-->
Cara Mengganti Nomor WhatsApp (WA) Tanpa Hapus Akun
Cara Mengganti Nomor WhatsApp (WA) Tanpa Hapus Akun

Cara Mengganti Nomor WhatsApp (WA) Tanpa Hapus Akun

Temukan cara mengganti nomor Whatsapp (WA) tanpa menghapus akun dan kontak serta dampaknya dalam artikel ini. Yuk baca sekarang!

Cara Mengubah Nomor WhatsApp
Kendala seperti kartu sim yang rusak atau nomor yang sudah kadaluarsa menjadi salah masalah yang menyebabkan orang harus mengganti nomor Whatsapp nya. Masalah lainya yang muncul biasanya adalah bagaimana cara memastikan bahwa akun Whatsapp dan seluruh kontaknya tidak ikut terhapus.

Tenang, Whatsapp sendiri menyediakan kepastian bahwa akun dan kontaknya mu tidak akan ikut terhapus meskipun mengganti nomor asalkan kamu tahu caranya. Sejatinya, cara mengganti nomor Whatsapp (WA) tanpa menghapus akun dan kontak cukuplah mudah.

Satu hal yang harus kamu pahami bahwa harus tetap menggunakan smartphone yang sama ya agar nomor yang tersimpan juga tetap sama.

Setelah sebelumnya pernah menulis artikel Cara Mengunci WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan, artikel Gubuk Pintar kali ini akan membantu kamu mengganti nomor Whatsapp tanpa harus menghapus akun dan kontak mu bahkan seluruh isi chat mu. 

Selain itu, akan ada pula penjelasan mengenai dampak dari mengganti nomor Whatsapp dan cara memberitahu kontak mu bahwa kamu telah mengganti nomor.

Yuk langsung ke inti artikelnya!

 Cara Mengganti Nomor Whatsapp

Sebelum masuk ke langkah-langkahnya, Gubuk Pintar ingin mengingatkan mu untuk memastikan terlebih dahulu nomor baru yang kamu miliki sudah aktif dan bisa menerima pesan masuk dan keluar ya.

Selain itu, nomornya pun sudah harus dipasangkan ke smartphone mu dan berada pada kondisi sinyal yang ideal karena akan ada pin konfirmasi yang akan dikirimkan secara otomatis oleh pihak Whatsapp ke nomor tersebut untuk memastikan nomornya benar dan aktif.

Sejatinya pergantian nomor ini tidak akan menghilangkan history chat mu tetapi bila kamu ingin memastikan bahwa semuanya aman, sebaiknya kamu backup dahulu sebelum melakukan proses ini. Caranya mudah, kamu dapat menemukannya dalam artikel Cara Backup Chat WhatsApp (WA).

Sekarang mari kita masuk ke langkah-langkah dari cara mengganti nomor Whatsapp,

  1. Buka WhatsApp
  2. Klik ikon tiga titikCara Mengganti Nomor WhatsApp di pojok kanan atas dan pilih Settings
  3. Pada menu Settings, pilihlah opsi Account dan kemudian Change number
  4. Pilih Next
  5. Masukkan nomor lama dan nomor baru dengan menggunakan kode negara (+62 untuk Indonesia)
  6. Pilih Next
  7. Akan terdapat 3 pilihan cara untuk memberitahu kontak Whatsapp (WA) bahwa kamu telah mengganti nomor, yaitu
    • All contacts, untuk memberitahukan kepada semua kontak anda melalui notifikasi chat personal.
    • Contacts I have chats with, untuk memberitahukan kepada mereka yang sedang aktif chat dengan mu.
    • Custom, untuk memberitahukan kontak mu secara manual (kamu memilih sendiri siapa yang akan kamu beri tahu).
    Khusus untuk grup, notifikasi pergantian nomor mu akan secara otomatis muncul tanpa harus kamu atur dan tidak dapat dibatasi.
  8. Pilih Done
  9. Kemudian kamu akan menerima pin yang dikirim ke nomor baru mu untuk proses verifikasi
  10. Bila berhasil, maka kontak WhatsApp mu sudah resmi berganti menggunakan nomor baru.
Untuk memudahkan, kamu juga dapat melihat langkah-langkah cara mengganti nomor WhatsApp melalui video berikut ini,


Dampak Mengganti Nomor Whatsapp (WA)

Pernahkah kamu mendengar cara mengetahui orang yang mengganti nomor Whatsapp? Salah satu cara mengetahuinya adalah dengan tanda centang yang tak kunjung menunjukkan bahwa pesan sampai ke orang tersebut (hanya centang satu).

Hal tersebut pula yang akan menjadi dampak yang kamu terima ketika mengganti nomor Whatsapp. Oleh karena itu, dibutuhkan pemberitahuan kepada setiap orang bahwa kamu telah mengganti nomor Whatsapp mu.

Selain menggunakan cara yang telah dijelaskan pada cara mengganti nomor Whatsapp sebelumnya, sebaiknya kamu mengirimkan broadcast pesan ke setiap kontak mu untuk memastikan bahwa mereka benar-benar telah mengetahui bahwa kamu sudah mengganti nomor kontak mu.


Cara Memberitahu Kontak WhatsApp (WA) Saat Mengganti Nomor HP

Nah bila kamu belum memiliki gambaran pesan broadcast kepada kontak WhatsApp mu, mungkin beberapa ide berikut ini bisa kamu contoh.

Contoh broadcast kepada keluarga

Hai,
Berhubung nomor lama ku sudah expired, sekarang aku ganti jadi nomor baru ini.
Tolong save nomor baru ku ya.

-Gubuk Pintar

Contoh broadcast kepada teman

Dear friends,
Nomor lama gue mati nih, jadi sekarang pakai nomor yang baru ini.
Tolong di save yakk!

-Gubuk Pintar

Contoh broadcast formal
Salam sejahtera,

Sehubungan dengan tidak diperpanjangnya nomor lama saya, maka dengan ini saya informasikan bahwa nomor ini merupakan nomor aktif saya yang baru. Terima kasih.

Salam,
Gubuk Pintar (Blogger)

Penutup

Seperti itulah cara mengganti nomor WhatsApp tanpa harus menghapus akun dan kontak mu. Sebaiknya ketika memberi tahu kontak mu secara personal, sampaikan nama dan alasan mengapa kamu mengganti nomor agar memudahkan mereka memahami siapa kamu dan mengapa kamu harus mengganti nomor.

Tidak kalah menarik, Gubuk Pintar juga punya tips cara melihat chat WhatsApp yang telah terhapus lho. Kalau kamu ingin tahu caranya, temukan dalam artikel Cara Melihat Chat WhatsApp Yang Telah Terhapus.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Cara Mengganti Nomor Whatsapp (WA) Tanpa Hapus Akun, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"