-->
Review Football Manager 2020: Every Decision Count!
Review Football Manager 2020: Every Decision Count!

Review Football Manager 2020: Every Decision Count!

Pecinta FM2020? Berikut Ini Review Football Manager 2020 Versi Gubuk Pintar!

Review Football Manager 2020
Sebagai salah satu yang terpopuler di jenisnya, Football Manager 2020 telah resmi dirilis pada November 2019 lalu. Permainan simulasi bertema pelatih sepakbola yang dikembangkan Sport Interactive dan diterbitkan SEGA ini kembali mendapatkan antusiasme tinggi sejak awal perilisannya.

Segala 'desas-desus' yang selama ini terdengar, kenyataannya pun sudah dapat kita nikmati sekarang. Untuk melihat apa saja yang menjadi perkembangannya game Football Manager 2020 ini, yuk simak review Football Manager 2020 dari Gubuk Pintar dibawah ini.

Club Vision
Review Football Manager 2020
Review Football Manager 2020
Pada seri terbaru ini, kita dapat mendiskusikan tentang visi klub yang kita latih kedepan. Hal ini akan berdampak pada bagaimana kita menjalankan klub kita serta keputusan-keputusan yang akan diambil oleh petinggi klub. Contohnya bila kita berfokus untuk mengembangkan pemain muda, maka setiap request yang kita ajukan sebagai pelatih yang berpotensi untuk mensukseskan pengembangan pemain muda akan mudah untuk di terima oleh para petinggi. Meskipun nampak menarik, kita tetap harus waspada karena club vision ini yang menjadi aspek penilaian kinjera kita. Gagal? Ya harus siap dipecat.

Development Center
Review Football Manager 2020
Review Football Manager 2020
Bila pada seri sebelumnya kita harus memonitor secara mandiri perkembangan para pemain muda kita, fitur baru ini memberikan kita kemudahan untuk tidak lagi melakukannya sendiri. Para pelatih akan memberikan kita masukkan tentang pemain potensial yang sudah cukup mapan untuk bermain di tim utama, pemain yang sebaiknya dipinjamkan atau yang harus dipantau terus perkembangannya.

Playing Time Pathway
 
Review Football Manager 2020
Review Football Manager 2020 (Sumber: Football Manager)
Kita sekarang dapat memperluas lagi janji pra kontrak pemain. Pada seri-seri sebelumnya kita hanya dapat mengatur jam bermain pemain pada kondisi saat dia didatangkan saja, tetapi kini kita dapat mengatur perubahaannya hingga beberapa musim kedepan. Kondisi ini tentu dapat membantu kita untuk mendatangkan pemain muda berbakat.

Staff Role
Review Football Manager 2020
Review Football Manager
Ada beberapa role baru untuk staff yang membantu kita mengelola klub, seperti Technical Manager yang bertugas membantu mengelola staff dan Loan Manager untuk membantu proses pinjam-meminjam pemain. Posisi ini memberi kesan realistis yang lebih mendalam serta kian memudahkan tugas kita sebagai pelatih.

Review Football Manager 2020 Gubuk Pintar
Poin positif dari pengembangan Football Manager 2020 yang kami rasakan adalah atribut negosiasi dari staff yang diperkenalkan dalam seri ini. Atribut ini memungkinkan staff kita untuk mendapatkan 'deal' dengan harga terbaik untuk membeli atau bernegosiasi gaji dengan suatu pemain. Oleh karena itu seorang Director of Football dalam seri ini bisa menjadi sangat berguna, berbeda dari seri sebelumnya yang menurut kami terkadang kurang masuk akal atau bahkan cenderung 'kurang berakal'. 

Terlepas dari fitur-fitur barunya yang menarik dan poin positif yang ada, Football Manger 2020 secara keseluruhan menurut kami belum memberikan perubahan yang signifikan dalam permainannya dibandingkan seri sebelumnya sehingga dalam beberapa waktu bermain yang singkat saja mungkin sudah cukup untuk membuat sensasi bermain 'seri baru' sirna. Hal ini mungkin karena grafik yang ditampilkan hanya mengalami perubahan minor saja serta fitur-fitur yang baru belum memberikan dampak siginifikan terhadap permainan secara keseluruhan. Meskipun begitu, Football Manager 2020 tetap worth it untuk dimainkan kok.

Football Manager 2020 dirilis dalam beberapa versi yaitu Football Manager 2020, Football Manager 2020 Touch dan Football Manager 2020 Android. Setiap versi berbeda dari segi fitur dan konsol. Untuk kamu yang ingin bermain Football Manager 2020 Full Version, kamu dapat membelinya di STEAM dengan klik pada tombol dibawah ini.


Bila kamu memiliki pertanyaan seputar artikel review Football Manager 2020, silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"