√ 10+ Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook - Gubuk Pintar
10+ Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook
10+ Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook

10+ Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook

Ada banyak cara mendapatkan uang dari Facebook. Daftarnya akan Gubuk Pintar bagikan dalam artikel ini. Yuk, baca sekarang agar tidak ketinggalan tahu!

Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook

Bukan rahasia lagi bahwa ada banyak sekali cara mendapatkan uang dari Facebook yang tersedia saat ini. Sosial media yang satu ini cukup berhasil untuk mengikuti tuntutan zaman sehingga tidak lagi hanya dikenal sebagai tempat chatting saja.

Melihat jumlah pengguna aktif Facebook yang mencapai 2,7 miliar pengguna per bulan di awal tahun 2021, rasanya Facebook memang sangat cocok untuk dijadikan tempat menghasilkan uang.

Kalau kamu sedang mencari inspirasi cara menghasilkan uang dari Facebook, daftar ini tentu wajib untuk kamu baca. Gubuk Pintar akan membagikan beberapa contoh metode yang dapat kamu gunakan untuk memperoleh pendapatan.

Harapannya kamu dapat memperoleh ide selepas membaca artikel kali ini.

Daftar Isi




Kumpulan Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook

Berikut ini adalah daftar cara mendapatkan uang dari Facebook yang sudah Gubuk Pintar kumpulkan yaitu: 

  1. Berjualan di Grup

    Rasa cara yang satu ini sudah terterbak oleh mu karena memang cukup 'konvensoinal' dilakukan. Namun nyatanya cara ini masih menjadi salah satu yang paling efisien dalam menjaring pelanggan, terutama bila akun mu belum memiliki branding yang cukup. 

    Ada pun tips yang Gubuk Pintar sarankan untuk mu bila ingin melakukan cara ini, yaitu:

    • Bergabunglah di grup yang cocok dengan produk atau jasa mu
    • Aktiflah berdiskusi dan bangun kredibilitas mu di dalam grup tersebut

    • Lakukan soft selling dipostingan anggota grup apabila produk atau jasa mu sekiranya dapat menjadi solusi dari masalah yang dialami oleh anggota grup tersebut

    • Sesekali, lakukan hard selling dengan membuat postingan khusus promosi di grup tersebut. Seminggu sekali rasanya cukup bagus

    Kunci dari berjualan di grup Facebook adalah kepercayaan anggota terhadap mu. Oleh karena itu, jadilah bermanfaat di grup tersebut agar akun mu dikenal secara positif.


  2. Membuat Fanspage Jualan

    Cara mendapatkan uang dari Facebook yang satu ini dapat kamu jalankan ketika kamu sudah berhasil membangun brand mu. Alasannya, untuk dapat berjualan di fanspage maka kamu harus memiliki pengikut organik.

    Ini tidak akan berjalan dengan baik meskipun kamu memiliki cukup banyak pengikut fanspage tetapi akun-akun tersebut tidak aktif.

    Tips untuk berjualan di fanspage Facebook yaitu:

    • Buat konten yang menarik berupa foto atau video secara rutin. Hindari konten yang monoton dan hanya berupa teks saja

    • Sediakan informasi dasar seperti alamat email, nomor WhatsApp, website, dsb. di halaman fanspage mu agar kamu mudah dijangkau oleh calon pembeli

    • Buatlah satu postingan khusus yang menjelaskan cara pembelian produk atau jasa mu. Kamu bisa meletakkannya di sticky post agar mudah ditemukan

    Untuk fanspage atau brand baru, sebaiknya kombinasikan cara ini dengan cara berjualan di grup yang telah Gubuk Pintar bagikan sebelumnya. Arahkan calon pembeli yang berasal dari grup ke fanspage mu sebelum melakukan transaksi untuk meningkatkan awareness.

    Siapa tahu dia senang dan mulai mengikuti fanspage mu.


  3. Berjualan di Marketplace Facebook

    Secara resmi, Facebook juga memiliki marketplace nya tersendiri yang memang disediakan untuk menghubungkan penjual dan pembeli. Kamu juga bisa menjajakan produk atau jasa mu disini. 

    Sayangnya, marketplace Facebook cukup 'berbeda' dengan marketplace pada umumnya. Tampilan barang yang dijual dibatasi oleh lokasi mu. Artinya hanya orang-oranya yang berada dalam radius terdekat dengan mu saja yang dapat melihatnya.

    Tips berjualan di marketplace Facebook yaitu:

    • Gunakan foto yang menarik perhatian

    • Sediakan fitur pembayaran Cash on Delivery (COD) untuk meningkatkan kenyamanan transaksi calon pembeli

    • Letakkan kata kunci di judul dan deskripsi produk atau jasa mu agar mudah ditemukan calon pembeli

    • Posting berulang kali di lokasi berbeda apabila kamu ingin mendapatkan exposure yang lebih luas

    Melihat kondisi marketplace Facebook yang rasanya cukup jarang dimoderasi, kamu harus mampu meyakinkan calon pembeli dengan menampilkan profil yang jelas. Jangan sampai mereka enggan bertransaksi hanya karena akun mu terlihat seperti akun penipuan.

  4. Membuat Grup Premium

    Sejak pertengahan tahun 2018, Facebook telah memperkenalkan fitur keanggotaan grup berbayar agar admin grup dapat lebih serius dalam membangun komunitas yang positif dan tertata.

    Salah satu yang telah sukses menjalankan fitur ini yaitu Sarah Mueller, seorang Blogger lifestyle yang kerap kali membahas tentang interior rumah.

    Grup Declutter My Home With Sarah Mueller yang dikembangkan Sarah sejatinya adalah grup gratis tetapi di dalamnya terdapat pula sub-grup bernama Organize My Home. Untuk bergabung dengan sub-grup ini, anggota butuh berlangganan dengan biaya $14,99 per bulannya.

    Saat ini, grup Declutter My Home with Sarah Mueller telah memiliki lebih dari 60 ribu anggota. Bayangkan saja apabila 10% nya berlangganan sub-grup Organize My Home, maka Sarah dapat memperoleh setidaknya $90.000 atau sekitar lebih dari 1,2 miliar per bulan!

    Kalau kamu yakin memiliki daya tarik tertentu dan telah memiliki anggota grup yang cukup, rasanya menawarkan keanggotaan ekslusif kepada mereka adalah opsi yang harus kamu pertimbangkan.

  5. Mengaktifkan Fitur Langganan Fanspage

    Tidak hanya grup yang bisa dibuat keanggotaan ekslusif, fanspage juga bisa!

    Cara mendapatkan uang dari Facebook yang satu ini adalah dengan menawarkan konten ekslusif ke pengikut fanspage yang berlangganan. Ketika langganan mereka aktif, maka mereka dapat mengakses seluruh konten fanspage mu, baik gratis atau berbayar.

    Namun tentu syaratnya tidak mudah. Facebook sendiri membatasi fanspage yang dapat melakukannya harus setidaknya telah memenuhi persyaratan berikut ini:

    • Memiliki 10.000 pengikut atau 250+ pemirsa yang kembali

    • Telah mendapatkan 50.000 interaksi postingan atau 180.000 menit ditonton

    Selain syarat diatas, kamu juga harus menyiapkan rencana konten berbayar agar pengikut fanspage tertarik untuk berlangganan.

    Note: Untuk saat ini, fitur langgnanan fanspage hanya bisa diperoleh melalui undangan resmi dari pihak Facebook saja setelah kamu memenuhi syarat-syarat diatas.

  6. Memonetisasi Fanspage

    Kalau sebelumnya kamu mendapatkan uang dari biaya langganan fanspage, pada bagian ini kamu juga bisa memanfaatkan fanspage untuk mendapatkan uang dengan menayangkan iklan di Facebook.

    Seperti hal nya pada Youtube, video yang ditayangkan di fanspage Facebook juga bisa disisipkan iklan. Kamu pun bisa dibayar apabila disetujui oleh Facebook untuk menjadi penayangnya.

    Kententuan yang ditetapkan Facebook agar suatu fanspage bisa menayangkan iklan yaitu:

    • Fanspage memiliki minimal 5 video aktif

    • Memiliki akumulasi 600.000 menit tayang selama 60 hari terkakhir dari video on-demand, streaming atau siaran ulang streaming

    • Memiliki setidaknya 10.000 pengikut

    • Durasi setiap video tidak kurang dari 3 menit

    Apabila halaman fanspage mu sudah memenuhi syarat diatas, kamu bisa mengajukan peninjauan melalui halaman Facebook Creator. Pihak Facebook akan memberikan keputusan apakah fanspage mu layak atau masih harus dibenahi.

  7. Bergabung Menjadi Facebook Gaming Creator

    Bagi yang senang streaming bermain game, Facebook sedang gencar mencari orang-orang seperti kamu untuk bergabung menjadi kreator konten di Facebook Gaming.

    Program yang dikembangkan Facebook sejak tahun 2018 ini menjadi wadah para streamer game membangun komunitas dan menyebarkan karyanya. Menariknya, Facebook siap memberikan timbal balik berupa uang dan fasilitas tertentu bagi yang dianggap layak.

    Pendapatan mu akan diakumulasikan dari tayangan iklan, donasi penonton hingga kontrak tertentu dari Facebook.

    Kalau tertarik mendalami cara mendapatkan uang dari Facebook yang satu ini, kamu bisa membaca penjelasan lebih lanjut dan persyaratan yang dibutuhkan di artikel Cara Daftar Facebook Gaming Creator.

  8. Menjadi Influencer

    Di era sekarang ini, banyak yang bercita-cita menjadi seorang influencer di sosial media. Banyak pihak menganggap ini adalah pekerjaan idaman karena selain dikenal banyak orang, influencer juga bisa menghasilkan banyak uang.

    Kalau kamu memang sudah memiliki basis pengikut yang besar, jalan mu menghasilkan uang dengan menjadi seorang influencer tentu sudah didepan mata. Kamu bisa mulai dengan memberikan awareness kepada pengikut mu bahwa kamu bersedia bekerjasama.

    Bentuk kerjasama yang kamu tawarkan bisa cukup beragam, seperti endorsment berupa foto, video, tulisan hingga menjadi brand ambassador dari suatu merk tertentu.

    Tidak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan basis pengikut mu untuk menjual produk atau jasa yang kamu miliki. Kemungkinan mereka untuk membelinya tentu cukup besar mengingat sosok mu yang telah berhasil membuat mereka tertarik.

    Lantas untuk yang belum memiliki banyak pengikut bagaimana?

    Tenang saja, berikut ini tips untuk mu:

    • Buatlah profil Facebook yang menarik. Isi semua kebutuhan data yang bisa meyakinkan pengunjung profil mu bahwa kamu adalah orang yang menarik

    • Bergabunglah ke grup Facebook yang sesuai dengan minat dan keahlian mu. Bangun citra positif di grup tersebut dan buat anggotanya mengenal diri mu secara baik. Setelah itu, kembangkan reputasi mu dengan bergabung ke grup lainnya

    • Secara rutin, bagikan pemikiran atau karya mu di status Facebook dan sebar ke grup dan fanspage yang relevan

    • Bertemanlah dengan orang-orang yang bisa kamu ajak diskusi. Apabila mereka membuat status terbaru, jangan ragu untuk like dan memberikan komentar yang relevan. Bisa saja ada orang lain yang tertarik dengan komentar mu

    • Balas setiap pesan yang masuk dengan ramah. Kamu tidak perlu membalas semuanya dalam satu waktu tetapi kabari saja mereka bahwa kamu sudah membacanya dan akan membalasnya dilain waktu bila kamu sedang sibuk

    Intinya, untuk bisa menjadi seorang influencer adalah kamu harus tahu apa kekuatan utama dari diri mu. Hal ini lah yang kamu 'tawarkan' kepada mereka yang mengikuti mu dengan harapan mereka bisa mendapatkan sesuatu yang bersifat positif.

    Contoh nyatanya adalah Sarah Mueller, sosok yang berhasil mengembangkan grup premium yang telah dibahas sebelumnya.

  9. Menjadi Social Media Manager

    Apabila cara mendapatkan uang dari Facebook yang telah dibagikan sebelumnya masih belum ada yang cocok dengan mu, mungkin menjadi social media manager bisa menjadi jawabannya.

    Dalam hal ini kamu bisa berfokus di Facebook saja. Tugas mu adalah mengatur konten yang akan dipublikasikan oleh suatu akun, baik ikut akun personal, grup ataupun fanspage. Biasanya, pekerjaan ini dikenal juga dengan sebutan "Admin Facebook".

    Kamu juga bertugas menjawab setiap komentar dan pesan yang masuk sesuai dengan arahan dari sang pemilik akun.

    Saat ini, banyak orang yang mencari seorang social media manager baik secara full-time ataupun freelance. Menarinya, ada pula yang menawarkan pekerjaan secara remote sehingga kamu bisa bekerja dari rumah.

    Syarat yang dibutuhkan untuk menjadi social media manager biasanya berkutat diseputar kemampuan marketing dan pengalaman menggunakan media sosial. Kamu bisa mulai mencari lowongannya di LinkedIn ataupun situs freelance seperti Fiverr.

  10. Memanfaatkan Facebook Untuk Menarik Traffic ke Website

    Untuk yang satu ini memang uangnya tidak langsung berasal dari Facebook tetapi hasil konversi traffic nya ke website.

    Kalau kamu memiliki website yang menjual produk atau sekedar menjadi penayang iklan, tentu kamu membutuhkan traffic untuk bisa mendapatkan konversi berupa uang. Nah, salah satu sumber traffic potensial adalah dari Facebook.

    Sudah dijelaskan pada bagian awal artikel ini bahwa jumlah pengunjung bulanan Facebook angkanya sangat fantastis.

    Kamu bisa mulai dengan cara gratis seperti mempromosikan website mu di status pribadi, fanspage dan grup secara relevan untuk menarik traffic. Namun cara ini tentu membutuhkan waktu, kurang efisien dan rawan dianggap spam oleh Facebook.

    Cara yang lebih efisien dan sudah banyak digunakan oleh para internet marketer adalah dengan memanfaatkan FB Ads. Ya, kamu membuat iklan yang tujuannya adalah meningkatkan kunjungan ke website mu.

    Dengan sedikit opstimasi seperti kalimat call to action yang tepat, website mu pasti langsung 'kebanjiran' traffic sehingga peluang mendapatkan penjualan ataupun peningkatan pendapatan dari iklan menjadi lebih besar.

  11. Program Affiliate Marketing

    Cara mendapatkan uang dari Facebook lain yang dapat kamu coba adalah dengan menjadi partner affiliate dari sebuah produk. Biasanya sih brand-brand besar banyak menyediakan kesempatan ini.

    Contoh saja Alibaba, Amazon, dsb., mereka menyediakan program affiliate untuk meningkatkan penjualan dari produk-produknya.

    Tugas dari seorang affiliate marketer adalah mempromosikan produk dari sebuah brand dan konversi yang terjadi karena promosi yang kamu lakukan akan menjadi bayaran untuk mu.

    Bentuk konversinya sendiri cukup beragam, bisa berupa penjualan produk, berlangganan ataupun pendaftaran, sesuai dengan program yang dijalankan oleh brand tersebut.

    Bisa dibilang, menjadi seorang affiliate marketer artinya kamu menjadi seorang perantara antara penjual dan pembeli.

    Lagi-lagi, berbekal pengunjung Facebook yang jumlahnya cukup banyak, rasanya kamu tidak akan sulit untuk mempromosikan suatu produk kan?

Baca Juga: Cara Hapus Akun FB

Penutup

Tentu tidak ada yang instan, beragam cara dapat uang dari Facebook yang Gubuk Pintar bagikan diatas bukan lah langkah mungkin mudah tetapi tidak juga mustahil untuk dilakukan. Kamu tetap perlu berusaha dan membuat strategi yang tepat untuk dapat menghasilkan uang.

Jadi, tetap semangat ya dan semoga artikel ini bermanfaat.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel 10+ Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook, silahkan tulis di kolom komentar ya. 

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar