Tor Browser: Browser Anonim Tak Berbatas
Tor Browser: Browser Anonim Tak Berbatas

Tor Browser: Browser Anonim Tak Berbatas

tor; tor browser; tor download; tor browser download; apa itu tor; fungsi tor; cara install tor; kelebihan tor; kekurangan tor; apa tor aman;

sumber: deviatart
 
ShareKu - Dunia internet merupakan salah satu hal virtual yang sangat luas jangkauannya. Akhir tahun 2017, terdapat lebih dari 330 juta situs tersedia di luasnya dunia internet. 

Situs-situs yang tersebar di dunia internet sangat variatif dengan berbagai jenis konten dan informasi yang menjadi isinya. Hal inilah yang membuat internet menjadi salah satu bagian kebutuhan penting bagi manusia di kesehariannya kini.

Namun, bila kita menyelam lebih dalam, 330 juta situs itu mungkin masih angka yang dapat dilihat secara 'kasat mata' karena sesungguhnya dunia internet masih memiliki berbagai rahasia yang disembunyikan.
Baca Juga: Mengetahui Lebih Dalam Tentang Deep Web Dan Darknet
Tidak semua penikmat internet dapat menggali rahasia tersebut. Dibutuhkan suatu hal khusus untuk dapat menjangkaunya. Namun, tentu ada cara untuk setidaknya melihat sedikit lebih dalam dan luas tentang dunia internet meski mungkin tidak keseluruhan.

Salah satunya adalah dengan mengunakan Tor Browser.
 
sumber: securityinabox
Apa itu Tor Browser?
Tor Browser adalah versi Mozilla Firefox yang dioptimalkan untuk menjaga privasi. Tor beroperasi pada jaringannya sendiri yang bernama Tor. Jaringan Tor terdiri dari ribuan server yang dijalankan oleh relawan di seluruh dunia. Setiap kali Tor Browser membuat koneksi baru, ia memilih tiga relay Tor dan terhubung ke Internet melaluinya. Ia mengenkripsi setiap langkah perjalanan ini dengan cara tertentu sehingga relay sendiri tidak mengetahui seluruh lintasan yang dilaluinya ketika ia mengirimkan dan menerima data.

Ketika anda menggunakan Tor Browser, lalu lintas internet anda akan terlihat seolah berasal dari alamat IP yang berbeda, umumnya di negara yang berbeda. Alhasil, Tor Browser menyamarkan alamat IP anda dari situs web yang anda masuki sekaligus menyamarkan situs yang anda kunjungi dari pihak ketiga yang mungkin mencoba mengawasi lalu lintas anda. Ia juga memastikan bahwa satu Tor relay sendiri tidak dapat mengetahui baik lokasi anda di internet maupun situs yang anda kunjungi.

Tor juga mengambil langkah untuk mengenkripsi komunikasi yang masuk ke dalam dan yang melalui jaringannya. Namun, perlindungan ini tidak menjangkau sampai situs web yang dapat diakses melalui saluran tidak terenkripsi.

Sehingga kesimpulannya, Tor Browser merupakan browser yang dapat menjaga kondisi anda tetap sebagai anonim di internet bahkan hingga provider internet anda pun tidak dapat melacak situs apa yang anda buka!
 
sumber: pariamantoday
Tujuan menggunakan Tor Browser?
Dengan kondisi yang membuat penggunanya sebagai anonim, tentu tujuan penggunaan Tor Browser dapat bercabang menjadi positif dan negatif.

Bila dilihat dari sisi Positif, Tor Browser dapat menawarkan privasi yang aman bagi penggunanya sehingga tidak perlu takut untuk terdapat orang-orang yang memata-matai untuk mencuri data-data pribadi kita. Tor Browser pun memungkinkan penggunanya untuk mengakses situs-situs yang diblokir oleh penyedia layanan internet ataupun pemerintah.

Sebaliknya sisi negatifnya yaitu karena Tor Browser dapat membawa anda menjelajah internet lebih dalam dan luas maka anda dapat melihat sisi lain dari internet yang sesungguhnya. Mungkin hal ini tidak akan banyak dibahas. Intinya pergunakanlah internet sebagai mana mestinya. Janganlah melakukan hal-hal yang kita tidak siap untuk mempertanggungjawabkannya.
 
sumber: nutrisipikiran
Kelebihan Tor Browser?
-Menyembunyikan IP Address , sehingga lokasi asli kita lebih sulit untuk dilacak 
-Melakukan Enkripsi ( menyandi ) setiap data yang keluar masuk melalui koneksi Tor 
-Aktivitas Browsing kita lebih sulit untuk di telusuri 
-Dapat melewati proteksi DNS seperti Nawala atau lainnya 
-Lebih aman untuk mengakses website dengan kategori hidden service

Kekurangan Tor Browser? 
-Koneksi kurang reliable ,bisa cepat atau lambat walaupun Bandwith kita sudah besar 
-Tidak bisa di gunakan untuk Aplikasi p2p seperti Torrent 
-Secara default Tor hanya melindungi Aplikasi bawaannya.Kita bisa menggunkan Aplikasi lain untuk menggunakan Tor Browser, namun bagi user awam penggunaan Tor agak tricky

Apakah Tor Browser aman?
Tor Browser akan aman selama dipergunakan untuk hal-hal yang positif. Namun, bila menggunakannya untuk hal-hal yang menjurus ke arah negatif maka resiko menjadi tanggung jawab kita masing-masing.


Menariknya adalah terlepas dari kemampuannya yang sangat baik, Tor Browser ini adalah sebuah freeware yang mana dapat kita gunakan secara gratis tanpa membayar sedikit pun. Menggunakan Tor Browser pun sama halnya seperti menggunakan browser pada umumnya.


Kita hanya memerlukan ruang penyimpanan sebesar 80 MB untuk dapat menginstall Tor Browser sebelum menggunakannya. 

Apa berminat menggunakan Tor Browser?
Baca Juga: Cara Aman Akses Deep Web Dan Darknet
Apabila terdapat pertanyaan ataupun kritik dan saran, silahkan tuliskan dikolom komentar ya!
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"