Mengenal Aplikasi Deepnude Serta Tips Mengatasi Bahayanya
Mengenal Aplikasi Deepnude Serta Tips Mengatasi Bahayanya

Mengenal Aplikasi Deepnude Serta Tips Mengatasi Bahayanya

Deepnude menjadi viral belakangan ini. Berikut penjelasan mengenai Deepnude serta tips mengatasi bahayanya.

Mengenal Aplikasi Deepnude Serta Tips Mengatasi Bahayanya

Jagat internet kembali dibuat gempar oleh penemuan baru yang diciptakan manusia. Kali ini yang menjadi buah bibirnya adalah aplikasi photo editor yang bernama Deepnude dari peredaran. Aplikasi ini dianggap berbahaya karena dapat menciptakan gambar tanpa busana yang di edit olehnya.

Setelah viral beberapa hari lalu, pengembang Deepnude akhirnya memutuskan untuk menghentikan pengembangan aplikasi tersebut serta menariknya dari peredaran. Namun seiring aksi tersebut, kini Deepnude semakin terkenal serta menimbulkan keingintahuan dari para pengguna internet saat ini.
Untuk kalian yang belum mengetahui apa itu Deepnude, berikut penjelasan mengenai aplikasi Deepnude serta tips untuk mengatasi bahayanya.

Mengenal Aplikasi Deepnude Serta Tips Mengatasi Bahayanya


Apa Itu Deepnude?

Deepnude adalah aplikasi untuk Linux dan Windows yang diluncurkan sejak tanggal 23 Juni 2019 oleh seorang pengembang misterius asal Estonia yang dikenal dengan nama Alberto. Deepnude memungkinkan penggunanya untuk mengubah foto seseorang menjadi terlihat tanpa pakaian, yang dirancang untuk bekerja pada wanita. 

Hanya butuh beberapa hari bagi Deepnude untuk membuat popularitasnya meningkat pesat. Aplikasi ini secara permanen ditutup pada tanggal 27 Juni 2019 karena kekhawatiran akan potensi penyalahgunaannya setelah banyaknya media yang mengangkat topik akan potensi bahaya aplikasi ini melansir dari Knowyourmeme.

Mengenal Aplikasi Deepnude Serta Tips Mengatasi Bahayanya
Informasi Penutupan Deepnude di Twitternya (twitter/ @deepnudeapp)



Cara Deepnude Bekerja

Deepnude menggunakan algoritma open-source pix2pix untuk menganalisis gambar input, mengidentifikasi pakaian dan menghapusnya lalu menggantinya dengan gambar yang dihasilkan dari database gambar vulgarnya. Algoritma ini dilatih pada dataset lebih dari 10.000 gambar vulgar wanita. 

Versi gratis dari aplikasi memiliki hasil edit-an yang sebagian diblur dengan watermark besar, dimana dapat dihapus dalam versi berbayarnya yang mengharuskan membayar $50.

Tips Mengatasi Bahaya Deepnude

Sebagaimana yang telah dijelaskan diatas bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi yang baru saja dirilis sehingga tentu masih cukup banyak kekurangannya. Salah satunya adalah algoritmanya yang belum sepenuhnya sempurna sehingga hanya mampu menghasilkan edit-an yang sempurna pada foto tertentu yang menunjukkan bentuk tubuh serta kulit yang jelas.

Melihat potensi yang dapat ditimbulkan dari kemungkinan munculnya aplikasi serupa, tips mengatasi bahaya Deepnude yaitu dengan menghindari mengunggah foto dengan pakaian terbuka.

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa aplikasi ini akan menganalisa bentuk tubuh dari gambar input sehingga ketika gambar input yang digunakan merupakan gambar seseorang dengan pakaian terbuka seperti bikini, dsb. yang menunjukkan lebih banyak lekuk tubuh serta kulit, tentu akan mempermudah aplikasi ini dan sejenisnya untuk menciptakan gambar output yang serealistis mungkin. Jadi lebih bijaksana ya dalam mengunggah foto mu.

Himbauan

Seiring dengan meningkatnya berita mengenai Deepnude, menimbulkan intensitas orang mencari aplikasi ini pun meningkat. Oleh karena itu, hal ini banyak dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan.

Pengembang Deepnude sudah menyatakan bahwa telah menutup akses untuk mengunduh aplikasi tersebut serta menyebut bahwa orang-orang yang menyebarkan aplikasi tersebut sebagai orang yang telah melanggar peraturan yang ada, dengan kata lain aplikasi tersebut telah berstatus illegal saat ini untuk disebarkan
.
Mengunduh hal apapun yang berstatus illegal tentu sangatlah berbahaya. Terutama seperti yang telah disebutkan diatas, telah banyak muncul oknum-oknum yang memanfaatkan situasi ini. Mereka banyak menipu orang dengan cara seakan-akan memberikan alamat situs untuk dapat mengunduh aplikasi Deepnude secara gratis, dimana isi situs tersebut sebenarnya adalah situs yang dirancang untuk menipu orang dengan modus seperti mengharuskan orang yang ingin mengunduh untuk menyelesaikan survey, dan lain sebagainya. Tak jarang situs tersebut menjadi tempat penyebaran malware yang berbahaya. 

Jadi berhentilah untuk mencari salinan illegal dari Deepnude karena aplikasi penyebaran sudah dinyatakan illegal serta penggunaannya yang cenderung merugikan orang lain.

Kesimpulan

Deepnude merupakan aplikasi untuk Linux dan Windows yang memungkinkan penggunanya untuk mengubah foto seseorang menjadi terlihat tanpa pakaian. Pengembangnya telah menghentikan pengembangan aplikasi ini serta menariknya dari persebaran setelah berbagai reaksi media yang menimbulkan maraknya pengaksesan situs Deepnude.

Deepnude menggunakan algoritma yang mampu menganalisa gambar input serta menggantinya dengan gambar vulgar yang berasal dari database nya. Oleh karena itu sangat penting untuk tidak mengunggah foto pribadi dengan pakaian terbuka karena memudahkan Deepnude dan aplikasi sejenis untuk membuat gambar output yang semakin realistis.

Tingginya tingkat pemberitaan akan penutupan Deepnude pun banyak disalah gunakan oleh oknum-oknum untuk meraup keuntungan dengan seakan memberikan alamat situs untuk mengunduh Deepnude secara gratis.

***

Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar artikel Mengenal Aplikasi Deepnude Serta Tips Mengatasi Bahayanya, silahkan tulis dikolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Next
This Is The Current Newest Page