√ Makna Logo Facebook Dari Masa ke Masa - Gubuk Pintar
Makna Logo Facebook Dari Masa ke Masa
Makna Logo Facebook Dari Masa ke Masa

Makna Logo Facebook Dari Masa ke Masa

Facebook memiliki beragam logo sejak dirilis. Artikel ini akan membahas makna logo Facebook secara lengkap. Yuk, baca sekarang juga!

Makna Logo Facebook

Terlepas sudah banyak yang tahu bentuknya, rasanya masih cukup banyak yang belum mengetahui makna logo Facebook yang pernah dirilis hingga saat ini.

Facebook seperti apa yang kita ketahui terus memperbarui logo yang mereka gunakan. Perbandingannya pun sangat jelas terasa. Dulu logo Facebook terlihat begitu klasik, berbeda dengan sekarang yang terlihat lebih cerah.

Melalui artikel ini, Gubuk Pintar ingin mengejak mu melihat kembali perkembangan logo Facebook dari masa ke masa dan bagaimana makna dan detail dari setiap logonya. Yuk, lanjut ke bagian selanjutnya dari artikel ini!

Daftar Isi




Makna Logo Facebook

Setiap mereka merilis sebuah logo, Facebook tentu memiliki maksud dan tujuan tersendiri. Secara umum, logo Facebook cukup identik dengan huruf "f" kecil. Ini ternyata memilik arti tersendiri. 

Beberapa sumber menyebutkan bahwa "f" melambangkan kata "friendship" yang artinya pertemanan. Facebook memang diinisiasi untuk menjadi media yang menjembatani kamu dan teman mu. 

Logo Facebook juga identik dengan kesederhanaannya. Bukan tanpa alasan, logo Facebook memang dirancang seperti ini guna memudahkan pengguna untuk memahami platform apa yang sebenarnya mereka gunakan.

Jadi, hampir tidak ada makna tersembunyi dari logo Facebook.

Logo Facebook sendiri awalnya dikembangkan oleh Mike Buzzard, salah seorang agensi desain yang berasal dari Cuban Council.

Lebih lanjut, Gubuk Pintar akan mengajak mu membahas satu per satu logo Facebook yang pernah dirilis pada bagian berikut ini:

Versi Pertama (2003)

Logo Facemash
Logo Facemash

Seperti yang pernah Gubuk Pintar bagikan dalam artikel Sejarah Facebook, raksasa media sosial ini berawal dari aplikasi Facemash yang juga dikembangkan oleh Mark Zuckerberg. Jadi, bisa dikatakan ini menjadi logo pertama dari Facebook.

Tampilan sederhana Facebook memang sudah diawali sejak era Facemash ini. Logo ini hanya berbekal rangkaian kata "FACEMASH" yang ditulis secara kapital dengan warna font putih serta balutan warna merah maroon sekitarnya.

Versi Kedua (2004)

Logo Facebook 2003
Logo Facebook Tahun 2003

Cikal bakal Facebook muncul Mark Zuckerberg secara resmi merilis media sosial ini dengan nama "The Facebook". Terlepas pergantian nama telah dilakukan, kesederhanaan dari logo terbarunya masih terasa. 

Logo The Facebook masih juga berupa rangkaian huruf dari namanya dengan penambahan tanda kurung siku di bagian awal dan akhir. Warna font dari logo ini banyak dikeluhkan karena tidak cukup jelas dipandang mata.

Perubahaan besar yang terjadi dari logo ini adalah pada bagian warna latar belakangnya yang berubah menjadi warna biru dari sebelumnya merah maroon. Ini bukan semata-mata karena adanya perubahan nama saja tetapi ada pula faktor pribadi dari Mark Zuckerberg yang mempengaruhinya.

Kalau kamu sudah membaca artikel biografi Mark Zuckerberg, kamu pasti sudah tahu kan bahwa pendiri Facebook ini memiliki buta warna parsial, salah satunya terhadap warna merah tetapi tidak pada warna biru.

Hal ini dipercaya menjadi alasan mengapa warna biru dipilih menjadi warna dasar dari Facebook yang cukup identik hingga saat ini.

Versi Ketiga (2005)

Logo Facebook 2005
Logo Facebook Tahun 2005

Seiring dengan popularitas Facebook yang kian meningkat, Mark Zuckerberg memutuskan untuk mengubah nama media sosial ini ke bentuknya saat ini, yaitu "Facebook" pada tahun 2005. Perubahan nama ini pun di ikuti dengan perubahan logo.

Menggunakan font jenis Klavika, logo Facebook yang terkenal ini pun berhasil dirilis. Pada titik ini, kesederhanaan logonya sudah menjadi identitas tersendiri sehingga tidak ada perubahan berarti dari logonya selain warna font nya diubah menjadi putih sehingga jauh lebih jelas dipandang mata.

Logo ini menemani Facebook hingga satu dekade lamanya. Bisa dikatakan bahwa menggunakan logo ini lah kesuksesan Facebook berhasil raih. Oleh karena itu, logo ini masih begitu familiar hingga saat ini bagi para pengguna setia Facebook walaupun telah lama diganti.

Versi Keempat (2015)

Logo Facebook 2015
Logo Facebook Tahun 2015

Setelah sepuluh tahun menggunakan logo versi sebelumnya, Facebook yang telah menjadi raksasa media sosial akhirnya memperbarui logo mereka pada 1 Juli 2015.

Tidak banyak yang berubah dari versi sebelumya. Hanya saja pada versi ini mereka font yang digunakan menjadi lebih tipis. Perubahan yang paling mencolok dapat kamu temukan di huruf "a" yang digunakan. Selain itu, huruf "c", "b" dan "o" juga sejatinya berubah.

Logo ini terus digunakan hingga 31 Mei 2020. Tidak ada perubahan makna logo Facebook pada pembaruan kali ini. Menurut Josh Higgins, direktur kreatif Facebook, mereka memang tidak merencanakan perubahan desain tetapi hanya sebatas sedikit pembaruan saja.

Alasan dilakukan pembaruan logo ini sendiri adalah untuk meningkatkan keterbacaan di perangkat mobile ketika dibutuhkan tampilan logo secara lengkap.

Versi Kelima (2019)

Logo Facebook2019
Logo Facebook Tahun 2019

Facebook kembali merilis logo terbaru pada 30 April 2019. Kali ini, Facebook membuat perbedaan yang terlihat lebih nyata dari logonya.

Mereka menghilangkan latar belakang biru yang selama ini telah cukup identik dengan Facebook dan mengganti warna biru tersebut menjadi warna font yang sebelumnya berwarna putih. Jenis font yang digunakan tetap sama dengan versi sebelumnya.

Logo terbaru ini tidak langsung digunakan untuk semua platform tetapi hanya di smartphone saja. Sejak 1 Juni 2020, logo ini baru aktif digunakan pada Facebook Web.

Versi Monokrom

Logo Facebook Monokrom
Logo Facebook Monokrom

Facebook juga mengeluarkan logo versi monokrom. Versi ini hanya digunakan ketika latar belakang yang digunakan adalah warna putih atau hitam sehingga logo bisa terlihat lebih jelas.

Tidak ada perubahan apapun dari desainnya, hanya saja mereka mengganti warna latar belakangnya menjadi hitam dengan font yang berwarna putih.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun FB

Simbol Facebook

Simbol Facebook
Simbol Facebook

Selain logo, Facebook juga memiliki simbol. Penggunaan dari identitas Facebook yang satu ini adalah menjadi lambang aplikasi, favicon di browser ataupun di lokasi lainnya yang memiliki lebar tidak mencukupi untuk memasang logo Facebook.

Simbol Facebook pun diketahui terus diperbarui dari waktu ke waktu seperti yang terlihat di gambar berikut ini,

Facebook terus membuat simbolnya menjadi lebih sederhana. Simbol Facebook yang pertama mungkin bisa dibilang menjadi yang paling rumit karena memiliki gradasi warna tersendiri.

Gradasi warna itu baru benar-benar hilang ketika Facebook melakukan proses desain ulang pada tahun 2013, dimana mereka mengubahnya menjadi satu warna saja. Pada 2019, Facebook membuat gebrakan terhadap simbolnya. Mereka mengubah latar belakangnya menjadi bulat dari sebelumnya kotak.

Baca Juga: Cara Daftar Facebook

Simbol Halaman Resmi Facebook

Simbol Halaman Facebook
Simbol Halaman Resmi Facebook

Facebook juga memiliki simbol tersendiri bagi halaman resminya. Mereka membuat sedikit perbedaan dengan memilih warna dasar biru yang diserta dengan kotak berwarna putih yang berada dibawah huruf "f".

Brand Facebook

Brand Facebook
Brand Facebook

Brand Facebook adalah logo yang digunakan bukan sebagai identitas utama tetapi hanya ditampilkan untuk meningkatkan awareness pengguna terhadap produk-produk milik Facebook. Seperti apa yang kita ketahui, Facebook sendiri menaungi beberapa aplikasi lainnya.

Melalui blog resminya, Facebook mengumumkan perilisan brand terbaru mereka pada 4 November 2019. Mereka menjelaskan bahwa brand ini akan digunakan di aplikasi-aplikasi di bawah naungan Facebook seperti Messenger, Instagram, WhatsApp, Oculus, Workplace, Portal dan Calibra.

Mereka tidak lagi menggunakan gambar statis seperti pada logo Facebook tetapi menggunakan format GIF, dimana menampilakan beberapa kombinasi warna serta font yang seluruhnya menggunakan huruf kapital yang berukuran lebih tipis.

Facebook menjelaskan bahwa brand ini diharapkan bisa menjadi cara baru mengomunikasikan struktur kepemilikan Facebook kepada pengguna dan bisnis yang menggunakan jasa mereka untuk terhubung, berbagi dan mengembangkan audiens.

Penutup

Demikian makna logo Facebook hingga saat ini. Disini kita bisa melihat betapa mereka memegang teguh kesederhanaan dari setiap desain logo yang dirilis. Kedepan mungkin Facebook masih akan terus melakukan pembaruan. Mari kita tunggu.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Makna Logo Facebook Dari Masa ke Masa, silahkan tulis di kolom komentar ya. 

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar