Cara Melihat Trending Topic Twitter - Gubuk Pintar
Cara Melihat Trending Topic Twitter
Cara Melihat Trending Topic Twitter

Cara Melihat Trending Topic Twitter

Ingin tahu cara melihat trending Twitter saat ini? Yuk, temukan berbagai cara melihat trending topic Twitter dalam artikel ini sekarang juga!

Cara Melihat Trending Twitter

Cara melihat trending Twitter bukanlah suatu hal yang sulit. Adapun kebingungan yang kerap kali dirasakan pengguna yang masih asing dengan fitur ini adalah mereka 'tersandera' dengan trending lokal nya saja.

Padahal kamu nyatanya bisa melihat topik-topik yang sedang hanya diperbincangkan di Twitter dari berbagai lokasi berbeda dengan mengganti lokasi. Inilah yang akan Gubuk Pintar bagikan dalam artikel kali ini.

Kalau kamu ingin tahu, yuk lanjutkan membacanya!

Daftar Isi





Cara Twitter Menentukan Trending

Twitter memiliki algoritma tersendiri yang mencatat setiap perilaku pengguna, salah satunya apa yang mereka cuitkan.

Algoritma Twitter mendata setiap kata yang dituliskan oleh penggunanya dan coba memetakan cuitan tersebut ke suatu topik bahasan tertentu. Semakin banyak kata dan topik tertentu dicuitkan, maka semakin besar potensinya muncul di daftar trending Twitter.

Melansir dari halaman bantuan Twitter, jumlah cuitan yang terkait dengan tren tertentu yang selama ini dipercaya sebagai faktor utama penentu tren, nyatanya hanya salah satu faktor dari sekian faktor lain yang tidak dijelaskan secara detail oleh Twitter.


Cara Melihat Trending Twitter Indonesia

Secara mendasar, Twitter menggunakan GPS untuk menentukan lokasi akses dari penggunanya dan akan menampilkan tren berdasarkan lokasi tersebut. Jadi, kalau kamu berada di Indonesia saat ini maka kamu hanya perlu mengikuti langkah berikut untuk melihat trending saat ini:

  1. Buka Twitter, baik melalui aplikasi ataupun situs web

  2. Masuk menggunakan akun Twitter mu

  3. Kalau kamu mengakses Twitter melalui situs web, maka topik yang sedang menjadi tren di Indonesia saat ini akan muncul dibagian kanan layar mu. Namun untuk yang mengakses melalui aplikasi, silahkan tekan tombol Jelajah 🔎

    Cara Melihat Trending Twitter Indonesia

  4. Tab Trends for you akan menunjukkan pada mu topik-topik yang sedang trending saat ini

Namun apabila saat ini kamu sedang tidak berada di Indonesia, maka cara melihat trending Twitter Indonesia dapat kamu temukan pada langkah selanjutnya.


Cara Melihat Trending Twitter Negara Lain

Kalau kamu ingin 'mengintip' trending topic Twitter di negara lain, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Twitter, baik melalui aplikasi ataupun situs web

  2. Masuk menggunakan akun Twitter mu

  3. Pada Twitter web, klik ikon pada tab Trends for you. Untuk kamu yang menggunakan aplikasi Twitter, maka tekan tombol Jelajah 🔎 lalu tekan ikon di pojok kanan atas

    Cara Melihat Trending Twitter Negara Lain

  4. Selanjutnya, hilangkan centang pada Show content in this location

  5. Tekan Explore location dan pilih negara yang kamu inginkan

    Cara Melihat Trending Twitter Negara Lain

  6. Trending Twitter akan otomatis terganti sesuai dengan lokasi yang kamu pilih

Apabila kamu tidak menemukan negera tertentu dalam daftar tersebut, maka itu tandanya Twitter tidak memiliki cukup data untuk menampilkan trending di negara tersebut.


Kenapa Twitter Tidak Bisa Melihat Trending Worldwide?

Sebelumnya ada cara mengubah trending Twitter menjadi worldwide tetapi Februari 2020 lalu, Twitter secara resmi menghilangkan fitur ini.

Twitter memilih untuk lebih fokus menampilkan topik-topik yang sedang hanya diperbincangkan pada suatu lokasi tertentu saat ini dan kedepannya.


Penutup

Demikian penjelasan dari cara melihat trending Twitter yang bisa langsung kamu praktekan sekarang juga. Harapannya kini kamu sudah lebih paham cara penggunaan fitur ini dan bisa memanfaatkannya. Semoga artikel ini bermanfaat!

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Cara Melihat Trending Topic Twitter, silahkan tulis di kolom komentar ya. 

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terima kasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar