Android Oreo: Mengulas Lebih Dalam Generasi OS Android Terbaru
Android Oreo: Mengulas Lebih Dalam Generasi OS Android Terbaru

Android Oreo: Mengulas Lebih Dalam Generasi OS Android Terbaru

android; oreo; android oreo; kelebihan android oreo; fitur android oreo; perbedaan android oreo dan nougat

sumber: groovypost
ShareKu - Setelah sukses dengan versi sebelumnya yaitu Nougat, Android telah resmi merilis Operating System versi terbarunya yaitu Android Oreo

Merupakan versi kedelapan dari OS Android Mobile, Android Oreo dirilis ke publik pada tanggal 21 Agustus 2017. Menariknya, penamaan Android Oreo memiliki hubungan dengan Google yang meluncurkan sebuah patung pembaruan bertema pencuci mulut di 14th Street Park di Manhattan, dekat dengan pabrik Nabisco asli yang menciptakan Oreo pertama. 

layar utama android oreo (sumber: wikipedia)

Oreo vs Nougat
Bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu Nougat, Oreo memiliki beberapa kelebihan yaitu:

1. Baterai Tidak Cepat Habis

sumber: confused

Android Oreo menerapkan batasan untuk mengakses aplikasi di waktu yang sama. Hal kecil ini dapat memberikan perubahan besar bagi ketahanan baterai sehingga baterai smartphone yang memiliki OS Android Oreo didalamnya akan jauh lebih hemat.

2. Kemampuan Multitasking

sumber: tomsguide

Fitur Picture-in-Picture (PIP) yang merupakan terobosan terbaru Android Oreo berguna saat kia sedang menonton video seperti di Youtube, dan Kita ingin kembali ke menu utama, video itu tetap bisa ditonton dengan tampilan gambar yang lebih kecil di pojok layar. 

3. Improvisasi Google Play Protect

sumber: android

Terdapat beberapa pengembangan pada Google Play Protect yang menyempurnakan aplikasi Find My Device. Peningkatan keamanan pada Google Play Protect pula dapat mendeteksi website atau aplikasi yang berbahaya. 

Fitur Menarik Android Oreo
Kelebihan yang ditawarkan Android Oreo tentu fitur-fitur terbarunya yang semakin memudahkan kita menggunakan smartphone kesayangan, inilah beberapa fitur yang dapat kita rasakan ketika menggunakan Android Oreo sebagai OS Android kita.

Autofill

 sumber: androidcentral

Fitur ini berfungsi untuk menyimpan data dari setiap form yang pernah kita isi, seperti username/id, password dan isian form lainnya sehingga ketika kita akan mengisi form yang sama maka sistem secara otomatis akan langsung menampilkan isian kita yang telah direkam sebelumnya. Jadi kita tidak perlu menulis lagi. Fitur ini mirip dengan Remember My Password di browser-browser yang tentu saja perlu perizinan dari pengguna terlebih dahulu.

Fitur ini sejatinya telah tersedia pada web browser Chrome dan kini Google berhasil mengimplementasikannya pada aplikasi berbasis Android. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat pergi ke menu settings > system > languages & input > advanced > input assistance > autofill service. 

Notification Dots & Channel

 sumber: androidcentral

Google melakukan pengembangan pada sistem notifikasi di Android Oreo, dimana terdapat notification dots yang mempermudah pengguna untuk menyadari notifikasi yang ada. Aplikasi yang memiliki notifikasi akan tertera dots pada logo dari aplikasi tersebut.



sumber: androidcentral
 
Selain notification dots, Google memberikan terobosan terbaru dengan adanya fitur 'Channel' yang mana memungkinkan pengguna untuk mengkategorikan notifikasi sehingga notifikasi yang tidak penting dapat langsung dihapuskan.

Neighborhood Aware Networking

 sumber: youtube

Fitur baru Android Oreo ini memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk dapat bertuka data dengan kecepatan tinggi melalui koneksi WiFi.

Dua smartphone yang mendukung teknologi NAN bisa menemukan satu sama lain dan terhubung tanpa aplikasi tambahan atau konfigurasi. NAN didasarkan pada standar WiFi Alliance WiFi Aware.

Codec Audio Bluetooth High-quality


 sumber: youtube

Melihat perkembangan saat ini, telah banyak orang beralih untuk meninggalkan headphone kabel. Kecenderungan untuk menggunakan headphone nirkabel ini pun direspon oleh Google dengan menciptakan pengembangan untuk mendukungnya. 

Android Oreo didukung oleh Codec Audio Bluetooth High-quality, dimana memberikan pengalaman bagi penggunanya untuk dapat mendengarkan musik melalui perangkat Bluetooth dengan kualitas tinggi.

Emoji

 sumber: getemoji

Android Oreo menghadirkan lebih dari 60 emoji baru yang dapat digunakan untuk kian memeriahkan chat kita. 

Masih terdapat banyak fitur lain yang tidak kalah menarik dari beberapa fitur diatas yang dihadirkan oleh Android Oreo.Tertarik untuk mencobanya?
Bila memiliki pertanyaan, kritik atau saran, silahkan tulis dikolom komentar ya!
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"