√ Penjelasan Secret Chat Telegram dan Cara Menggunakannya - Gubuk Pintar
Penjelasan Secret Chat Telegram dan Cara Menggunakannya
Penjelasan Secret Chat Telegram dan Cara Menggunakannya

Penjelasan Secret Chat Telegram dan Cara Menggunakannya

Sudah tahu fitur secret chat Telegram? Kalau belum, yuk temukan penjelasan fitur secret chat di Telegram dalam artikel berikut ini sekarang juga!

Secret Chat Telegram

Telegram identik dengan tingkat keamanan privasi yang sangat ketat. Fitur secret chat Telegram menjadi salah satu wujud nyata dari hal tersebut.

Fitur ini mungkin masih asing terdengar bagi kamu yang baru menggunakan aplikasi satu ini. Selain itu, fitur semacam ini memang hanya dapat ditemui di Telegram saja sejauh ini. Jadi, wajar saja belum banyak yang mengenal dan memanfaatkannya.

Melalui artikel ini, Gubuk Pintar akan memberikan penjelasan tentang fitur secret chat di Telegram dan cara menggunakannya. Kalau kamu tertarik untuk mengetahuinya, simak dibagian selanjutnya dari artikel ini ya.

Daftar Isi




Apa Itu Secret Chat Telegram?

Secret Chat Telegram adalah salah satu fitur Telegram yang memungkinkan chat berlangsung dalam kondisi tingkat privasi maksimal. Fitur ini memastikan bahwa obrolan yang ada hanya dapat diakses melalui ruang obrolan tersebut saja tanpa dapat disebarkan ataupun diduplikasikan ke tempat lain.

Ada beberapa hal yang membuat ruang obrolan secret chat begitu unik, yaitu:

  • Ruang obrolan dapat dihapus secara otomatis dalam waktu tertentu yang telah diatur sebelumnya

  • Pesan yang dikirimkan dalam secret chat dilindungi oleh kode enkripsi sehingga membatasi 'penyusup' untuk dapat masuk secara diam-diam

  • Terdapat tambahan kode enkripsi untuk mengakses secret chat (tidak hanya pesannya saja yang dienkripsi tetapi ruang obrolannya juga)

  • Pesan tidak dapat di foward, simpan  ataupun screenshoot

  • Mematikan notifikasi pesan masuk yang berasal dari ruang obrolan secret chat

Telegram sendiri menyebutkan bahwa server mereka pun tidak akan menyimpan isi percakapan pengguna dalam mode secret chat sehingga bisa dipastikan bahwa yang mengetahuinya hanya kamu dan lawan bicara mu saja.

Sejauh ini, fitur secret chat hanya tersedia di platform mobile saja. Untuk Telegram PC dan web sayangnya belum dapat menggunakan fitur ini. Selain itu, secret chat di Telegram juga tidak tersinkronisasi dengan Telegram PC ataupun web seperti chat pada umumnya.

Baca Juga: Cara Backup Chat Telegram

Cara Menggunakan Secret Chat Telegram

  1. Buka Telegram dari smartpohone

  2. Klik tombol 🖉

    ikon pensil telegram

  3. Pilih New Secret Chat

    new secret chat telegram

  4. Pilih kontak

  5. Tunggu hingga lawan bicara mu masuk ke ruang obrolan tersebut

Setelah ruang obrolan berhasil terbentuk dan lawan bicara mu telah bergabung, sebaiknya atur waktu penghapusan otomatis (self-destruct) dan cek encryption key untuk memastikan privasi mu terjaga secara optimal. 

Penjelasan tentang keduanya ada dibagian selanjutnya dari artikel ini ya.

Baca Juga: Cara Membuat Channel Telegram

Fungsi Self-Destruct di Secret Chat Telegram

Ini merupakan salah satu bagian penting dari secret chat Telegram. Sudah disinggung sebelumnya bahwa ruang obrolan secret chat dapat terhapus secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Kondisi itu disebut juga dengan istilah "self-destruct". Awalnya, self-destruct akan secara otomatis mati sehingga harus kamu atur terlebih dahulu untuk mengaktifkannya. Cara mengatur waktu self-destruct secret chat Telegram yaitu,

  1. Klik ikon ፧ di pojok kanan atas ruang obrolan

  2. Pilih Set Self-destruct timer

  3. Atur waktu penghapusan otomatis

  4. Klik Done

Setelah aktif, kamu dapat melangsungkan obrolan dan apabila sudah menyentuh waktu yang ditentukan, maka ruang obrolan akan secara otomatis terhapus tanpa bisa diintervensi.

Baca Juga: Arti Mutualan Telegram

Penjelasan Encryption Key di Secret Chat Telegram 

Encription Key di secret chat Telegram adalah kode yang tercipta secara otomatis untuk menunjukkan apakah fitur enkripsi terhadap ruang obrolan sudah berjalan atau belum. Apabila pola enkripsi mu dan kontak yang kamu ajak untuk bergabung dalam secret chat sama, maka dipastikan fitur ini sudah aktif.

Nah, saat menggunakan secret chat dengan encryption key yang aktif maka ruang obrolan tersebut dapat dipastikan hanya dapat diakses oleh kamu dan lawan bicara mu saja tanpa ada orang yang bisa masuk lagi atau bahkan tersimpan di server Telegram sekalipun.

Cara melihat encryption key adalah sebagai berikut,

  1. Buka ruang obrolan secret chat Telegram mu

  2. Klik pada nama dari lawan bicara mu

  3. Pilih Encryption Key

  4. Tanyakan lawan bicara mu, apakah kalian memiliki kode yang sama atau tidak melalui chat

    encryption key secret chat telegram

Cara Mengakhiri Secret Chat Telegram

  1. Buka ruang obrolan secret chat di Telegram mu

  2. Klik ikon ፧ di pojok kanan atas

  3. Pilih Delete Chat

  4. Centang opsi Also Delete For Nama Lawan Bicara

  5. Pilih Delete Chat

Cara menghentikan secret chat di Telegram yang dijabarkan diatas akan secara otomatis menghapus semua chat dan ruang obrolan tanpa meninggalkan jejak sama sekali. Ini juga akan secara otomatis menghapus ruang obrolan di smartphone lawan bicara mu.

Baca Juga: Cara Nonton Film di Telegram

Penutup

Seperti itulah penjelasan mengenai secret chat Telegram serta cara menggunakannya. Semoga kini kamu sudah mengerti dan siap memanfaatkan fitur ini ya.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Penjelasan Secret Chat Telegram dan Cara Menggunakannya, silahkan tulis dikolom komentar ya. 

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar