Cara Melihat Email FB di PC dan HP Dengan Mudah - Gubuk Pintar
Cara Melihat Email FB di PC dan HP Dengan Mudah
Cara Melihat Email FB di PC dan HP Dengan Mudah

Cara Melihat Email FB di PC dan HP Dengan Mudah

Lupa email Facebook mu? Yuk, temukan cara melihat email FB melalui PC dan HP dengan mudah dalam artikel ini sekarang juga!

Cara Melihat Email FB

Kalau memilih banyak akun Facebook sekaligus, terkadang kita mungkin lupa apa alamat email dari beberapa diantaranya. Untuk memudahkan mu, kamu harus tahu beberapa cara melihat email FB.

Kamu bisa sebenarnya bisa melihat email Facebook baik menggunakan HP ataupun PC. Meskipun hampir sama, keduanya memiliki sedikit perbedaan pada langkah-langkah tertentu. Keduanya akan Gubuk Pintar jabarkan dalam artikel ini.

Yuk, baca bagian selanjutnya!

Daftar Isi




Cara Melihat Email FB Sendiri Melalui PC

Melalui PC, ada beberapa cara melihat email di FB yang dapat kamu lakukan. Kamu bisa memilih berdasarkan situasi akun mu dan metode yang paling membuatnya nyaman. Berikut ini cara-caranya,

Melalui Profil Facebook

Cara mengetahui email FB melalui halaman profil menjadi yang paling umum dilakukan. Ini bisa menjadi pilihan ketika kamu bisa masuk ke akun Facebook mu tanpa masalah. Seperti ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Facebook dan masuk dengan akun mu

  2. Masuk ke halaman profil akun mu

  3. Klik tab Tentang dan pilih Informasi Kontak Dasar

  4. Kamu bisa melihat email FB mu pada bagian Info Kontak

    Cara Melihat Email FB Sendiri Melalui PC

Adapun cara ini hanya bisa digunakan jika kamu masih dalam status login. Apabila sudah logout maka cara ini mungkin tidak akan berfungsi. Kecuali kamu mengatur privasi akun mu untuk mengizinkan alamat email dapat dilihat oleh siapapun.

Memanfaatkan Fitur Lupa Kata Sandi

Cara melihat email FB selanjutnya yang bisa kamu coba di PC yaitu melalui fitur lupa akun. Ini bisa menjadi opsi ketika kamu tidak sedang dalam kondisi login atau bahkan tidak bisa login. Seperti ini caranya:

  1. Buka Facebook

  2. Pada halaman login, klik Lupa Kata Sandi?

  3. Masukkan nomor telepon atau username dari akun Facebook mu

  4. Kalau sesuai dan ditemukan, maka kamu bisa melihat sebagian alamat email dari akun mu disana

    Cara Melihat Email FB Sendiri Melalui PC

Cara ini memang tidak memberikan email Facebook mu secara lengkap tetapi setidaknya bisa memberikan kamu kisi-kisi untuk mengingatnya.

Melihat Email Facebook Melalui Pengaturan Akun

Metode lainnya yang bisa kamu tempuh yaitu melalui pengaturan akun Facebook. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya:

  1. Buka Facebook dan masuk dengan akun mu

  2. Klik ikon ▼ di pojok kanan atas dan pilih Pengaturan & Privasi

  3. Selanjutnya, pilih Pengaturan

  4. Pada tab Umum, kamu bisa menemukan informasi tentang akun mu seperti nama dan juga email yang kamu gunakan untuk akun Facebook tersebut

    Cara Melihat Email FB Sendiri Melalui PC

Sayangnya cara melihat email FB yang satu ini juga membutuhkan kamu untuk login terlebih dahulu.

Mengetahui Email Facebook di Halaman Logout

Kamu juga bisa menemukan alamat email mu ketika kamu logout dari akun Facebook mu. Sebelum melakukan cara ini, sebaiknya pastikan kamu masih memiliki akses ke akun Facebook mu ya baik menggunakan username ataupun nomor telepon. Seperti ini caranya:

  1. Buka Facebook dan klik ikon di pojok kanan atas

  2. Pilih Keluar

  3. Kamu akan diarahkan ke halaman login Facebook. Jika sebelumnya kamu masuk ke Facebook dengan email, kamu mungkin bisa menemukannya di kolom Email atau Nomor Telepon. Facebook biasanya akan merekam setiap email akun yang login

    Cara Melihat Email FB Sendiri Melalui PC

Sayangnya jika akun sebelumnya masuk menggunakan username atau nomor telepon, mungkin yang kamu temukan adalah username atau nomor telepon tersebut bukan email.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun FB

Cara Melihat Email FB Sendiri Melalui HP

Tidak berbeda dengan PC, melalui aplikasi Facebook yang ada di HP pun kamu bisa melihat email dari akun Facebook mu. Metode-metodenya pun saja saja, perbedaannya hanya pada detail dari langkah-langkahnya.

Melalui Profil Facebook

Kamu juga bisa melihat email Facebook mu melalui profil akun di HP. Caranya seperti ini:

  1. Buka aplikasi Facebook dan masuk dengan akun mu

  2. Buka halaman profil Facebook mu

  3. Pada bagian deskripsi akun yang biasanya berisikan status, tempat tinggal, dsb. Cari dan klik tombol See Your About Info

  4. Cari bagian Contact Info, kamu bisa menemukan alamat email Facebook mu disana

    Cara Melihat Email FB Sendiri Melalui HP

Cara ini mengharuskan kamu untuk login terlebih dahulu. Jadi, untuk yang tidak bisa login karena lupa email mungkin bisa mencoba cara melihat email FB selanjutnya yang akan Gubuk Pintar bagikan.

Memanfaatkan Fitur Lupa Kata Sandi

Untuk cara ini, kamu bisa melakukannya tanpa harus login terlebih dahulu. Namun sayangnya, kamu memang tidak bisa mendapatkan email mu sepenuhnya. Cara ini hanya akan menghasilkan kisi-kisi dari email mu saja. Seperti ini cara melakukannya:

  1. Buka aplikasi Facebook

  2. Pada halaman login, klik Forgot Password?

  3. Masukkan nomor telepon yang terhubung dengan akun mu

  4. Apabila ditemukan, kamu bisa melihat beberapa bagian dari email mu. Silahkan ingat-ingat sisanya ya.

Cara ini menjadi satu-satunya cara melihat email FB yang dilakukan tanpa harus login terlebih dahulu.

Melihat Email Facebook Melalui Pengaturan Akun

Cara mengetahui email FB melalui pengaturan di HP sebenernya cukup mirip langkahnya dengan di PC. Seperti ini cara melakukannya:

  1. Buka aplikasi Facebook dan masuk dengan akun mu

  2. Klik ikon ☰ di pojok kanan atas/bawah

  3. Pilih Settings & Privacy, lalu pilih Settings

  4. