Memahami Apa Arti Typo dan Tips Menghindarinya - Gubuk Pintar
Memahami Apa Arti Typo dan Tips Menghindarinya
Memahami Apa Arti Typo dan Tips Menghindarinya

Memahami Apa Arti Typo dan Tips Menghindarinya

Apa itu Typo? Bila kamu sedang mencari arti Typo, yuk baca artikel ini dan temukan jawabannya serta tips menghindari Typo.

arti typo
Pernahkah kamu mendengar kata Typo? atau mungkin pernah menjadi 'sasaran' orang karena mereka menyebutmu telah melakukannya? Namun sayangnya, kamu menjadi bingung karena tidak tahu apa arti Typo yang mereka sebutkan itu.

Melalui artikel ini, Gubuk Pintar akan mengajak mu memahami arti kata Typo serta menjelaskan beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab terjadinya Typo. Tak lupa, kamu juga dapat menemukan tips menghindari Typo dalam artikel ini.

Yuk, kita langsung masuk ke bagian inti artikelnya!
 
Daftar Isi
    Contoh Typo



Apa Itu Typo?

Secara umum, arti Typo adalah kesalahan penulisan dalam jumlah minimal yang dapat menyebabkan kesalahan pengejaan bahkan menimbulkan ambiguitas arti dari suatu kata/kalimat.
 
Typo sendiri sering dianggap sebagai sebuah sebutan 'kekinian' yang digaungkan pada era media sosial. Ya, mungkin memang kata ini kian terkenal seiring dengan mengakarnya media sosial di masyarakat tetapi ini merupakan suatu singkatan dari sebuah kata yang formal.

Kata 'typo' merupakan singkatan dari typographical error yang bila diartikan dalam bahasa Indonesia adalah salah ketik.
 
Typo bersifat di luar kesengajaan yang 'berhasil' lolos dari pengamatan pribadi serta bukan pula terjadi oleh ketidaktahuan cara mengeja kata dari sang penulis yang artinya Typo terjadi secara spontan. Sederhananya, typo murni merupakan kelalaian yang dilakukan orang pada suatu waktu tertentu secara spontan.
 

Contoh Typo

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, typo terjadi secara tidak sengaja. Oleh karena itu, tidak ada kata spesifik yang umum menjadi 'objek' typo. Berikut ini merupakan contoh typo yang dapat terjadi,
  • Gubuk menjadi Gbuuk
  • Contoh menjadi Cintoh
  • Tau menjadi Tai
  • Ketika menjadi Ketiak
  • Kenyal menjadi Kental
  • Keras menjadi Kerad
  • Pintar menjadi Pintaer
  • Siap menjadi Suap
  • Kacau menjadi Kaca
Seperti yang ditunjukkan contoh diatas, typo biasanya berupa kesalahan peletakkan huruf, pemilihan huruf serta kelebihan atau kekurangan penggunaan huruf yang menyebabkan perbedaan ejaan hingga makna kata.

Baca Juga: Arti Kata LMAO

Penyebab Terjadinya Typo

Setelah mengetahui arti typo, kini kita pahami juga faktor-faktor penyebabnya. Beberapa yang umum ditemukan sebagai penyebab terjadinya typo yaitu,
  1. Mengetik Dalam Kondisi Kurang Fokus dan Nyaman
    Tak banyak orang yang dapat mengerjakan dua hal dalam satu waktu secara sempurna, termasuk mengetik. Kamu butuh merangkai kata yang tepat agar informasi hasil ketikkan mu dapat tersampaikan sehingga membutuhkan otak untuk terkonsentrasi pada hal ini.

    Meskipun sudah memilih kata yang tepat, terkadang ketika mengerjakan dua hal dalam waktu yang bersamaan secara tak sadar kita bisa saja menjadi lalai terhadap pekerjaan yang satu. Ketika yang kamu lalaikan ini ternyata adalah ketikkan tulisan mu, maka apabila terdapat typo maka hal tersebut bisa saja terlewati karena typo tidak begitu 'eye catching' memang.

