√ Penjelasan Dari Berbagai Istilah Dalam WhatsApp - Gubuk Pintar
Penjelasan Dari Berbagai Istilah Dalam WhatsApp
Penjelasan Dari Berbagai Istilah Dalam WhatsApp

Penjelasan Dari Berbagai Istilah Dalam WhatsApp

Yuk cari tahu berbagai istilah dalam WA (WhatsApp) melalui artikel ini!

Istilah Dalam WhatsApp
Ada banyak istilah dalam WhatsApp yang biasa digunakan untuk menyampaikan maksud tertentu dengan lebih singkat. Namun banyak yang masih asing dengan hal tersebut sehingga jadi belum nyambung!

Sebagai media komunikasi, setiap pesan WhatsApp tentu harus saling dipahami dong antara si pengirim dan penerima? Kalau tidak, ya tidak dapat disebut sebagai komunikasikan?

Pada artikel ini, Gubuk Pintar ingin mengajak mu mengenal berbagai istilah-istilah yang biasa digunakan para pengguna WhatsApp agar kamu tidak bingung lagi.

Untuk itu, yuk kita masuk ke bagian inti artikelnya.



Arti GC di WhatsApp

arti gc istilah dalam whatsapp
Pernahkah kamu mendapatkan pesan WhatsApp yang bertuliskan,
 
"GC yuk teman-teman sekalian"
 
Dalam kebiasaan para pengguna WhatsApp saat ini, GC bisa diartikan menjadi 2 hal yang berbeda, tergantung pada konteks diskusinya. Kedua artinya sendiri antara lain,
  • Group Chat (pesan grup)
  • Gerak Cepat (meminta melakukan respon dalam waktu yang cepat dan sigap)
Jadi kamu harus membaca konteks diskusi terlebih dahulu agar dapat memahami artinya. Misalnya ada pesan berbunyi "Coba cek di GC deh", GC dalam konteks ini tandanya sang pengirim pesan meminta kamu untuk melihat konten disebuah pesan grup.

Disisi lain ketika ada pesan bertuliskan "Jangan lama ya, GC!", ini menandakan sang pengirim pesan berkonteks untuk meminta sang penerima melakukan gerak cepat dalam merespon permintaannya.
 

Arti BC di WhatsApp

arti bc istilah dalam whatsapp
Sebelum menjadi salah satu istilah dalam WhatsApp, 'BC' telah populer sebelumnya pada era Blackberry Messenger (BBM). Ini merupakan singkatan dari broadcast yang maksudnya adalah mengirimkan pesan secara berantai ke banyak kontak sekaligus. Contoh konteks penggunaannya yaitu,
 
"Udah dapat info dari BC nya si Gubuk Pintar belum?"
 
Kalimat diatas maksudnya adalah menanyakan apakah sang penerima pesan telah mendapatkan broadcast yang berisikan informasi dari Gubuk Pintar (sang pengirim BC).

 

Arti TC di WhatsApp

arti tc istilah dalam whatsapp
Layaknya 'BC', untuk singkatan yang satu ini juga telah populer sejak era BBM dulu. 'TC' biasanya dikirimkan kepada kontak yang jarang melakukan interaksi dengan tujuan untuk memastikan kontak tersebut masih aktif atau tidak.

TC sendiri merupakan singkatan dari Test Contact, terkadang ada yang menyebutnya sebagai Test Chat. Berbeda dengan singkatan yang telah dijelaskan sebelumnya, orang yang melakukan test contact biasanya hanya mengirimkan pesan singkat berupa "TC" saja.

Hal ini lantaran mereka hanya ingin melihat respon dari sang penerima, misalkan ternyata pesannya centang dua, dibaca atau bahkan dibalas, artinya kontak tersebut masih aktif. Namun apabila ternyata gagal terkirim maka kontak tersebut sudah tidak aktif.
 

Arti PC di WhatsApp

arti pc istilah dalam whatsapp
Istilah dalam WhatsApp lainnya yang mungkin sering kamu temukan yaitu 'PC' yang merupakan singkatan dari Personal Chat. Biasanya konteks pesannya seperti berikut ini,
 
"Biar lebih mudah, PC aja yuk"
 
Orang yang mengirim pesan tersebut tandanya sedang menanyakan apakah kamu setuju untuk melanjutkan berkirim pesan secara personal atau tidak.
 

Arti PM di WhatsApp

arti pm istilah dalam whatsapp
Tidak berbeda dengan 'PC', singkatan yang satu ini juga memiliki tujuan untuk melakukan chatting secara personal. PM merupakan singkatan dari Private Message yang artinya pesan pribadi. Contoh konteks penulisannya yaitu,

"Kalau mau tau info ini, PM saya ya"
"PM me if you interested."

PM lebih sering ditemukan pada konten-konten yang berupa promosi dan menyediakan nomor WhatsApp untuk menanyakan infomasi lebih lanjut serta penggunaannya lebih luas dibandingkan PC meskipun maksudnya sama saja. Kamu juga banyak menemukan kata PM di forum diskusi online, ketika bermain game ataupun belanja di toko online.
 

Arti P di WhatsApp

arti p istilah dalam whatsapp
Pada awalnya, P dikenal sebagai singkatan dari Ping yang populer di zaman BBM. Ping digunakan sebagai isyarat bahwa pesan tersebut membutuhkan perhatian secepatnya. Nah, karena fitur Ping tidak ada di WhatsApp, orang menggunakan huruf P sebagai penggantinya.
 
Kenapa harus P? Salah satu alasannya adalah karena posisinya yang mudah dijangkau oleh ibu jari ketika mengetik pesan, selain karena diawali huruf 'P' yang dapat menandakan Ping itu sendiri.
 
Saat ini, P telah berubah menjadi lebih kaya maksud, ada yang mengartikannya pula sebagai pengganti salam pembuka chat.
 
Untuk membedakannya, kamu dapat melihat tergantung pada pesan yang dikirimkan. Apabila pesannya seperti gambar berikut ini, maka itu adalah pengganti salam.

huruf p istilah dalam whatsapp

Namun apabila isi pesannya hanya sebatas "P" dan dikirimkan hingga lebih dari sekali, maka itu tandanya adalah Ping dan sang pengirim membutuhkan kamu untuk membalasnya segera.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan dari penggunaan P yaitu bahwa mengirimkan pesan dengan singkatan seperti ini merupakan cara yang tidak formal sehingga jangan digunakan untuk mengirimkan pesan ke guru, atasan atau pihak yang membutuhkan pesan yang formal lainnya.
 

Arti VC di WhatsApp

arti vc istilah dalam whatsapp
VC merupakan singkatan dari video call atau panggilan video. Ketika ada orang yang mengirimkan pesan berupa permintaan VC, maka tandanya ia sedang meminta mu untuk melakukan panggilan video.
 
Contoh konteks pesannya yaitu,
 
"Biar gampang, VC aja yuk"
"Boleh lewat VC aja ga jelasinnya?"
 
Namun ada pula yang mengartikannya sebagai voice call atau panggilan suara. Untuk itu, sebaiknya kamu pastikan dahulu ya jenis panggilan yang dimaksud itu yang mana.
 

Arti Available di WhatsApp

arti available istilah dalam whatsapp
Biasanya available dituliskan pada status seseorang di WhatsApp. Apabila kita terjemahkan menjadi bahasa Indonesia, available artinya tersedia.
 
Ketika kamu menemukan seseorang dengan status available, maka tandanya orang tersebut sedang terbuka untuk kamu kirimkan pesan dan siap membalasnya karena sedang luang atau tidak sibuk.
 

Penutup

Itulah beberapa istilah dalam WhatsApp yang sering ditemui, semoga kini kamu tidak bingung lagi ya ketika menemukan salah satu diantaranya. Sejatinya mungkin masih ada lagi istilah lainnya, maka Gubuk Pintar akan terus memperbarui artikel ini kedepannya.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Penjelasan Dari Berbagai Istilah Dalam WhatsApp, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar