5 Situs Tempat Download Gambar Gratis Untuk Blog
5 Situs Tempat Download Gambar Gratis Untuk Blog

5 Situs Tempat Download Gambar Gratis Untuk Blog

Berikut ini merupakan daftar situs tempat download gambar gratis untuk blog.

5 Situs Tempat Download Gambar Gratis Untuk Blog
Bagi seorang Blogger, artikel yang akan diposting adalah segalanya. Karena itu, kualitas dari suatu artikel yang akan diposting akan sangat dijaga dengan melakukan berbagai cara seperti melakukan riset kata kunci, memperhatikan jumlah kata, menambahkan gambar, dan lain sebagainya.

Khusus untuk poin menambahkan gambar, banyak orang yang baru masuk ke dunia blogging melakukan kesalahan yang dapat berdampak sangat berbahaya. Mereka dengan asal mengambil gambar milik orang lain, entah itu langsung melalui situs atau google, dan menggunakannya untuk meningkatkan kualitas artikelnya. Tanpa mereka sadari, hal ini dapat menyebabkan mereka menerima tuntutan dari sang pemilik hak cipta dari gambar tersebut bahkan ketika mereka telah mencantumkan sumber dari gambar yang mereka gunakan.

Sangat penting bagi Blogger untuk mengetahui dan menghargai hak cipta sebuah gambar yang ada di internet. Bila kamu seorang Blogger dan ingin menambahkan gambar di artikel blog mu tanpa melanggar hak cipta, sebenarnya kamu dapat menemukannya dibeberapa situs tempat download gambar gratis untuk blog.

Situs Tempat Download Gambar Gratis Untuk Blog


Hak Cipta Gambar

Dilansir dari situs Copyright.gov, secara sederhana, hak cipta sebuah gambar membuat seorang fotografer memiliki hak kepemilikan dari gambar tersebut. Dengan hak kepemilikannya, fotografer mendapatkan hak eksklusif tertentu untuk gambar tersebut. Untuk hak cipta fotografi, hak kepemilikan meliputi:
  • Mereproduksi foto
  • Menyiapkan karya turunan berdasarkan foto
  • Mendistribusikan salinan foto ke publik dengan penjualan atau transfer kepemilikan lainnya, atau dengan sewa, sewa, atau pinjaman
  • Menampilkan foto secara terbuka 
Detik.com pernah memberitakan beberapa kasus pelanggaran hak cipta, salah satunya perseteruan antara Andres Paul Leonard dan perusahaan Stemtech Health Science. Leonard yang merupakan seorang fotografer spesialis foto mikro, mengambil gambar sel induk di sumsum tulang belakang manes pada tahun 1995. Beberapa tahun kemudian, foto tersebut digunakan oleh Stemtech Health Science untuk keperluan pemasaran yang ditampilakan di website mereka tanpa mendapat izin khusus dari Leonard sehingga Leonard pun memperkarakan Stemtech Health Science dan membawa kasus ini ke pengadilan. Pada tahun 2008, pengadilan Stemtech Health Science bersalah dan wajib membayar kompensasi kepada Leonard sebesar USD 1,6 juta.

Bila kamu tidak ingin mendapatkan hal serupa, maka hargailah hak cipta suatu gambar.
 

Situs Tempat Download Gambar Gratis Untuk Blog

Pexels

5 Situs Tempat Download Gambar Gratis Untuk Blog
Situs Tempat Download Gambar Gratis Untuk Blog (sumber: pexels.com)
Situs tempat download gambar gratis untuk blog yang pertama yaitu Pexels. Pexels merupakan situs yang bertujuan untuk membantu desainer, blogger, dan semua orang yang mencari gambar untuk menemukan foto terbaik yang dapat digunakan di mana saja secara gratis dan tanpa melanggar hak cipta.

Semua foto yang berada di Pexels dilisensikan di bawah lisensi Pexels. Ini berarti Anda dapat menggunakannya secara gratis untuk tujuan pribadi dan komersial karena Pexels mengizinkannya. Namun, kamu tidak diizinkan untuk menjualnya seperti membuat kaos yang gambarnya berasal dari Pexels. Pexels hanya mengizinkan kamu melakukannya, jika kamu telah melakukan modifikasi terhadap gambarnya.


Pixabay

5 Situs Tempat Download Gambar Gratis Untuk Blog
Situs Tempat Download Gambar Gratis Untuk Blog (sumber: pixabay.com)
Pixabay adalah sebuah komunitas kreatif yang berbagi gambar dan video gratis dan tanpa terikat hak cipta. Semua konten dirilis di bawah Creative Commons CC0, yang membuatnya aman untuk digunakan tanpa meminta izin atau memberikan kredit kepada pemilik gambar bahkan untuk tujuan komersial.

Picjumbo

5 Situs Tempat Download Gambar Gratis Untuk Blog
Situs Tempat Download Gambar Gratis Untuk Blog (sumber: picjumbo.com)
Picjumbo menjadi pilihan situs tempat download gambar gratis untuk blog selanjutnya. Picjumbo sendiri merupakan situs penyedia foto gratis yang dibuat pada tahun 2013 oleh desainer & fotografer bernama Viktor Hanacek. Ide mendirikan Picjumbo muncul ketika semua situs foto stok reguler menolak foto milik Viktor karena dinilai kurang berkualitas. Kini Viktor telah berhasil menciptakan sebuah situs yang sangat bermanfaat bagi banyak orang, dimana orang bisa mendapatkan gambar secara gratis dan tidak terancam melanggar hak cipta.

Stocksnap

5 Situs Tempat Download Gambar Gratis Untuk Blog
Situs Tempat Download Gambar Gratis Untuk Blog (sumber: stocksnap.io)
Sama seperti Pixabay, Semua foto di StockSnap di rilis di bawah Creative Commons - CC00. Lisensi ini memberikan kamu untuk mengunduh, menyalin, memodifikasi, dan mendistribusikan foto, bahkan untuk tujuan komersial, semua tanpa meminta izin dan tidak terikat hak cipta. Oleh karena itu, Stocksnap pun dapat menjadi pilihan situs tempat download gambar gratis untuk blog mu.

Gratisography

5 Situs Tempat Download Gambar Gratis Untuk Blog
Situs Tempat Download Gambar Gratis Untuk Blog (sumber: gratisography.com)
Bila dilihat dari namanya, Gratisography nampaknya memiliki sedikit aksen Indonesia. Namun, situs di dibuat oleh seorang desainer web bernama Ryan McGuire. Gratisography memiliki lebih dari 400 foto yang dapat kamu gunakan secara gratis dan tidak terikat hak cipta. Oleh karena itu, situs ini pula dapat menjadi situs tempat download gambar gratis untuk blog mu.


Situs tempat download gambar gratis untuk blog mana yang menjadi pilihan mu?

 ***

Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Bila kamu memiliki pertanyaan tentang artikel 5 Situs Tempat Download Gambar Gratis Untuk Blog, silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"