Cara Aman Akses Deep Web Dan Darknet
Cara Aman Akses Deep Web Dan Darknet

Cara Aman Akses Deep Web Dan Darknet

cara akses deep web atau dark net; cara akses deep web pc; cara akses deep web dengan aman; cara akses deep web; cara akses deep web aman; cara mengakses deep web dengan aman; cara mengakses deep web bagian terdalam dari internet; bagaimana cara akses deep web; cara akses ke deep web; cara mudah akses deep web; cara mengakses deep web; cara akses situs deep web; Cara Aman Akses Deep Web Dan Darknet;

sumber: deepweb-site.com

ShareKu - Berbeda dengan situs world wide web (www) pada umumnya, situs yang berada dalam lingkupan Deep Web dan Darknnet memiliki cara tersendiri agar dapat mengaksesnya. 

Situs-situs di dalam Deep Web dan Darknet pun akan sangat dirasa 'aneh' bagi orang yang awam dalam mengaksesnya karena alamat situsnya yang sangat berbeda pada umumnya, dimana alamat suatu situs pada umumnya hanya paduan antara huruf dan angka yang biasanya di dominasi oleh huruf tetapi pada Deep Web dan Darknet, alamat suatu situs akan sangat di dominasi oleh angka sehingga membuat alamat suatu situs akan sulit untuk di hafalkan.
Baca juga : Mengetahui Lebih Dalam Tentang Deep Web Dan Darknet
Domain yang digunakan pada Deep Web dan Darknet pun berbeda. Bila pada umumnya, kita mengenal suatu situs rata-rata akan berdomain .com, .net, .co.id, dsb. tetapi sayangnya ketika kita mengakses Deep Web dan Darknet kita tidak akan menemukan domain-domain seperti itu melainkan domain .union yang merupakan sebuah top level domain yang di buat khusus untuk digunakan secara anonim di Deep Web dan Darknet melalui Tor Browser.

Mengakses Deep Web dan Darknet bila di lihat dari segi keamanan, sangat memiliki potensi ancaman yang berbahaya bagi pengaksesnya karena menurut kabar-kabar yang beredar, Deep Web dan Darknet merupakan tempat 'bersemayam' nya para hacker-hacker yang siap untuk melancarkan serangannya bila ada pengakses Deep Web dan Darknet yang tidak waspada. Hal yang menjadi incaran para hacker biasanya adalah data-data pribadi yang terdapat pada komputer sang pengakses. Persebaran virus komputer pada Deep Web dan Darknet pun sangat banyak jadi untuk mengaksesnya perlu tingkat kewaspadaan tinggi. Selain itu dikabarkan FBI pun terus memantau para pengakses Deep Web dan Darknet sehingga bila terdapat aktifitas-aktifitas yang mencurigakan bukan tak mungkin FBI akan melakukan tindakan.
ilustrasi FBI (sumber: theadvocate.com)

Setelah mengetahui dampak dari mengakses Deep Web dan Darknet maka saatnya kita mengetahui cara untuk mengaksesnya secara "aman". Aman dalam hal ini bukanlah sebuah kepastian yang mutlak dimana kita tidak akan merasakan dampak tetapi hanya merupakan cara terbaik agar terhindar dari bahaya yang terdapat di Deep Web dan Darknet. Jadi jangan langsung berpikir kita akan sudah pasti terhindar dari bahayanya karena tentu saja kita tetap harus berhati-hati.

1. Tor Browser
Tor Browser merupakan pintu gerbang untuk masuk ke Deep Web dan Darknet. Tor pun memiliki fitur yang mampu menyebarkan jaringannya sendiri dimana tujuannya adalah melindungi informasi kita dengan menggunakan enkripsi AES 128-bit. Artinya, Tor akan mengambil alamat IP yang diberikan kepada kita oleh provider internet yang lalu dialihkan secara acak dan anonim. Tor juga satu-satunya browser yang dapat mengakses ektensi .onion, yang mana hampir semua konten di dalam Deep Web dan Darknet menggunakan ekstensi tersebut.

2. VPN
Gunakan VPN untuk mendapatkan keamanan yang lebih. Gunakan VPN yang merubah IP dalam jangka waktu yang singkat. Hal ini diperlukan agar kita tetap terjaga dan terhindar dari orang-orang yang mencoba melacak keberadaan kita.

3. Hapus History dan Cache Browsing
Langsung hapus history dan cache pasca berselancar di Deep Web dan Darknet karena ini bisa saja data-data kita dicuri dengan memanfaatkannya.

4. Jangan Isi Form Dalam Bentuk Apapun
Jangan pernah mengisi form dalam bentuk apapun, apalagi mencantumkan identitas pribadi kita karena para hacker yang berada disana dapat dengan mudah mendapatkannya.

5. OS Tails
Perlu diperhatikan bahwa sistem keamanan OS Windows tidaklah cukup baik. Meskipun opsional, OS Tails bisa menjadi pilihan ketika kita ingin mengakses Deep Web dan Darknet karena sistem keamanannya yang lebih canggih. OS Tails pun gratis sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk menggunakannya.

6. Tutup Webcam
Janganlah mengaktifkan webcam ketika mengakses Deep Web dan Darknet karena bisa saja wajah kita di dapatkan oleh para hacker yang berhasil meretas komputer kita. Hal ini bisa saja merugikan kita apabila sang hacker menggunakannya secara tidak bertanggung jawab.

7. Hindari Transaksi
Janganlah melakukan transaksi ketika mengakses Deep Web dan Darknet karena jual-beli disana tentu sangat tidak aman bagi para konsumen karena semuanya menjelajah sebagai seorang anonim sehingga identitas penjual tentu saja tidak diketahui. Oleh karenanya, tingkat penipuan sangat tinggi. Namun hal yang harus paling diperhatikan adalah barang atau jasa yang dijual disana berkategori illegal sehingga bisa saja membawa kita berhadapan langsung dengan para penegak hukum.

***

Sekali lagi saya ingatkan bahwa ketujuh cara diatas hanya cara untuk meminimalisir resiko yang dapat terjadi sehingga tidak sepenuhnya resiko itu menghilang. Deep Web dan Darknet sangat 'liar' dan cara diatas sudah menjadi cara yang sangat konvensional untuk mengakses Deep Web dan Darknet sehingga para hacker pun pasti sudah mengerti terkait hal ini. Oleh karena itu, bisa saja mereka sudah memiliki cara sendiri untuk 'menyerang' kita meski telah mengimplementasikan ketujuh cara diatas. Maka dari itu sekali lagi saya ingatkan, BERHATI-HATI LAH!

Apabila memiliki pertanyaan terkait artikel Cara Aman Akses Deep Web Dan Darknet, silahkan tulis di kolom komentar ya. 
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"