√ Cara Menghilangkan Kode ?m=0 dan ?m=1 di URL Blogger - Gubuk Pintar
Cara Menghilangkan Kode ?m=0 dan ?m=1 di URL Blogger
Cara Menghilangkan Kode ?m=0 dan ?m=1 di URL Blogger

Cara Menghilangkan Kode ?m=0 dan ?m=1 di URL Blogger

Temukan cara meghilangkan kode ?m=0 dan ?m=1 di URL Blogger dalam artikel ini!

Cara Menghilangkan Kode ?m=0 dan ?m=1 di URL Blogger
Untuk kamu yang sedang mencari cara menghilangkan kode ?m=0 dan ?m=1 di URL Blogger, kamu membaca artikel yang TEPAT karena caranya dapat kamu temukan disini!

Gubuk Pintar yakin bahwa kamu ingin menghapus kode-kode ini karena menemukan beberapa permasalahan seperti masalah konten duplikat, tampilan yang tidak rapi ataupun hasil PageInsight.

Oleh karena itu, dalam artikel ini Gubuk Pintar juga akan berbagai analisis kondisi dari pengaruh kode-kode ini terhadap permasalahan-permasalah tersebut. Yuk, kita langsung ke bagian selanjutnya dari artikel ini!

 
 
 

Apa Itu Kode ?m=0 dan ?m=1 Pada URL Blogger?

Kode ?m=0 dan ?m=1 merupakan label ekstensi yang digunakan untuk menandakan bahwa situs diakses melalui perangkat mobile atau seluler yang di hosting pada server Google.

Kode ?m=0 menandakan bahwa blog atau situs sedang diakses menggunakan perangkat mobile dengan tampilan mobile. Disisi lain, kode ?m=1 menandakan bahwa blog atau situs sedang diakses menggunakan perangkat mobile tetapi melalui tampilan desktop.

Ada beberapa pro dan kontra terkait manfaat menhapus kode-kode ini dan pengaruhnya terhadap SEO. Kita akan membahas ini pada bagian selanjutnya dari artikel ini.
 

Cara Menghilangkan Kode ?m=0 dan ?m=1 di URL Blogger

Setelah mengetahui apa maksud kedua kode yang tampil pada URL Blogger ini, mari kita masuk ke cara menghilangkan kode ?m=0 dan ?m=1.

Kita akan menggunakan script untuk melakukannya, ikut langkah-langkah berikut ini ya.
  1. Buka dasbor Blogger
  2. Buka Edit HTML Tema dan cari tag </head> atau &lt;/head&gt;
  3. Letakkan kode script berikut ini di atas tag </head> atau &lt;/head&gt;

    <script type='text/javascript'>
    var uri = window.location.toString();
    if (uri.indexOf("&m=1","&m=0") > 0) {
    var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("&m=1"));
    window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
    }
    </script>

  4. Simpan Tema
Apabila terjadi error ketika menyimpan Tema, maka coba parse terlebih dahulu kode script tersebut dan pasang kembali. Kamu bisa menggunakan alat HTML parser Gubuk Pintar untuk melakukannya.
 
 
Cara lain yang dapat kamu lakukan yaitu dengan meletakkan kode script di atas pada widget HTML/JavaScript yang dapat kamu temukan pada tab Tata Letak pada dasbor Blogger.

Perlu dicatat bahwa cara ini hanya menghilangkan tetapi tidak menghapus kode-kode ini. Baik ?m=0 dan ?m=1 masih tetap terdeteksi oleh Google, hanya saja pengunjung tidak akan melihatnya lagi di kolom URL.
 
 

Manfaat Menghilangkan Kode ?m=0 dan ?m=1

Ada pun manfaat dari menghilangkan kode ?m=0 dan ?m=1 menurut Gubuk Pintar adalah tampilan URL yang lebih rapi dan terkesan profesional. Walaupun begitu, rasanya ini tidak akan begitu signifikan memberikan impresi kepada pengunjung blog mu.

Pernahkah kamu berpikir berapa banyak orang yang peduli dengan tautan URL situs blog kita? Menurut Gubuk Pintar tidak banyak.

Selain itu, ada kalangan yang menyebutkan bahwa menghapus kode ini bisa meningkatkan SEO blog karena menghilangkan potensi duplikat konten ataupun meningkatkan kecepatan loading halaman blog. Oleh karena itu, banyak yang mencoba melakukannya.
 
Namun sanggahan terhadap hal ini pun tak kalah banyak mecuat ke permukaan. Apakah benar ini berpengaruh terhadap SEO?
 

Dampak Menghilangkan Kode ?m=0 dan ?m=1 Terhadap SEO

Bila melihat efeknya pada hasil perayapan di Google Search Console (GSC), baik kode ?m=0 maupun ?m=1 memang sama-sama menyebabkan konten duplikat. Contohnya ditunjukkan pada gambar berikut ini,
 
Cara Menghilangkan Kode ?m=0 dan ?m=1 di URL Blogger Untuk Mengatasi Duplikat Konten
Notifikasi Duplikat Konten di Google Search Console dari Gubuk Pintar
Pada gambar tersebut, ada setidaknya 95 halaman Gubuk Pintar yang dinilai sebagai "Duplikat, Google memilih versi kanonis yang berbeda dengan pengguna". Apa maksudnya?

Merujuk pada penjelasan Google, halaman-halaman tersebut sejatinya telah terindeks dalam bentuk URL yang berbeda, yaitu yang tanpa tambahan kode-kode tersebut (kanonis). 

Karena telah mengetahuinya, robot crawl Google tidak mengindeks halaman yang menggunakan kode ?m=0 dan ?m=1 dan mengklasifikasikannya sebagai konten duplikat dari kanonis.

Sederhananya, tanpa perlu memikirkan cara menghapus kode ?m=0 dan ?m=1 di URL Blogger ini pun Google telah 'menyingkirkannya' secara mandiri dan mengindeks halaman kanonis dari artikel tersebut (yang tanpa kode-kode ini).

Oleh karena itu, notifikasi duplikat konten yang muncul di GSC dan webmaster lainnya belum tentu menandakan sebuah masalah selama URL kanonis dari artikel tersebut tetap terindeks oleh mesin pencari.

Bagaimana dengan kode ?m=1 atau ?m=0 menyebabkan hasil PageSpeed Insight menampilkan notifikasi "Kurangi waktu respons server awal"?
 
Cara Menghilangkan Kode ?m=0 dan ?m=1 di URL Blogger Untuk Memperbaiki PageSpeed Insight
Hasil PageSpeed Insight Gubuk Pintar Memunculkan Peringatan "Kurang waktu respons server"
Perlu dipahami bahwa Blogger merupakan platform yang menggunakan server Google sebagai host nya sehingga seluruh permintaan data akan dikirimkan ke sana. Karena satu dan lain hal, lalu lintas data ini tidak bisa secepat ketika kamu menyewa atau memiliki server mandiri.
 
Oleh karena itu, setiap pengguna Blogger pasti mengalami hal yang sama dan bukan disebabkan oleh adanya kode ?m=1 ataupun ?m=0. Sebagai bukti, coba saja kamu pindahkan hasil PageSpeed Insight nya ke bagian desktop. Kamu juga akan menemukan notifikasi yang sama disana.
 
Selain itu, kamu juga bisa cek blog lain yang menggunakan server mandiri. Mereka umumnya tidak mengalami hal ini.
 
Berdasarkan analisis kondisi yang telah Gubuk Pintar jabarkan diatas, menghapus kode ?m=0 dan ?m=1 cenderung tidak memiliki pengaruh terhadap SEO saat ini. 
 

Penutup

Seperti itulah cara menghilangkan kode ?m=0 dan ?m=1 di URL Blogger dan pertimbangan untuk mu sebelum melakukannya. Semoga artikel ini membantu mu ya!

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Cara Menghilangkan Kode ?m=0 dan ?m=1 di URL Blogger, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar