Tips Memilih Cooling Pad Pada Laptop Dan Manfaatnya
Tips Memilih Cooling Pad Pada Laptop Dan Manfaatnya

Tips Memilih Cooling Pad Pada Laptop Dan Manfaatnya

cooling pad; kipas laptop; kipas eksternal laptop; tips membeli cooling pad; tips memilih cooling pad; kelebihan menggunakan cooling pad; kekurangan memilih cooling pad;

ShareKu - Penggunaan laptop tidak jarang membuat laptop kita menjadi panas. Apalagi jika digunakan untuk membuka aplikasi yang membuat pekerjaan laptop menjadi berat. Panas yang dihasilkan kadang sangat tinggi dan apabila terus didiamkan bukan berarti tidak memiliki efek samping. Hal paling mudah dirasakan adalah menurunnya kecepatan laptop dan apabila tetap tidak dihiraukan, komponen laptop pun bisa menjadi korbannya.

Salah satu cara untuk mendinginkan panas yang dihasilkan laptop adalah dengan memasang kipas eksternal/cooling pad agar membantu meredakan panas laptop. Namun, masih banyak pula yang bertanya apakah ini benar membantu apa tidak? Bagaimana cara memilih cooling pad yang tepat? Maka dari itu saya ingin berbagi beberapa tipsnya!

Sebelum itu kita harus mengetahui dulu apakah kelebihan dan kekurangan agar bisa mempertimbangkan apakah hal ini benar dibutuhkan atau tidak

Kelebihan:
- Mampu mendingkan laptop
- Membuat komponen laptop lebih awet (tidak overheat yang menyebabkan komponen laptop rusak) 
 
Kekurangan:
- Mengambil daya dari baterai laptop 
- Menggunakan 1 slot colokan USB sehingga membuat colokan USB berkurang 
- Tidak praktis apabila harus dibawa kemana-mana

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, bagi anda yang mau membeli cooling pad harap perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Pastikan arah ventilasi laptop (buangan panas)
Apabila dikanan atau kiri menggunakan cooling pad mungkin bukan pilihan buruk namun apabila buangan dibawah tentu saja menggunakan cooling pad adalah hal yan percuma.

2. Ukuran laptop
Pastikan ukuran laptop dan cooling pad cocok. Apabila cooling pad lebih besar dari laptop mungkin tidak akan jadi masalah, namun kalau lebih kecil? Ya ini masalah.

3. Bahan pembuatan cooling pad
Lebih baik memilih cooling pad dengan bahan besi, dibanding cooling pad dengan bahan plastik. Kenapa? Karena bahan logam mampu menyerap panas dan juga lebih tahan terhadap panas dibanding dengan bahan plastik.

4, Suara yang dihasilkan cooling pad
Hal ini juga perlu diperhatikan meski tidak berdampak langsung pada laptop. Namun, tentu saja ketika kita sedang menggunakan laptop, kita ingin situasi yang kondusifkan daripada berisik, apalagi suara berisik itu keluar dari salah satu penunjang laptop kita.

5. Daerah panas laptop
Hal ini juga patut dipertimbangkan. Apabila panasnya ada ditengah maka usahakan cooling pad kita memiliki fokus untuk mendingkan bagian tengah. 

***




Kalau rekomendasi saya, usahakan untuk membeli cooling pad yang memiliki 3 kipas karena yang model seperti ini lebih mampu mendinginkan area yang lebih luas.
Baca Juga : 4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengganti RAM Komputer/Laptop Kita
Semoga membantu and choose it wisely!!

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"