7 Tips Jitu Hemat Kuota Internet
7 Tips Jitu Hemat Kuota Internet

7 Tips Jitu Hemat Kuota Internet

tips hemat kuota; cara hemat kuota; trik hemat kuota; cara jitu hemat kuota; kuota data;

Sumber: opencloudict.it
ShareKu - Bukan lagi hal baru, dijaman sekarang ini salah satu kebutuhan utama manusia tidak lagi sandang, pangan dan papan seperti dulu tetapi telah tersisip kuota di salah satu antaranya. 

Kuota data merupakan penghubung antara manusia dengan internet pada masa kini apabila sinyal WIFI tidak tersedia. Oleh karena itu, banyak orang berlomba-lomba mencari kuota data yang murah tetapi memiliki limit besar.

Ketika telah memiliki limit kuota data yang besar, manusia jaman sekarang akan menjadi sangat selektif dan hemat dalam penggunaannya agar kouta data terus ada. Banyak orang akhirnya kebingungan tentang bagaimana caranya mewujudkan hal itu karena banyak dari mereka sering 'terlena' untuk terus-terusan berselancar di dunia internet. 

Faktanya, meski sedang tidak dalam kondisi aktif menggunakan internet, kuota data kita tetap dapat terserap oleh aplikasi-aplikasi yang terdapat di smartphone kita. Sangat merugikan bukan?

Untuk menghindari hal tersebut, sesuai judulnya '7 Tips Jitu Hemat Kuota Internet', artikel kali ini akan memberikan solusi yang dapat menjawab hal tersebut sekaligus tips-tips keren lainnya untuk menghemat kuota.

1. Aktifkan Data Saver Pada Browser Chrome

Sumber: solusiana.com

Google Chrome merupakan salah satu browser yang paling populer saat ini. Browser milik perusahaan teknologi Google ini, memiliki salah satu fitur canggih penghemat daya yang praktis dan bisa diaktifkan dengan mudah, fitur ini bernama Data Saver.

Cara mengaktifkannya cukup hanya dengan membuka Google Chrome dan pergi ke menu Setting lalu pilih Data Saver. Setelah fitur ini aktif, maka akan dilakukan kompresi terhadap ukuran gambar yang dibuka oleh Google Chrome sehingga paket data yang digunakan akan lebih sedikit dan browsing akan lebih cepat. 

2. Kurangi Kualitas Streaming

 Sumber: hgunified.com

Layanan streaming musik dan video macam Spotify dan Netflix memang asyik, tapi bisa menyedot kuota dengan dahsyat kalau tak hati-hati dipakai.

Supaya tak boros data, ada baiknya mengurangi kualitas streaming sehingga ukuran file musik atau video tidak berlalu bongsor. Media sosial seperti Snapchat turut menawarkan fungsi penghematan data bernama Travel Mode yang bisa diakses melalui menu settings.
Saat Travel Mode diaktifkan, Snapchat tidak akan mengunduh konten seperti Stories di background apabila perangkat sedang terhubung ke jaringan seluler.

3. Matikan Sinkonisasi Yang Tidak Diperlukan

 Sumber: play.google.com

Google menyediakan aneka macam layanan yang tersinkronisasi secara otomatis dengan ponsel Android pengguna begitu melakukan login ke akun Google.
Tak semua layanan ini dipakai oleh pengguna. Karena itu, opsi sinkronisasi untuk layanan yang tidak digunakan sebaiknya dimatikan saja.

Memang, aktivitas sinkronisasi ini tak memakan terlalu banyak data. Namun, mematikan sync layanan yang tidak dipakai bisa membantu menghemat pemakaian kuota secara keseluruhan.

Opsi mematikan sinkronisasi untuk fitur yang tidak dipakai juga bisa diterapkan ke akun-akun lain di luar Google.

4. Restrict Background Data

 Sumber: androidvipclub.com

Ponsel Android memiliki fitur untuk membatasi pemakaian background oleh aplikasi, yakni Restrict Background Data yang terletak dalam menu Settings > Data Usage.
Saat Restrict Background Data diaktifkan, kebanyakan aplikasi hanya akan memakai koneksi data ketika pengguna sedang memakai ponsel (perangkat tidak sedang di-lock) dan terhubung ke Wi-Fi.

Dalam menu yang sama, pengguna juga bisa melihat grafik berisi pemakaian data seluler dalam periode waktu tertentu yang bisa diubah rentangnya,
Ada juga informasi konsumsi data oleh masing-masing aplilkasi yang terpasang di ponsel.

5. Update Aplikasi Playstore Hanya Jika Terhubung Ke WiFi



 Sumber: news.softpedia

Jika kamu menggunakan aplikasi dari Google Play Store, maka HP kamu akan meng-update secara otomatis aplikasi yang terinstal di situ. Update yang ditawarkan aplikasi terkadang memakan kuota yang sangat besar, hal ini tentu saja akan membuat boros kuota. Untuk menangani hal ini, kamu bisa aktifkan opsi Wifi only. Aplikasi akan meng-update datanya hanya pada saat HP kamu terkoneksi dengan WiFi. Untuk mengaktifkannya kamu bisa masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only
 
6. Download Menggunakan WiFi


Sumber: mddnmr.com

Hal yang terkadang di abaikan oleh banyak orang adalah ketika mereka sedang dalam posisi 'ngebet' akan suatu hal yang akhirnya memaksakan segala cara untuk dapat mencapainya. Cara seperti itulah yang harus kita hindari bila dikaitkan dengan kuota karena apabila ketika kita memaksakan untuk tetap mendownload hal-hal yang sebenarnya masih bisa ditunda hingga mendapat sinyal WiFi, tentu saja niat kita untuk menghemat kuota hanya menjadi niat belaka. 
 
7. Aktifkan Airplane Mode Ketika Tidak Menggunakan Smartphone

Sumber: techradar.com

Cara yang termudah untuk menghemat kuota lainnya adalah dengan menggunakan fitur Airplane Mode. Fitur ini sendiri didesain untuk mematikan seluruh akses komunikasi pada smartphone bila kita sedang berada dalam pesawat demi keamanan traveling.

Terlepas dari itu, fitur ini tentu saja akan membantu menghemat kuota kita karena seluruh sinyal akan dimatikan sehingga tidak ada satu pun aplikasi yang dapat terhubung ke internet.

Itulah 7 Tips Jitu Hemat Kuota Internet, semoga setelah membaca artikel ini kuota kita dapat menjadi lebih hemat ya.

Baca juga : Li-Fi, Teknologi Terbaru Yang Lebih Cepat Dari WiFi

Apabila anda memiliki pertanyaan terkait artikel 7 Tips Jitu Hemat Kuota Internet, silahkan tulis dikolom komentar ya. 
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"