    Selain itu, kondisi tak nyaman seperti sedang terburu-buru, mengetik ditempat dengan pencahayaan minim, mengantuk dan sebagainya tentu juga dapat menurunkan tingkat fokus mu sehingga dapat menyebabkan typo.

  2. Fitur Auto Correct
    arti typo auto correct
    Khusus untuk kamu yang menggunakan smartphone, pasti tidak asingkan dengan fitur ini. Meskipun bertujuan membantu memberikan sugesti kata, menggunakan fitur auto correct terkadang bisa 'menyesatkan' karena secara tidak sengaja kata yang keluar tidak relevan.

    Fitur ini memanfaatkan machine learning untuk memproses kata-kata yang umum kamu gunakan serta memiliki kesamaan dengan karakter awal yang kamu ketikkan. Karakter awal yang sama belum tentu menunjukkan kamu ingin menulis kata yang sama kan?

    Oleh karena itu, typo yang biasanya disebabkan oleh fitur ini bukan saja salah eja tetapi bisa juga hingga salah kata!

  3. Ukuran Keyboard Tidak Sesuai
    Bayangkan ketika kamu mengetik disebuah keyboard berukuran yang kecil, dimana jari mu terlalu besar sehingga bisa menyebabkan penekanan terhadap dua hingga tiga karakter sekaligus? Tentu apabila tidak hati-hati akan banyak typo yang terjadi.

    Biasanya ini cenderung ditemukan di smartphone karena untuk perangkat laptop/komputer ukuran keyboardnya cenderung besar.

  4. Terdapat Kerusakan Pada Perangkat
    Tidak menutup kemungkinan terdapat error dari perangkat mu sehingga menyebabkan karakter yang diketikkan menjadi tertukar. Coba mulai cek dahulu dari keyboard mu, apakah masih sehat?
 

Tips Menghindari Typo

Untuk menghindari typo, kamu dapat coba menerapkan beberapa tips berikut ini sehingga tidak malu karena menemukan tulisan typo telah terbaca oleh orang lain. Ini tipsnya,
  1. Matikan fitur Auto-Correct di smartphone mu
    Cara menghindari typo yang pertama adalah dengan menonaktifkan fitur auto correct. Secara umum, kamu dapat melakukannya dengan langkah berikut ini.
    1. Buka Settings
    2. Pilih Language and Input
    3. Masuk ke pengaturan keyboard
    4. Cari Auto Correct/Auto Suggest atau sejenisnya dan matikan opsi tersebut
    Apabila sudah mematikkannya, coba untuk mengetik kembali untuk memastikan fitur ini telah sepenuhnya dimatikan.

  2. Fokus dan Mengetik Dengan Posisi Nyaman
    arti typo mengetik
    Carilah tempat dan posisi yang nyaman sebelum mengetik, hindari tempat yang terlalu gelap atau terang. Fokuskanlah dirimu untuk mengetik terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan lainnya dan jangan terburu-buru ya.

  3. Gunakan Perangkat Dengan Kondisi Baik dan Sesuai
    Apa yang bisa dilakukan ketika memang ternyata penyebabnya adalah perangkat yang rusak? Pilihannya hanyalah memperbaikinya terlebih dahulu.

    Selain itu, kalau kamu berminat menggantinya maka pilihlah ukuran perangkat yang sesuai dengan mu. Jangan sampai terlalu kecil ataupun besar sehingga membuat mu mengetik dengan tidak nyaman.

  4. Melakukan Proofreading
    Apa yang Gubuk Pintar maksud disini adalah kegiatan membaca ulang tulisan mu sebelum mempublikasikan atau mengirimnya ke orang lain. Kamu dapat melakukannya sendiri tetapi apabila sifatnya formal, sebaiknya kamu juga meminta saran orang lain juga apabila memungkinkan.

Penutup

Pada tahap awal tadi kamu sudah pahamkan arti typo itu apa, kemudian kita juga sudah membahas hal-hal yang menyebabkan typo serta tips menghindarinya. Oleh karena itu, semoga kini kamu dapat terhindar dari penulisan typo dalam bentuk apapun, baik ketika chatting atau bahkan menulis dokumen formal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Memahami Apa Arti Typo dan Tips Menghindarinya, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar