Cara Membuat Google Form Untuk Kuisioner Survey
Cara Membuat Google Form Untuk Kuisioner Survey

Cara Membuat Google Form Untuk Kuisioner Survey

Membuat Google Form dapat mempermudah kamu dalam membuat survey. Berikut ini adalah cara membuat Google Form versi ShareKu.

Cara Membuat Google Form
Cara Membuat Google Form (sumber: idcloudhost.com)

ShareKu - Perkembangan zaman sekarang ini semakin memudahkan kita untuk bekerja, tak terkecuali dalam melakukan pengumpulan data. Kini untuk mendapatkan data dalam jumlah yang banyak, kita tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk mencetak kuisinoner tetapi kita sudah dapat membuatnya secara online dan mengisinya secara online pula.
 
Kelebihan mengumpulkan data dengan metode online adalah pengumpulannya yang mudah dan data yang berhasil dikumpulkan pun terekap dengan rapih. Salah satu platform yang menyediakan jasa pembuatan form online yaitu Google Form.
 
Membuat Google Form dapat dilakukan baik di desktop ataupun di smartphone mu.

Cara Membuat Google Form

Bila kalian ingin membuat kuisioner secara online dengan Google Form, maka silahkan simak artikel cara membuat Google Form berikut ini ya.
 

Apa itu Google Form?

Google Form merupakan salah satu fitur yang dimiliki Google yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk membuat sebuah kuisioner untuk melakukan sebuah survey. 

Google Form memberikan pengalaman membuat sebuah kuisioner yang mudah dan efisien.

Cara Membuat Google Form 

Sebelum beranjak ke cara membuat Google Form, ada satu hal yang perlu kamu lakukan dahulu yaitu membuat sebuah akun Google. Bila kamu belum memilikinya, silahkan simak Cara Mudah Membuat Akun Google

Setelah memiliki akun Google, mari kita melihat cara membuat Google Form.
  • Buka halaman Google Form
  • Login dengan akun Google mu
  • Pilih salah satu template kuisioner yang kamu ingin kan

Cara Membuat Google Form

  • Buatlah kuisioner mu

Cara Membuat Google Form
  • Pilih Kirim

Cara Menyebar Kuisioner Google Form

Ada beberapa cara untuk menyebar kuisioner Google Form agar dapat diisi oleh responden, yaitu:
 
Menyebar melalui Email
Cara untuk menyebar kuisioner Google Form melalui Email yaitu dengan menuliskan satu per satu alamat email yang dituju untuk menjadi pengisi kuisioner setelah kita menekan tombol Kirim.
 
Cara Membuat Google Form

Kelebihan menggunakan metode ini adalah pengisi kuisioner kita sudah pasti akan tepat sasaran karena orang yang dituju merupakan orang-orang yang dapat kita pilih sebelumnya. Metode ini pun dapat digunakan untuk membuat kuisioner kita tidak tersebar ke pihak-pihak yang tidak diharapkan.

Menyebar menggunakan URL
Cara untuk menyebar kuisioner Google Form menggunakan URL yaitu dengan menyebarkan URL yang merupakan alamat untuk mengisi kuisioner Google Form. 

Cara Membuat Google Form

Kelebihan menggunakan metode ini adalah penyebarannya lebih praktis dan memungkinkan menjangkau lebih banyak pengisi. Hal ini bisa dilakukan dengan menyebarkan URL ke grup-grup di media sosial kita. Metode ini direkomendasikan bila kamu membutuhkan banyak data dan tidak memiliki batasan tentang siapa yang akan mengisi kuisioner mu.
 
Menyebar dengan menyematkan pada halaman blog/website
Cara untuk menyebar kuisioner Google Form dengan cara menyematkan pada halaman blog/website hanya ditujukan bagi kamu yang memiliki blog/website pribadi saja. Caranya adalah dengan mengatur ukuran besar kuisioner yang akan ditampil di blog/website mu lalu meletakkan kode pada blog/website mu sehingga dapat memunculkan kuisioner.
 
Cara Membuat Google Form

Kelebihan menggunakan cara ini yaitu para pengunjung blog/website kita dapat dengan mudah untuk langsung mengisi form. Sangat direkomendasikan untuk blog/website yang memiliki pengunjung yang ramai dan memiliki topik kuisioner seputar blog/website tersebut, contohnya untuk review blog/website.


Cara Melihat Hasil Google Form

Untuk dapat melihat rekapan hasil dari Google Form, yaitu:
  • Buka halaman Google Form kamu
  • Pilihlah kuisioner yang ingin kamu lihat hasilnya

Cara Membuat Google Form

  • Buka tab Tanggapan

Cara Membuat Google Form

Bila kamu ingin melihat dalam bentuk spreadsheet excel kamu harus melakukan beberapa langkah lagi, yaitu:
  • Klik pada logo Spreadsheet Excel

Cara Membuat Google Form

  • Pilih tujuan tanggapan


Cara Membuat Google Form

  • Anda pun sudah dapat melihat rekapan tanggapan Google Form dalam bentuk spreadsheet excel

Cara Membuat Google Form



Itulah cara membuat Google Form, sangat mudah bukan? Sekarang kamu sudah bisa membuat kuisioner secara online dan tidak perlu lagi susah payah mencetak kuisioner secara tradisional untuk kebutuhan survey mu.

***

Setelah mengetahui cara membuat Google Form, untuk kamu yang juga ingin mengetahui tentang sejarah dari penemuan Google. Silahkan simak kisah duet hebat penemu Google berikut ini.
Baca Juga: Mengenal Larry Page Dan Sergey Brin, Duet Hebat Penemu Google
Bila memiliki pertanyaan seputar cara membuat Google Form, silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"