Inilah Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Windows 10
Inilah Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Windows 10

Inilah Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Windows 10

windows 10; windows; upgrade windows 10; alasan menggunakan windows 10; kelebihan windows 10; kekurangan windows 10; mengapa harus windows 10;



ShareKu - Sudah hampir setahun Windows 10 dirilis ke pasar, namun sistem operasi terbaru milik windows ini, masih menyimpan banyak pertanyaan dari para pengguna windows. Salah satu pertanyaan terbesarnya adalah “Apakah saya harus upgrade ke Windows 10?”


Harus diakui sulit menemukan jawaban yang pas untuk hal itu.

Windows 10 dirancang jauh berbeda dari windows versi sebelumnya. Inilah yang menjadi kesulitan untuk menjawab pertanyaan tersebut.


Dari segi tampilan, banyak yang mengatakan windows ini sangat menarik karna menyuguhkan inovasi baru walau tak jarang juga yang mengeluh karna sulit mengerti atau belum move on dari windows versi sebelumnya. 


Tak jarang juga orang mengatakan bahwa windows ini sebenarnya ditujukan pada para expert windows karna banyaknya hal baru yang hanya dimengerti oleh mereka.

Burukkah? Tidak juga.


Tidaklah sulit sebenarnya untuk mengerti windows terbaru ini. Mungkin jika kita melihat diri kita seorang pemula, maka tulisan diatas akan langsung membuat kita menolak upgrade ke windows 10 padahal apakah salahnya kita mengetahui lebih lanjut tentang windows 10 ini terlebih dahulu sebelum menarik kesimpulan?



Minimal Spesifikasi Windows 10 
(source: Microsoft.com)

Processor
1 gigahertz (GHz) or faster processor or SoC
RAM
1 gigabyte (GB) for 32-bit or 2 GB for 64-bit
Harddisk
16 GB for 32-bit OS 20 GB for 64-bit OS
Grapichs Card
DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver
Display
800x600





Kelebihan

1. Snap Enhancement
Snap Enchancement merupakan fitur yang baru ada Windows 10, dimana fitur ini memungkinkan kita meng-handle beberapa aplikasi disaat bersamaan dalam satu layar. Sangat berguna bagi para pengguna yang butuh multitasking tanpa  ingin sulit buka bolak-balik aplikasi satu dan lainnya.


2. Satu OS untuk semua device
Windows 10 tidak hanya dirilis di PC saja tetapi juga dibeberapa gadget yang dapat saling terhubung nantinya.

3. Cortana
Ini merupakan salah satu fitur yang sangat ikonik dari windows 10, dimana fitur ini memungkinkan windows 10 menjadi “asisten” pribadi kita. Pengen tahu? Ini dia penjelasan Cortona.
4. Gaming lebih optimal
Selain memunculkan Xbox App, Windows 10 juga menghadirkan fitur yang ‘wow’ lain pada para gamer yaitu, DirectX 12. Dengan DirectX 12, game yang kita mainkan akan mampu dijalankan dengan frame-rate lebih tinggi.

5. Masih gratis
Lisensi Windows 10 masih gratis hingga nanti 1 tahun diluncurkannya pada tanggal 15 Juli 2016. Jadi para pengguna Windows 7, 8 & 8.1 tidak perlu pusing untuk membeli lisensi resminya karna akan langsung didapatkan setelah upgrade.
 








Kekurangan


1. Auto Windows Update

Hal ini bisa menjadi kekurangan dan juga kelebihan karna dengan mengupdate Windows maka kita akan mendapatkan fitur yang lebih optimal, hal itu merupakan kelebihannya. Kekurangannya? Update Windows tentu memakan kuota yang besar, jadi untuk kita yang memiliki kuota terbatas, apa bukan masalah namanya?


2. Banyak software yang belum support

Mungkin akan ada software/aplikasi bawaan kita dari Windows sebelumnya yang akan tiba-tiba hilang setelah upgrade Windows 10, hal itu karna software tersebut tidak support dengan Windows 10.


3. Ada kemungkinan masih banyak perubahan

Dengan masih banyaknya fitur yang belum optimal, tidak memungkinkan bahwa Windows 10 masih akan banyak mengalami perubahan.




***




Sudah mengetahui spesifikasi, kelebihan & kekurangannya kan? Sekarang apabila ada yang berminat untuk upgrade ke windows 10, coba ketahui beberapa hal berikut:

Spesifikasi Komputer

Pastikan bahwa spesifikasi computer kita harus memenuhi apabila ingin menggunakan Windows 10 dengan nyaman.


Driver

Pastikan driver computer saat ini sudah support Windows 10 agar penggunaan Windows kita nanti tidak mengalami gangguan. Apabila belum cobalah download versi terbaru yang sudah support Windows 10. 

Backup Data
Backuplah data terlebih dahulu sebelum upgrade agar terhindar dari kehilangan file-file penting.

Edisi Windows
Kita akan mendapat edisi Windows 10 yang berbeda sesuai dengan Windows yang kita gunakan sebelumnya.



Windows Sebelum
Windows 10
Windows 7 Starter / Home Basic / Home Premium / Windows 8.1 ***
Windows 10 Home
Windows 7 Pro / Ultimate / Windows 8.1 Pro / Pro for Students
Windows 10 Pro
Windows Phone 8.1 ***
Windows 10 Mobile



·       ***


Seperti itulah kurang lebih penjelasan mengenai Windows 10 yang dapat saya berikan. Masih banyak sekali sebenarnya yang belum terulas karna apabila semua dijabarkan tidak akan cukup dalam postingan ini (ini saja sudah kepanjangan sob). Untuk yang ingin menambahkan atau ingin bertanya silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"