berjalan ketika perangkat mu terkoneksi dengan internet sedangkan ketika tidak terkoneksi, maka proses offline lah yang berlangsung.

Nah, baik proses restore chat WhatsApp secara online maupun offline baru akan berlangsung ketika WhatsApp dibuka untuk pertama kali pasca terinstall pada suatu perangkat.

Berikut ini merupakan langkah resotre chat WhatsApp secara manual,

  1. Install dan buka WhatsApp.
  2. Verfikasi nomor WhatsApp mu.
  3. Klik Allow ketika WhatsApp meminta izin untuk mengakses kontak dan media penyimpanan mu
  4. WhatsApp akan mencari file backup yang tersimpan di Google Drive ketika kamu terkoneksi dengan internet dan bila tidak menemukan atau tidak terkoneksi internet, maka WhatsApp akan mencari di memori internal mu secara otomatis.
  5. Ketika file Backup ditemukan maka akan ditampilkan besaran file dan tanggal proses backup dilakukan, untuk menyetujuinya pilih Restore
  6. Setelah proses selesai, klik Next dan masukkan informasi kontak mu.
  7. Selanjutnya, kamu dapat mengatur penjadwalan backup seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya serta memilih akun Google untuk menyimpan file backup nantinya.
  8. Selesai. Kini kamu sudah berhasil restore chat WhatsApp mu.

Kamu juga dapat melihat caranya dalam video berikut ini bila menemukan kesulitan.


Penutup

Sekarang kamu sudah tahu cara backup chat WhatsApp dan memulihkannya. Jangan lupa untuk menjadwalkannya ya agar kamu tidak kehilangan informasi dan media penting yang ada di riwayat chat mu selama ini. 

Bila kamu juga ingin mengetahui tips melihat chat WhatsApp yang terhapus, kamu dapat menemukannya dalam artikel Cara Melihat Chat WhatsApp Yang Telah Terhapus.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Cara Backup Dan Restore Chat WhatsApp (WA), silahkan tulis dikolom komentar ya.

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"