√ Cara Membuat Avatar di FB (Facebook) - Gubuk Pintar
Cara Membuat Avatar di FB (Facebook)
Cara Membuat Avatar di FB (Facebook)

Cara Membuat Avatar di FB (Facebook)

Kesulitan membuat avatar di Facebook? Yuk, temukan cara membuat avatar di FB dengan mudah dalam artikel ini sekarang juga!

Cara Membuat Avatar di FB

Pada awal perilisannya, fitur avatar Facebook langsung mencuri perhatian publik. Banyak orang langsung tergiur untuk membuatnya. Namun hingga kini sayangnya masih ada orang yang belum tahu cara membuat avatar di FB sehingga belum mencobanya.

Sebenarnya, cara buat avatar di FB itu sangat mudah. Fitur ini disediakan untuk seluruh pengguna Facebook di HP tanpa terkecuali selama aplikasinya sudah up to date.

Kalau kamu belum tahu cara cara bikin avatar di FB, yuk baca bagian selanjutnya dari artikel ini. Gubuk Pintar akan memandu mu membuatnya!

Daftar Isi




Apa Itu Avatar Facebook?

Avatar Facebook adalah salah satu fitur yang diluncurkan oleh raksasa media sosial yang cukup identik dengan warna birunya ini pada bulan Mei 2020. Berbekal fitur ini, kamu bisa membuat gambaran diri mu dalam wujud kartun.

Tidak hanya itu, avatar hasil ciptaan mu juga bisa dibagikan ke postingan status, story, komentar hingga ketika chat di Messenger.

Ada banyak model rambut, warna kulit hingga pakaian yang tersedia sehingga kamu bisa membuat avatar yang semirip mungkin dengan tampilan asli mu.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa Facebook mengeluarkan fitur ini untuk menyaingi keberhasilan Bitmoji yang sebelumnya telah diintegrasikan ke aplikasi Snapchat.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun FB

Cara Membuat Avatar di FB

Untuk membuat avatar di Facebook, kamu harus menggunakan aplikasi Facebook di HP. Seperti ini langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Facebook dan klik ikon ☰ di pojok kanan atas/bawah

  2. Pilih Avatars, kalau kamu tidak melihatnya tekan See More

    Cara Membuat Avatar di FB

  3. Jika ini adalah kali pertama kamu membukanya, maka akan muncul halaman awal seperti gambar di bawah. Klik saja Next untuk melanjutkan

    Cara Membuat Avatar di FB

  4. Kamu akan diminta memilih warna kulit dari avatar mu, silahkan pilih dan klik Next

    Cara Membuat Avatar di FB

  5. Selanjutnya, kamu akan diminta mengatur berbagai tampilan dari avatar mu seperti gaya rambut, bentuk mata, hidung hingga aksesoris. Silahkan atur sesuai keinginan mu dan jika sudah selesai maka klik Done

    Cara Membuat Avatar di FB

  6. Kamu akan diarahkan ke halaman preview dari avatar yang sudah kamu buat. Silahkan lanjutkan dengan klik Next

    Cara Membuat Avatar di FB

  7. Halaman ini hanya sebatas informasi saja bahwa avatar mu bisa digunakan sebagai stiker di Messenger. Klik Next untuk melanjutkan

    Cara Membuat Avatar di FB

  8. Pada tahap ini, kamu diberikan pilihan untuk membagikan tampilan avatar mu dengan klik pada tombol Share to News Feed. Jika tidak ingin melakukannya, kamu lewati saja dengan klik Skip

    Cara Membuat Avatar di FB

  9. Kamu dapat melihat tampilan avatar mu sepenuhnya sekarang. Jika sudah mencapai tahap ini, tandanya kamu sudah berhasil membuat avatar Facebook!

    Cara Membuat Avatar di FB

Avatar Facebook yang kamu buat itu sifatnya tidak permanen. Jadi apabila dikemudian hari kamu ingin merubah tampilannya, kamu hanya perlu kembali ke halaman Avatar lagi dan menekan tombol Edit.
Cara Membuat Avatar di FB
Tombol Untuk Mengubah Tampilan Avatar Facebook
Untuk cara membuat avatar di facebook lite sebenarnya sama saja dengan langkah-langkah diatas. Intinya, seluruh prosesnya dapat kamu lakukan di ikon Avatar tersebut.

Baca Juga: Cara Mengganti Nama FB

Penyebab Tidak Bisa Membuat Avatar di Facebook

Tidak semua orang mungkin akan berhasil melakukan cara membuat avatar di FB seperti langkah diatas. Bukan karena langkah-langkahnya yang salah tetapi umumnya karena aplikasi Facebook yang digunakan mengalami masalah. Berikut ini beberapa penyebabnya:

  • Aplikasi Facebook Belum Update

    Coba masuk ke Play Store dan lihat apakah ada update yang tersedia untuk aplikasi Facebook mu. Kalau ada, segera lakukan pembaruan. Biasanya, aplikasi Facebook yang belum update memang tidak menampilkan ikon Avatar.

  • Aplikasi Facebook Mengalami Masalah

    Untuk yang sering berganti akun Facebook di satu HP yang sama, biasanya ini bisa menimpulkan kendala di loading tampilan aplikasi. Salah satu dampaknya adalah menghilangnya ikon Avatar. Kalau ini terjadi, coba tutup aplikasi Facebook dan masuk kembali.

  • Koneksi Tidak Stabil

    Kalau kamu sudah memastikan aplikasi Facebook mu up to date dan tidak mengalami masalah tetapi tidak bisa membuat Avatar, coba cek dulu koneksi mu. Koneksi yang tidak stabil biasanya akan gagal menampilkan aplikasi dengan sempurna karena kegagalan menerima data.

Apabila seluruh penyebab diatas sudah coba kamu atasi tetapi tetap saja tidak bisa membuat Avatar FB, coba ikut tips yang Gubuk Pintar bagikan pada bagian selanjutnya.

Solusi Tidak Bisa Membuat Avatar Facebook

Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan ketika tidak bisa membuat avatar Facebook adalah dengan memanfaatkan postingan orang yang menampilkan avatar mereka.

Setiap postingan tentang avatar akan memunculkan tombol "Try It", dimana tombol ini akan membawa mu ke kreator avatar seperti yang telah dijelaskan dalam bagian cara membuat avatar di FB sebelumnya.

Cara Membuat Avatar di FB
Contoh Postingan Yang Memiliki Tombol "Try It"

Silahkan klik tombol tersebut untuk mengatasi masalah mu. Kalau kamu kesulitan menemukan teman yang memiliki postingan tersebut, silahkan cari saja postingan seseorang dengan kata kunci "avatar" melalui kolom pencarian Facebook.

Penutup

Demikian cara membuat avatar di Facebook yang bisa kamu lakukan. Memiliki avatar Facebook tentu akan membuat keseruan chatting di Facebook meningkat karena kamu bisa mengirimkannya ke teman mu dalam bentuk stiker ataupun gambar seutuhnya. 

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Cara Membuat Avatar di FB (Facebook), silahkan tulis di kolom komentar ya. 

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terima kasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar