√ Biografi Mark Zuckerberg, Sang Pendiri Facebook - Gubuk Pintar
Biografi Mark Zuckerberg, Sang Pendiri Facebook
Biografi Mark Zuckerberg, Sang Pendiri Facebook

Biografi Mark Zuckerberg, Sang Pendiri Facebook

Sudah tahu profil Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook belum? Yuk, kita ulas bagaimana biografi Mark Zuckerberg dalam artikel ini!

Biografi Mark Zuckerberg

Rasanya sudah banyak yang mengetahui sosok pendiri Facebook ini tetapi mungkin belum hingga ke tahap lengkap dari bagaimana biografi Mark Zuckerberg

Sebagai pendiri sekaligus pemilik Facebook, Zuckerberg tentu memiliki aset kekayaan yang melimpah. Selain itu, ternyata Ia juga merupakan lulusan salah satu universitas terkenal di dunia dan memiliki sederet pencapaian yang luar biasa.

Melalui artikel ini, Gubuk Pintar ingin mengajak mu mengulas profil Mark Zuckerberg dari kehidupannya, latar belakang pendidikan, awal membuat Facebook hingga pencapaian yang pernah diraihnya. Yuk, kita baca lebih lanjut dibagian selanjutnya!

Daftar Isi




Kehidupan Pribadi Mark Zuckerberg

Bernama lengkap Mark Elliot Zuckerberg, pendiri Facebook ini lebih akrab dikenali sebagai Mark Zuckerberg. Zuck, nama panggilannya, lahir di White Plains, New York, Amerika pada 14 Mei 1984. Selain dikenal sebagai pengusaha, Zuckerberg juga merupakan seorang filantropi.

Keluarga Mark Zuckerberg

Tidak satu pun dari kedua orangtuanya yang merupakan seorang pebisnis. Ayah Zuckerberg yang bernama Edward Zuckerberg merupakan seorang dokter gigi di Amerika. Disisi lain, Ibu Zuckerberg adalah seorang psikiater yang bernama Karen Kempner.

Mark Zuckerberg sendiri memiliki tiga saudari perempuan yang bernama Randi Zuckerberg, Donna Zuckerberg dan Arielle Zuckerberg

Keluarga Mark Zuckerberg
Keluarga Mark Zuckerberg

Randi yang berusia dua tahun lebih tua dari Mark merupakan mantan salah satu orang penting di awal berdirinya Facebook sebelum memutuskan keluar di tahun 2011. Randi pernah menjabat sebagai Direktur Market Development and Spokeswoman di Facebook. 

Berbeda dengan Randi, Donna yang lebih muda 3 tahun dari Mark, nampaknya enggan menjejaki karir di bisnis saudara laki-lakinya tersebut. Ia memilih berfokus di bidang seni dan kini berprofesi sebagai penulis setelah menyelesaikan pendidikan doktoralnya.

Arielle Zuckerberg juga tidak mengikuti Mark untuk bergabung di Facebook. Meskipun latar belakang pendidikannya di bidang IT, wanita yang lebih muda 5 tahun dari Mark ini, memilih menjadi profesional mandiri. Ia tercatat pernah bekerja di 'raksasa teknologi', Google.

Pernikahan dan Istri Mark Zuckerberg

Berawal dari 'keisengannya' membuat aplikasi bernama Facemash, Mark Zuckerberg harus menghadap para petinggi Harvard University yang merupakan tempatnya kuliah saat itu. Mengetahui hal itu, Ia meyakini bahwa dirinya akan di drop out karena aplikasi ciptaannya itu diketahui cukup meresahkan.

Mendengar hal itu, teman-teman Zuckerberg pun memutuskan untuk membuat pesta perpisahan dengannya. Ditengah-tengah pesta yang sedang berlangsung, Zuckerberg pergi mencari toilet. Momen ini yang menjadi pertemuan pertama antara dirinya dan Priscilla Chan, istrinya saat ini.

Ketika Zuckerberg sedang menunggu untuk menggunakan toilet, Ia bertemu Priscilla yang juga ada di pesta tersebut. 

Tak perlu waktu lama bagi Zuckerberg untuk tertarik dengan pesona Priscilla, Ia langsung mengajak wanita keturunan Cina-Amerika ini untuk berkencan dipertemuan pertama mereka itu.

Zuckerberg mengatakan kepada Priscilla, "Aku akan segera dikeluarkan dalam 3 hari kedepan, kita harus berkencan secepatnya" melansir dari CNBC.

Meskipun pada akhirnya Zuckerberg tidak dikeluarkan dari Harvard, Ia tetap berhasil memikat hati Priscilla hingga mereka pun resmi menjalin hubungan dan berkencan. Seluruh rangkaian momen ini terjadi di tahun 2003.

Pada 19 Mei 2012, Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan secara resmi menikah. Acara pernikahan mereka cukup membuat banyak pihak terkejut karena dilangsungkan secara mendadak dan tertutup di halaman belakang rumah sang bos Facebook.

Pernikahan Mark Zuckerberg
Pernikahan Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan

Menariknya, pernikahan Zuckerberg hanya berselang satu minggu dari diresmikannya proses IPO (Initial Public Offering) Facebook di lantai bursa NASDAQ.

Pernikahan mereka juga hanya berselang beberapa hari dengan lulusnya Priscilla dari program doktoral di bidang kedokteran University of California San Fransisco.

Karena jaraknya yang dekat dengan kelulusan Priscilla, beberapa tamu undangan bahkan sempat mengira bahwa mereka di undang ke pesta untuk merayakan hal tersebut bukan pernikahan.

Hidangan yang disajikan di pesta pernikahan mereka pun diketahui cukup spesial. Mereka memesan makanan dari Palo Alto Sol dan Fuki Sushi yang merupakan restoran favorit Zuckerberg dan Priscilla. Tak lupa, ada pula Burdick Chocolate “mice” yang mereka makan ketika kencan pertama dulu.

Tiga tahun pasca pernikahan mereka, Zuckerberg dan Priscilla dikarunia anak pertama yang diberi nama Maxima Zuckerberg. Pada 2017, Priscilla melahirkan anak kedua mereka yang diberi nama August Chan Zuckerberg.

Mark Zuckerberg Priscilla Chan
Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan Bersama Anak-Anaknya

Zuckerberg dan Priscilla cukup menjaga privasi anak-anaknya sehingga tidak banyak informasi tentang mereka yang diketahui publik. Namun beberapa potret lucu mereka masih bisa ditemukan di Facebook milik Mark Zuckerberg. 

Baca Juga: Cara Menghapus Akun FB

Pendidikan Mark Zuckerberg

Zuckerberg yang tumbuh besar di daerah Dobbs Ferry, New York, dikenal memiliki prestasi pendidikan yang gemilang.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasarnya di sekolah lokal tak jauh dari tempat tinggalnya, Zuckerberg melanjutkan SMA di Ardsley High School selama dua tahun sebelum pindah ke SMA Philips Exeter Academy hingga lulus di tahun 2002. Ia masuk Ardsley High School pada 1998.

Zuckerberg terkenal cukup berprestasi ketika bersekolah di Philips Exeter Academy. Ia memenangkan lomba di bidang matematika, astronomi, fisika dan sejarah. Ia juga menjadi kapten tim anggar di sekolahnya tersebut.

Harvard University menjadi universitas pilihannya setelah lulus SMA. Zuckerberg yang sangat tertarik terhadap bahasa pemrograman, mengambil jurusan Computer Science & Psychology. Tak perlu waktu lama bagi komunitas Harvard untuk langsung mengenal kemampuannya dibidang ini.

"Programming prodigy", begitu Zuckerberg dijuluki oleh komunitas Harvard berkat kemampuannya di bidang pemrograman. 

Bukan tanpa alasan, Zuckerberg berhasil menciptakan beberapa apliaksi yang viral di komunitas Harvard saat itu seperti CourseMatch, FaceMash dan yang paling fenomenal, Facebook.

Karena ingin fokus membangun Facebook, Zuckerberg yang baru berada di tahun keduanya memutuskan untuk drop out dari Harvard pada tahun 2004. 

Namun keputusan itu nampaknya tak perlu disesali oleh Zuckerberg. Harvard memberikannya gelar 'pengganti' berupa doktor kehormatan di bidang hukum pada tahun 2017. Ia bahkan menjadi salah satu perwakilan mahasiswa yang memberikan pidato di wisuda ke-366 Harvard.

Mark Zuckerberg di Harvard University
Mark Zuckerberg di Wisuda ke-366 Harvard University

Kalau kamu bertanya dari mana asal kemampuan programming nya, ternyata ini tidak lepas dari peran sang ayah yang sangat jeli melihat bakat Zuckerberg sedari Ia ada di SMP.

Edward Zuckerberg menemukan bahwa anak laki-lakinya tersebut sangat senang terhadap komputer dan elektronik sehinga Ia memanggil guru privat komputer bernama David Newman untuk memberikan pemahaman pemrograman lebih lanjut kepada Mark Zuckerberg.

Bakat Mark disadari oleh Edward ketika Ia mengajarkannya pemrograman menggunakan bahasa Atari.

Kisah Mark Zuckerberg Menciptakan Facebook

Tak lengkap rasanya membahas biografi Mark Zuckerberg tanpa menyelipkan tentang kisah suksesnya membangun Facebook.

Percaya tak percaya, ada sederet kontroversi yang menyeret Zuckerberg dalam awal proses mendirikan raksasa media sosial ini. Salah satunya sudah kita bahas sebelumnya yaitu keputusannya untuk drop out dari Harvard.

Pada awalnya, Facebook direncanakan hanya digunakan secara terbatas di lingkungan Harvard University. Ini merupakan pengembangan dari aplikasi direktori siswa bernama "The Photo Address Book" yang pernah dibuatnya saat bersekolah di Philips Exeter Academy.

Dalam mengembangkannya, Mark Zuckerberg dituduh pernah melakukan plagiarisme terhadap aplikasi bernama ConnectU milik seniornya di Harvard. Kontroversi ini bahkan sempat diperkarakan secara hukum oleh para seniornya tersebut.

Seiring dengan meningkatnya popularitas Facebook, aplikasi ini pun diperluas penggunaannya hingga menjangkau mahasiswa kampus Ivy League sebelum akhirnya diperkenalkan ke masyarakat yang lebih luas. 

Kisah dari penemuan Facebook selengkapnya dapat kamu baca dalam artikel Sejarah Facebook.

Pencapaian Pribadi dan Penghasilan Mark Zuckerberg

Sebelum kita membahas harta kekayaannya, tahukah kamu bahwa Mark Zuckerberg juga merupakan sosok yang berprestasi?

Berikut ini adalah beberapa prestasi yang pernah diraihnya semasa menjadi pemimpin Facebook,

  • Menerima penghargaan Best Startup CEO pada Crunchie Awards 2007

  • Terpilih sebagai Person of the Year oleh Majalah Time pada tahun 2010

  • Menjadi CEO of the Year di Crunchie Awards pada tahun 2012

  • Menerima penghargaan Axel Springer Award di tahun 2016

  • American Richest Entepreneurs Under 40 oleh Forbes pada tahun 2016

  • Menerima gelar doktoral kehormatan dari Harvard University pada tahun 2017

Sekarang mari kita masuk ke bahasan seputar kekayaan Mark Zuckerberg.

Menurut Forbes, Mark Zuckerberg adalah orang terkaya nomor 5 di dunia saat ini dengan kekayaan mencapai $97 milyar USD pada tahun 2021. Sumber aset kekayaannya utama Zuckerberg berasal dari 29,3% kepemilikan saham kelas A di Facebook.

Daftar Orang Terkaya Dunia Versi Forbes Per Mei 2021
Daftar Orang Terkaya Dunia Versi Forbes Per Mei 2021

Sejatinya jumlah kekayaan pendiri Facebook ini bisa melebihi angka tersebut. Namun sisi filantropi dalam diri Zuckerberg membuatnya lebih memilih membagikan sebagian hartanya untuk membantu orang lain. 

Terbaru, Mark Zuckerberg diketahui mendonasikan uang sejumlah $25 juta USD kepada Bill and Melinda Gates Foundation untuk mendukung riset metode penanggulangan pandemi pada tahun 2020 lalu. 

Donasi ini disalurkan melalui The Chan-Zuckerberg Initiative, fondasi amal yang dibagunnya bersama sang istri.

Baca Juga: Cara Membuat Avatar di FB

Fakta Menarik Mark Zuckerberg

Untuk melengkapi biografi Mark Zuckerberg, Gubuk Pintar ingin mengajak mu melihat fakta menarik seputar kehidupan dan pencapaian Mark Zuckerberg. Seperti ini faktanya:

  • Mark Zuckerberg diketahui mengidap buta warna parsial, dimana Ia kesulitan melihat warna merah dan hijau tetapi tidak pada biru. Ini menjadi salah satu alasan mengapa logo Facebook berwarna biru

  • Zuckerberg menggunakan kaos abu-abu Facebook hampir setiap hari karena Ia merasa memilih baju cukup memakan waktunya

  • Mark Zuckerberg dikenal sebagai vegetarian sejak tahun 2011, Ia menyatakan hanya akan memakan daging jika Ia sendiri yang memotong hewan tersebut

  • Anjing peliharaannya yang bernama Beast memiliki lebih dari 2 juta pengikut di Facebook

  • Zuckerberg fasih menggunakan 6 bahasa dimana Ia bisa membaca, menulis dan berbicara menggunakan bahasa Perancis, Hebrew, Latin, Yunani kuno, Mandarin, and Inggris. Bahasa Mandarin dipelajarinya secara khusus agar bisa berbicara dengan keluarga sang istri

  • Akun Twitter Mark Zuckerberg tidak terverifikasi, dimana cuitan terakhirnya dilakukan pada tahun 2012

  • Saat Facebook masuk ke daftar Fortune 500 pada tahun 2013, Zuckerberg menjadi CEO termuda dalam daftar itu ketika usianya baru 28 tahun

Penutup

Seperti itulah biografi Mark Zuckerberg yang terkenal sebagai ahli pemrograman dan filantropi. Melihat perkembangan dunia digital yang semakin mengkilap, Facebook tentu masih akan terus berkembang. Mari kita saksikan menyaksikan bagaimana pendiri Facebook ini membawanya.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Biografi Mark Zuckerberg, Sang Pendiri Facebook, silahkan tulis di kolom komentar ya. 

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar