√ Cara Membuat Tanda Centang di Judul Artikel Blog - Gubuk Pintar
Cara Membuat Tanda Centang di Judul Artikel Blog
Cara Membuat Tanda Centang di Judul Artikel Blog

Cara Membuat Tanda Centang di Judul Artikel Blog

Temukan berbagai cara membuat tanda centang di judul artikel blog dalam artikel ini!

Cara Membuat Tanda Centang di Judul Artikel Blog
Membuat tanda centang di judul artikel Blog nampaknya masih menjadi sebuah tren sekarang ini. Hampir setiap mencari referensi dalam menulis artikel, Gubuk Pintar menemui blog yang menggunakan tanda centang di judul artikelnya.

Namun sebelum membuatnya, apakah kamu sudah tahu apa keuntungan yang diperoleh dari penggunaan simbol ini? atau malah justru ini akan menimbulkan kerugian?

Cara membuat tanda centang di judul artikel blog beserta manfaatnya inilah yang akan Gubuk Pintar bahas dalam artikel kali ini. Untuk itu, mari kita lanjut ke bagian selanjutnya!




Cara Membuat Tanda Centang di Judul Artikel Blog

Sejatinya apapun platform yang kamu gunakan untuk menulis blog, kamu bisa secara manual menambahkan tanda centang () atau check mark / tick mark di judul artikel blog mu dengan cara copy-paste simbol tersebut ke kolom judul.

Namun kendala yang kamu harus hadapi menggunakan cara tersebut adalah kamu harus memiliki tanda tersebut setiap waktu ketika akan membuat judul artikel. Cukup kurang praktis memang.

Khusus untuk Blogger, mungkin bisa lebih mudah ketika ingin menggunakan cara manual seperti ini. Kamu bisa memanfaatkan fitur Sisipkan Karakter Khusus yang ada di dasbor penulisan artikel Blogger. Cara menggunakannya seperti berikut ini,
  1. Buka dasbor penulisan artikel Blogger

  2. Pilih Sisipkan Karakter Khusus

    Cara Membuat Tanda Centang di Judul Artikel Blogger dengan Sisipkan Karakter Khusus

  3. Gambar tanda centang

    Cara Membuat Tanda Centang di Judul Artikel Blogger dengan Sisipkan Karakter Khusus

  4. Pilih opsi tanda centang yang muncul

  5. Copy tanda centang () ke kolom judul
Walaupun kurang praktis, kelebihan menggunakan cara manual seperti ini adalah kamu bisa memilih artikel tertentu saja yang kamu rasa butuh dibubuhkan tanda centang. 
 
 

Cara Menambahkan Tanda Centang di Judul Artikel Blogger Secara Otomatis

Bagi kamu pengguna platform Blogger, ada cara tersendiri untuk menambahkan tanda centang di judul artikel blog secara otomatis.

Cara ini dilakukan dengan memodifikasi tag Title sehingga secara default akan memunculkan tanda centang sebelum huruf pertama judul pada setiap artikel yang ditayangkan.

Ikuti langkah berikut ini untuk melakukannya,
  1. Masuk ke Edit Tema HTML Blogger

  2. Cari kode <data:blog.pageName/> yang terletak antara tag <title> dan </title>

  3. Tambahkan kode  &#8730; di depan <data:blog.pageName/> tetapi tetap di dalam tag <title> dan </title> seperti contoh berikut ini,

    Cara Membuat Tanda Centang di Judul Artikel Blogger Secara Otomatis

  4. Simpan Tema
Kode &#8730; sendiri merupakan numerik dari tanda yang dituliskan dalam HTML.
 
Setelah kamu menerapkan langkah ini, seluruh artikel blog mu akan secara otomatis menampilkan tanda centang di depan huruf pertama judul.
 
Kelebihan menggunakan cara ini adalah penerapannya yang jauh lebih praktis dibanding menambahkannya secara manual tetapi kamu tidak bisa memilih peletakkan tanda centang pada halaman tertentu lagi setelah menggunakan cara ini.

Cara Membuat Tanda Centang di Judul Artikel Wordpress

Khusus untuk pengguna Wordpress self-hosted, kamu dapat membuat tanda centang di judul artikel mu dengan menggunakan bantuan plugin Yoast SEO.
 
Langkah-langkah melakukannya seperti berikut ini,
  1. Masuk ke dasbor Wordpress

  2. Masuk ke menu Yoast dan pilih Search Appearance

  3. Pilih tab Content Types

  4. Cari opsi SEO Title

  5. Salin tanda centang () dan letakkan sebelum Title

    cara membuat tanda centang di judul artikel Wordpress

  6. Simpan
 

Manfaat Tanda Centang di Judul Artikel Blog

Sejatinya tidak ada fakta dapat mengungkap bahwa penggunaan tanda ini dapat memberikan manfaat nyata kepada tingkat SEO ataupun keterbacaan artikel.

Hanya saja memang muncul beberapa opini yang berseberangan terhadap penggunannya, dimana ada yang pro dan kontra. Namun yang pasti hingga saat ini belum ada tanda-tanda mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex, dll yang menyebutkan tanda centang sebagai bagian dari optimisasinya.

Tanda centang sendiri secara umum diartikan sebagai pertanda dari sebuah verifikiasi, persetujuan, benar ataupun meng-iya-kan sesuatu.

Bagi pihak yang pro terhadap penggunaan tanda ini menyebutkan bahwa tanda centang dapat meningkatkan daya tarik artikel sehingga di mata pembaca sehingga memicu beberapa manfaat seperti,
  • Meningkatkan CTR (Click-Through Rate), keunikan yang ditawarkan oleh tanda ini dipercaya mampu membuat pembaca menjadi lebih tertarik untuk mencoba melihat apa isinya. Bagi orang awam, mereka bisa saja mempercayai bahwa tanda tersebut muncul karena situsnya terverifikasi sehingga membuka halaman tersebut.

  • Meningkatkan Pengunjung, ketika konversi klik menjadi tinggi, maka otomatis pengunjung blog mu juga akan meningkatkan.

  • Konversi Iklan Meningkat, efek domino kembali berlanjut. Setelah situs mu kebanjiran pengunjung maka potensi klik iklan ataupun affiliate mu menjadi lebih besar. Oleh karena itu, penghasilan lebih besar pun sudah menunggu mu.
Sebaliknya, bagi pihak yang kontra menilai bahwa penggunaan tanda centang cenderung kurang menarik secara visual. 


John Mueller, salah satu Senior Webmaster Trends Analyst Google, menilai penambahan simbol ini dijudul sebuah artikel membuat judul tidak nyaman untuk dibaca karena cenderung bersifat spam.

Selain itu, kamu harus tahu bahwa jumlah karakter maksimal dari yang dapat ditampilkan dalam halaman pencarian Google adalah 55 karakter. Penambahan tanda centang ini sudah memakan 2 spasi lebih banyak sehingga kamu hanya menyisakan 53 karakter saja (termasuk spasi).

Judul yang tidak terbaca tentu menyebabkan informasi yang ditampilkan pada tag Title tidak sepenuhnya diperoleh oleh pembaca sehingga dapat menyebabkan mereka menjadi tidak tertarik untuk membuka artikel tersebut.

Penutup

Seperti itulah cara membuat tanda centang di judul artikel blog, baik Blogger maupun Wordpress. Selain itu, kamu sudah bisa menimbang kelebihan dan kekurangannya juga kan sebelum mengambil keputusan. Semoga artikel ini bisa membantu mu ya!

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Cara Membuat Tanda Centang di Judul Artikel Blog, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar