√ Mengenal Numpy Python dan Contoh Penggunaannya - Gubuk Pintar
Mengenal Numpy Python dan Contoh Penggunaannya
Mengenal Numpy Python dan Contoh Penggunaannya

Mengenal Numpy Python dan Contoh Penggunaannya

Numpy adalah salah satu library dari Python. Yuk cari tahu lebih dalam tentang Numpy pada artikel ini!

numpy adalah
Python memiliki beragam library yang dapat membantu penggunanya menyelesaikan tugas mengolah data, Numpy adalah salah satunya.

Pada era pengembangan teknologi berbasis digital seperti sekarang ini, Numpy menjadi salah satu aspek penting bagi setiap orang yang mengolah data menggunakan Python. Oleh karena itu apabila kamu baru mengenal Python, maka sebaiknya kamu juga harus paham apa itu Numpy.

Pada artikel kali ini, Gubuk Pintar akan coba memjelaskan Numpy secara umum beserta contoh program yang menggunakan Numpy agar kamu memiliki pandangan awal yang lebih jelas. Untuk itu, mari kita langsung masuk ke bagian inti artikelnya.


Apa Itu Numpy?

Numpy adalah salah satu library Python yang berfungsi untuk mengolah data berbentuk array dengan metode komputasi ilmiah. Kamu dapat menggunakan berbagai fungsi matematis tingkat lanjut seperti aljabar linear, transformasi fourier dan matriks dengan Numpy.

Meskipun kamu dapat melakukan kalkulasi matematis dengan fungsi list yang tersedia di Python, memanfaatkan Numpy akan memberikan mu waktu proses hingga 50 kali lebih cepat.

Ide awal dari penciptaan Numpy telah dimulai sejak 1995 dengan dirilisnya Numeric sebagai wujud perluasan fungsi Python agar dapat digunakan pula dalam bidang ilmiah dan engineering untuk mengolah angka. Namun Numeric kala itu memiliki kekurangan dalam segi efisiensi waktu proses.

Merespon kekurangan yang dimiliki Numeric, para pengembang Python membuat terobosan dengan merilis Numarray pada 1997. Sayangnya rilisan baru ini tidak dapat sepenuhnya menggantikan Numeric. Numarray memang dapat meningkatkan efisiensi waktu proses ketika mengolah array dengan jumlah besar tetapi tidak lebih efisien ketika digunakan pada jumlah array yang sedikit.
 
Oleh karena itu, Numeric dan Numarray digunakan secara bergantian tergantung pada jumlah array yang diproses.

Travis Oliphant, salah satu kontributor dalam pengembangan Numarray, merumuskan ide untuk menggabungkan fitur Numeric dan Numarray yang akhirnya membuahkan Numpy pada tahun 2005.
travis oliphant numpy adalah
Travis Oliphant sang penemu Numpy (sumber: The Org)
Numpy terus dikembangkan hingga saat ini, dimana kini dapat relevan untuk lebih banyak ekosistem komputasi ilmiah seperti,
 
 

Cara Install Numpy

Install Numpy bukanlah hal yang rumit. Kamu dapat memanfaatkan PIP (Python Package Installer) untuk melakukannya. Namun sebelumnya, kamu harus memastikan bahwa versi PIP mu sudah menggunakan yang terbaru ya agar proses instalasi berlangsung optimal. 
 
Berikut ini cara update versi PIP,
  1. Buka CMD (Command Prompt)
  2. Ketikkan pip install --upgrade pip dan tekan Enter
  3. Tunggu hingga proses selesai

Setelah PIP mu telah menggunakan versi terbaru, saatnya kita masuk ke cara install Numpy. Ikuti langkah berikut ini ya,
  1. Buka CMD (Command Prompt)
  2. Ketikkan install python -m pip install -U numpy
  3. Tunggu hingga proses selesai

Apabila instalasi berlangsung sukses, maka Numpy secara otomatis sudah dapat kamu gunakan.
 
 

Contoh Program Numpy

Untuk dapat menjalankan program menggunakan library Numpy, kamu membutuhkan Python IDE sebagai media menulis kodenya. Berikut ini merupakan contoh salah satu penggunaan library Python untuk menunjukkan nilai sinus dari sebuah variabel.

Source Code
#import library
import numpy as np
import matplotlib.pyplot as plt

#membuat variabel a berisi array dengan total 21 data bernilai 0 hingga 20
a = arange(21)

#membuat variabel b yang berisi fungsi sinus dari array a
b = sin (a)

#menampilkan output berupa grafik
plt.plot(a,b)
plt.show()

Pada contoh diatas digunakan 2 library yaitu Numpy untuk mengerjakan fungsi matematis serta Matplotlib untuk membuat visualisasi.
 

Digunakan 2 variabel yaitu a dan b yang berisikan array dan fungsi sinus. Variabel tersebut kemudian dimasukkan ke dalam line plot dengan menggunakan plt.plot() dan ditampilkan dengan plt.show(). Visualisasinya ditunjukkan pada gambar dibawah.

Output
output numpy adalah
 

Penutup

Seperti itulah penjelasan singkat mengenai Numpy, semoga kini kamu sudah mendapatkan gambaran lebih luas ya tentang library Python yang satu ini. Sebagai tambahan, Numpy adalah library yang bersifat open-source dan gratis layaknya Python. Jadi kamu dapat menggunakannya sesaat setelah instalasi dilakukan.
 
***
 
Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Mengenal Numpy Python dan Contoh Penggunaannya, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar