Mengenal Mesin Pencari Yandex
Mengenal Mesin Pencari Yandex

Mengenal Mesin Pencari Yandex

Berikut ini merupakan artikel untuk mengenal mesin pencari Yandex dari apa itu Yandex, Sejarah, Tokoh Penting, Perkembangan, Fitur, Pencapaian serta perbandingan Yandex dengan Google.

Mengenal Mesin Pencari Yandex
Internet merupakan tempat mencari informasi termudah dan tercepat saat ini. Hampir semua orang di dunia kini telah menggunakan internet. Untuk dapat mencari informasi dari internet, kita harus memanfaatkan kemampuan mesin pencari. Ada cukup banyak mesin pencari yang dapat kita gunakan untuk membantu berselancar di internet, salah satunya Yandex.

Masih cukup banyak yang merasa asing dengan mesin pencari Yandex. Hal ini dibuktikan dengan peringkat kepopuleran Yandex menurut situs Alexa 'hanya' berada di peringkat 1653 secara global dan 1095 di negara China. Pemeringkatan yang dilakukan Alexa berdasar pada jumlah pencarian terhadap situs tersebut.

Mengenal Mesin Pencari Yandex
Peringkat Alexa Yandex

Tak perlu dibandingkan dengan Google rasanya bila kita meninjau dari segi popularitas. Mesin pencari lain seperti Bing saja masih jauh lebih populer dari Yandex menurut Alexa, dimana Bing duduk di peringkat 40 secara global dan 27 di negara China.

Peringkat Alexa Bing

Sebenarnya bila kita meninjau dari segi kualitas, Yandex tidaklah bisa dipandang sebelah mata. Ada cukup banyak fitur yang Yandex berikan kepada penggunanya yang dapat memenuhi segala kebutuhan pengguna dalam berselancar di internet hanya berbekal sebuah akun Yandex.


Mengenal Mesin Pencari Yandex

Untuk mengetahui lebih dalam tentang mesin pencari Yandex, coba deh simak semuanya dibawah ini.


Apa itu Yandex?

Yandex N.V. adalah perusahaan multinasional yang mengkhususkan diri dalam layanan dan produk terkait Internet. Yandex menyediakan layanan pencarian dan informasi, eCommerce, transportasi, navigasi, dan aplikasi mobile serta menawarkan iklan online. Saat ini Yandex telah menyediakan lebih dari 70 layanan.

Yandex adalah perusahaan teknologi terbesar di Rusia dan mesin pencari terbesar di internet di Rusia, dengan pangsa pasar lebih dari 52% dilansir dari Wikipedia. Yandex adalah situs web paling populer ke-4 di Rusia yang memiliki pangsa pasar terbesar dari semua mesin pencari di Commonwealth of Independent States dan merupakan mesin pencari terbesar ke-5 di dunia setelah Google, Baidu, Bing, dan Yahoo!. 


Sejarah Yandex

Awalnya di tahun 1990 para pendiri Yandex masih bekerja di perusahaan kecil Arcadia, membuat program yang mencari Alkitab, Pengklasifikasi Barang dan Jasa, dan Pengklasifikasi Internasional Paten. Program Pengklasifikasi Internasional Paten ketika itu berhasil mencapai beberapa keberhasilan penjualan.

Pada 1993, Arcadia telah meluncurkan versi baru dari program pencarian dan mereka ingin memberikannya nama asli. Ilya Segalovich dan Arkady Volozh mencoba memikirkan nama yang tepat. Selang waktu mereka berpikir, tercetuslah pemikirkan untuk menggunakan kata "Yandex". Ilya duduk dengan selembar kertas dan menuliskan kata-kata yang menggambarkan esensi dari program, brainstorming di sekitar kata-kata "cari" dan "indeks". Begitulah kata “Yandex” muncul yang merupakan singkatan dari “pengindeks lain”. Arkady menyarankan mengganti dua huruf Inggris pertama dengan huruf Rusia Я ("Ya"). Akibatnya, program itu diberi nama Яndex. Beberapa waktu kemudian, Arcadia menjadi bagian dari perusahaan komputer dan perusahaan perangkat lunak CompTek.

Berselang 4 tahun sejak mengakuisisi Arcadia, CompTek memperkenalkan Sistem pencarian Yandex.ru yang disajikan pada tanggal 23 September di pameran Softool di Moskow. Untuk mendemonstrasikan bagaimana cara kerjanya dengan banyak informasi, internet Rusia (atau "Runet") diindeks kemudian terdiri dari 5.000 situs yang berisi sekitar 4 Gb teks. Orang-orang bergantian menggunakan komputer yang digunakan untuk demonstrasi dan mengajukan pertanyaan. Pada saat itu, Yandex mempertimbangkan morfologi bahasa Rusia dan jarak antar kata, dan dapat memeringkat dokumen. Inilah yang menjadi awal kemunculan Yandex.


Tokoh Penting Yandex 

Berikut ini adalah beberapa tokoh penting dibalik berdirinya Yandex.

Arkady Volozh

Mengenal Mesin Pencari Yandex
 Arkady Volozh (sumber: wikipedia.com)

Arkady Yurievich Volozh adalah seorang pengusaha berkebangsaan Rusia yang memiliki latar belakang keilmuan komputer yang lahir pada 11 Februari 1964. Setelah bekerja di institut penelitian pipa negara, ia memulai bisnis kecil yang mengimpor komputer pribadi dari Austria. Bisnisnya berlanjut dengan menemukan beberapa perusahaan tekonologi seperti Yandex, Rusia InfiNet Wireless, dan CompTek International.

Volozh mendirikan CompTek pada tahun 1989. Dia juga mulai melakukan riset pembuatan mesin pencarian pada tahun 1989, yang menyebabkan dia berhasil mendirikan Arkadia Company pada tahun 1990.

Arkady mendirikan Yandex pada tahun 1997, kemudian meninggalkan posisinya sebagai CEO CompTek International untuk menjadi CEO Yandex pada tahun 2000. 


Ilya Segalovich

Mengenal Mesin Pencari Yandex
Ilya Segalovich (sumber: wikipedia.com)

Ilya Valentinovich Segalovich merupakan salah satu pendiri Yandex yang lahir pada 13 September 1964. Dia adalah CTO dan direktur Yandex sejak tahun 2000 sebelum meninggal pada tahun 2013. Segalovich mengusulkan nama "Yandex" untuk mesin pencari yang ia temukan bersama Arkady Volozh. Idenya tersebut berasal dari kalimat "Yet Another iNDEX".

Ilya Segalovich lulus dari Sekolah Republik Fisika dan Matematika di Almaty, Kazakhstan dan kemudian kuliah di Moscow Geological Prospecting Institute.

Dia memulai karirnya bekerja pada perusahaan teknologi pencarian informasi pada tahun 1990 yaitu Arkadia Company, di mana dia memimpin tim perangkat lunak. Dari tahun 1993 hingga 2000, Ilya Segalovich memimpin departemen retrieval system untuk CompTek International. Dia meninggalkan CompTek untuk ikut mendirikan Yandex pada tahun 2000.

Segalovich juga merupakan salah satu pendiri dan pendukung Maria's Children Art Rehabilitation Center yang ditujukan untuk anak yatim dan anak-anak dengan kebutuhan khusus. Ia menerima gelar dalam bidang geofisika dari Universitas Prospektus Geologi Negara Bagian S. Ordzhonikidze.


Arkady Borkovsy

Mengenal Mesin Pencari Yandex
 Arkady Borkovsky (sumber: svod.org)

Arkady Borkovsky merupakan seorang berkebangsaan Rusia yang dalam karir awalnya bekerja di Pusat Komputer Akademi Ilmu Pengetahuan Uni Soviet. Borkovsky memiliki latar belakang pendidikan sebagai lulusan Jurusan Ilmu Komputer Universitas Negeri Moskow.

Laboratorium tempat dia bekerja menjadi tempat pertama di Uni Soviet untuk menggunakan PC IBM kala itu. Hal ini menyebabkan Arkady mengubah karier akademisnya untuk mengembangkan perangkat lunak pertama yang dijual secara komersial di Uni Soviet. 

Arkady adalah Co-founder dari Arcadia Intelligent Systems yang setelah kemudian bertransformasi menjadi Yandex, portal pencarian terbesar di Rusia. Dia pernah meninggalkan Yahoo! untuk menyatukan Yandex Labs yang merupakan pusat pengembangan Yandex di California. 


Fitur Yandex 

Ada lebih dari 70 layanan yang Yandex berikan saat ini, beberapa diantaranya yaitu:

Yandex Mail
Yandex.Mail menawarkan pengalaman email yang lengkap, kaya, dan dapat digunakan dengan akses web yang baik, aplikasi seluler, POP serta akses IMAP dan penyimpanan tanpa batas. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca artikel Cara Membuat Akun Yandex Mail Mudah Dan Lengkap

Yandex Translate
Yandex Translate adalah salah satu solusi sempurna untuk kamu karena memiliki berbagai jenis fungsi yang dapat membuat konten dan dokumen diterjemahkan dengan akurasi dan kualitas yang luar biasa.

Yandex Translate memiliki koleksi yang tepat untuk semua kosakata dan tata bahasa asing, yang membantu pengguna menejemahkan bahasa asing tanpa terlalu banyak kesalahan. Sangat cocok untuk menggantikan Google Translate. 

Alice
Alice merupakan sebuah asisten pribadi seperti Cortona di Windows 10. Alice berfungsi mengintegrasikan beberapa layanan untuk membantu pengguna secara efisien menyelesaikan semua jenis tugas, menemukan informasi online, merencanakan rute, memutar musik atau mendapatkan ramalan cuaca, di antara banyak hal lainnya.


Perbandingan Yandex Dan Google

Berikut ini merupakan perbandingan antara Google dan Yandex. 

Backlink
Backlink memainkan peran yang jauh lebih penting di Google daripada di Yandex. Dalam banyak kasus, situs dengan sedikit backlink saja sudah dapat menjadi hasil pencarian teratas di Yandex.

Penerjemahan Bahasa Rusia
Google dikatakan mengalami kesulitan dalam menginterpretasikan pertanyaan dalam bahasa Rusia. Untuk hal ini, Yandex yang lebih maju ketika datang untuk menganalisis pertanyaan dalam bahasa Rusia.

Pinalti
Setiap mesin pencari memiliki algoritmanya sendiri untuk memfilter situs web yang patut mereka hukum. Minusinsk milik Yandex dikatakan jauh lebih ketat daripada Penguin Google dalam hal ini.

Panjang Konten
Konten berkualitas yang diperlukan untuk mendapatkan peringkat yang baik di Google standarnya lebih tinggi daripada Yandex. 10 hasil teratas Google biasanya merupakan konten yang “lama dibaca”, sedangkan di Yandex kamu dapat memperoleh peringkat yang bagus dengan tulisan yang jauh lebih sedikit.

Pengindeksan
Terlepas dari kemudahan SEO yang lebih baik dibandingkan Google, dibeberapa kesempatan didapati bahwa Yandex mengindeks halaman lebih lambat dari Google. Tetapi bukan berarti tidak bisa ya.


Itulah beberapa hal seputar mesin pencari Yandex, semoga dengan artikel ini kamu sudah lebih mengenal Mesin Pencari Yandex ya.

*** 

Jika kamu ingin mengetahui cara membuat email dengan domain sendiri, Yandex juga memiliki fiturnya dan hebatnya kamu dapat menggunakan fitur ini secara gratis. Untuk mencobanya, silahkan simak caranya pada artikel Cara Membuat Custom Domain Email Dengan Yandex Mail Gratis.

Bila memiliki pertanyaan seputar artikel mengenal mesin pencari Yandex, silahkan tulis dikolom komentar ya.
banner: paymentsjournal.com
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"