√ Penjelasan dan Cara Membuat FB App ID - Gubuk Pintar
Penjelasan dan Cara Membuat FB App ID
Penjelasan dan Cara Membuat FB App ID

Penjelasan dan Cara Membuat FB App ID

Belum tahu apa itu FB App ID? Yuk, temukan penjelasan dan cara membuat FB App ID secara lengkap dalam artikel ini sekarang juga!

FB App ID

Sebagian pengguna Facebook profesional tentu sudah tidak asing dengan salah satu tag yang bernama FB App ID. Ini merupakan salah satu properti yang akan kamu temui ketika membuat sebuah aplikasi di Facebook Developer.

Sebenarnya tidak ada cara khusus untuk mendapatkannya karena prosedur membuatnya hanya satu pintu yaitu melalui Facebook Developer itu sendiri. Hanya saja bagi kamu yang jarang memanfaatkan Facebook untuk kebutuhan pengembangan aplikasi mungkin akan sedikit asing dengan langkah-langkahnya.

Tenang saja, itulah fungsi artikel ini. Gubuk Pintar akan memandu mu mendapatkan FB App ID serta akan coba menjabarkan sedikit tentang apa sebenarnya fungsi dari tag ini.

Daftar Isi




Apa Itu FB App ID?

Facebook App ID adalah sebuah properti khusus milik Facebook yang berguna untuk mengirimkan informasi suatu aplikasi kepada Facebook. 

Nantinya, informasi ini bisa digunakan sebagai data untuk mengembangkan aplikasi yang dibuat oleh pengguna yang berbasis di Facebook.

Aplikasinya sendiri bisa bermacam-macam, seperti aplikasi Android, iOs bahkan website. Aplikasi-aplikasi ini nantinya akan ditampilkan di Facebook dan diakses penggunanya secara luas.

Selain dapat digunakan sebagai sarana promosi, mengembangkan aplikasi di Facebook pun dapat menghasilkan uang dengan melakukan monetisasi berupa iklan.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Facebook


Cara Membuat FB App ID

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk memperoleh FB App ID:

  1. Masuk ke Facebook dengan akun mu

  2. Buka Facebook for Developers

  3. Klik Get Started

  4. Ikuti proses pendaftaran akun Facebook Developer. Dalam langkah ini, kamu diminta untuk melakukan proses verifikasi akun dengan nomor telepon. Jadi pastikan kamu memiliki nomor telepon yang aktif ya.

  5. Setelah akun mu berhasil dibuat, klik My Apps dan pilih Create App yang terletak di pojok kanan atas

    Membuat FB App

  6. Tuliskan nama aplikasi dan email mu sebagai pengembang aplikasi

    Membuat FB App Baru

  7. Pada tahap ini, kamu diminta untuk memilih produk. Klik Set Up di opsi Facebook Login

    produk facebook developer

  8. Selanjutnya, kamu bisa memilih opsi yang ada antara iOs, Android, Website atau lainnya tergantung apa bentuk aplikasi yang kamu ingin buat

    platform facebook developer

  9. Detail langkah selanjutnya berbeda-beda, menyesuaikan pilihan aplikasi yang kamu kembangkan. Namun secara umum, pada tahap ini kamu harus menuliskan informasi tentang aplikasi mu

  10. Untuk melihat FB App ID, buka tab Settings dan pilih Basic. Kamu bisa menemukan FB App ID dan FB App Secret dari aplikasi mu disana

    FB App ID dan FB App Secret

  11. Jika informasinya sudah lengkap, jangan lupa aktifkan aplikasi mu dengan menggeser track ball ke kanan hingga statusnya Live

    Mengaktifkan FB App

Baca Juga: Daftar Facebook Gaming Creator

Penutup

Sekarang kamu sudah berhasil membuat FB App ID. Ini bisa kamu manfaatkan untuk beragam kebutuhan, terutama bagi yang ingin mengembangkan aplikasi di Facebook dan memonetisasinya.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Penjelasan dan Cara Membuat FB App ID, silahkan tulis di kolom komentar ya.

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar