Mengulas ChatAja, Aplikasi Chatting Karya Anak Bangsa - Gubuk Pintar
Mengulas ChatAja, Aplikasi Chatting Karya Anak Bangsa
Mengulas ChatAja, Aplikasi Chatting Karya Anak Bangsa

Mengulas ChatAja, Aplikasi Chatting Karya Anak Bangsa

Aplikasi ChatAja merupakan aplikasi chatting karya anak bangsa. Yuk baca ulasan singkat aplikasi ChatAja dalam artikel ini!

chataja
Inovasi seputar aplikasi berkirim pesan (messenger) tidak hanya milik negara lain saja, tetapi Indonesia juga melakukannya. Salah satu buktinya adalah aplikasi ChatAja yang dapat mengakomodir kebutuhan berkirim pesan harian mu.

Aplikasi ini merupakan karya anak bangsa yang telah masuk ke persaingan sejak satu tahun lalu. Nah, cuma mungkin 'sinar' nya masih belum secemerlang aplikasi sejenis seperti WhatsApp dan Line. Namun bukan berarti ChatAja kalah secara fitur lho.

Bila kamu bertanya, 'memang apa saja fitur ChatAja ?' maka kamu sedang membaca artikel yang tepat. Melalui artikel ini, Gubuk Pintar akan mengulas aplikasi satu ini dari latarbelakang perilisannya hingga fitur yang disajikan beserta kelebihannya.

Sebelumnya, Gubuk Pintar juga telah menuliskan ulasan tentang HiApp. Apabila kamu juga belum mengetahuinya, kamu dapat membaca ulasannya dalam artikel Mengenal HiApp, Aplikasi Messenger Karya Anak Bangsa Yang Jadi Pesaing WhatsApp.

Tanpa berlama-lama lagi, mari kita ke bagian inti artikelnya.

ChatAja

Apa itu ChatAja?

ChatAja merupakan aplikasi messenger yang 100% asli buatan Anak Bangsa. Asal muasal nama aplikasi ini sendiri diambil dari kata “Chat” artinya "obrolan" dalam bahasa Indonesia, dan kata “Aja” yang sering diartikan sebagai hal yang mudah dilakukan.

Misi yang dibawa oleh ChatAja adalah untuk menjaga kedaulatan data komunikasi secara digital. Aplikasi ini sendiri telah dirilis sejak September 2019 pada berbagai platform seperti Android dan iOs serta browser web.

Tidak kalah dari aplikasi sejenis, kamu juga dapat mengobrol, mengirim pesan suara, membaca berita, memainkan mini games, memesan tiket, dan banyak lagi dengan ChatAja.


Fitur ChatAja

Terdapat beberapa fitur utama dari ChatAja yang dapat kamu nikmati. Beberapa diantaranya yaitu,

  • Cloud Native
    Semua berkas dan riwayat chat mu akan tersimpan secara otomatis dalam sistem penyimpanan cloud ChatAja. Keuntungan yang kamu peroleh dari fitur ini adalah ruang penyimpanan internal yang lebih 'irit' serta kamu dapat mengaksesnya dengan mudah diberbagai platform berbeda.

  • Enkripsi Berkas
    Berbekal fitur ini, kamu dapat mengirim file yang terenkripsi yang membutuhkan kode verifikasi untuk mengaksesnya. Kamu tidak perlu takut berkas yang kamu kirim akan dibajak lagi sekarang!

  • Fitur Jelajah
    Kamu daat menikmati berbagai konten gratis seperti berita, mini games, curhat dengan psikologis berlisensi, dan lain-lain melalui akun resmi yang ada di ChatAja. Selain itu, kamu juga dapat menciptakan chatbot untuk keperluan apapun.

  • Group Chat
    Tentu saja ini menjadi salah satu fitur yang wajib ada disebuah aplikasi chatting saat ini. ChatAja tentu tidak lupa menyertakan hal ini. Kamu dapat chatting dengan teman, keluarga ataupun rekan kerja dalam sebuah grup yang juga dapat memudahkan mu berbagi berkas, gambar ataupun video.

  • Manajemen Berkas
    Bila umumnya kamu harus scroll di halaman chat, berbekal fitur ini kamu dapat mengakses foto, video, dokumen, atau pun link yang pernah kamu kirim di satu tempat dengan mudah.

Tentu saja masih ada berbagai fitur menarik lainnya dari aplikasi ChatAja, terutama aplikasi ini akan terus diperbarui sehingga kamu pasti akan jauh lebih nyaman menggunakannya kedepan.


Kelebihan Aplikasi ChatAja

Tidak hanya fiturnya saja yang menarik, aplikasi ChatAja juga hadir dengan menawarkan berbagai kelebihan yang belum tentu dapat kamu temui pada aplikasi sejenis lainnya. Berikut ini beberapa kelebihan ChatAja,

  • Tanpa Iklan
    Bukan lagi barang baru bahwa beberapa media sosial memanfaatkan traffic nya untuk mendapatkan keuntungan dengan menawarkan pemasangan iklan. Meskipun ini cukup logis demi kelangsungan bisnis tetapi tak jarang ini justru menggantu pengguna aplikasi tersebut.

    Menyoroti permasalahan tersebut, ChatAja berkomitmen menciptakan aplikasi yang 'bersih' dari segala jenis iklan sehingga dapat dengan nyaman menggunakan aplikasinya.

  • Keamanan Data Privasi
    Keamanan privasi pengguna merupakan salah satu hal paling wajib dipenuhi setiap startup saat ini. Hal ini tidak luput dari perhatian ChatAja dan menawarkan hal yang mungkin tidak dapat kamu dapatkan ketika menggunakan aplikasi seperti WhatsApp ataupun Line.

    Tidak hanya ide saja yang berasal dari Indonesia tetapi lokasi servernya pun berada di tanah air. Oleh karena itu, kamu dapat terhindar dari kecoboran data yang tidak terdeteksi karena lokasi server berada di luar negeri. Selain itu, ChatAja juga berkomitmen untuk tidak membagikannya ke perusahaan atau layanan manapun.

  • Memanfaatkan Metode Penyimpanan Berbasis Cloud
    Seiring penggunaan pasti sering kamu temukan suatu aplikasi chatting akan memakan semakin banyak memori penyimpanan di internal gadget mu. Hal ini tidak akan kamu temukan ketika beralih menggunakan ChatAja karena mayoritas akan di simpan di cloud.

    Riwayat chat dan setiap berkas yang ada akan secara otomatis di simpan sehingga kamu tidak perlu takut kehilangan bahkan ketika kamu menghapus aplikasinya.

  • Mempertahankan Resolusi Asli Foto
    Beberapa aplikasi sejenis saat ini akan melakukan kompresi terhadap foto yang dikirimkan pengguna. Salah satu dampak dari proses ini adalah turunnya resolusi foto ketika sampai ke penerima.

    Kamu tidak akan menemukan kondisi tersebut di ChatAja karena foto mu akan dikirimkan sesuai dengan resolusi aslinya!

 

Cara Download ChatAja

Bagi kamu yang ingin mencoba aplikasi ChatAja, aplikasi ini telah tersedia di Google Playstore. Hingga saat ini, ChatAja telah diunduh lebih dari 100 ribu kali dan memperoleh nilai 3,7/5. Aplikasi ini pun masih terus diperbarui oleh pengembang sehingga tidak menutup kemungkinan terus membaik dari waktu ke waktu.

Kamu dapat mengunduhnya di Google Playstore melalui tombol berikut ini,

Google Play

Penutup

Itulah ulasan singkat Gubuk Pintar tentang aplikasi ChatAja. Selanjutnya dapat kamu temukan langsung dalam aplikasinya. Sudah tidak ragu akan kualitasnya kan?

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Mengulas ChatAja, Aplikasi Chatting Karya Anak Bangsa, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar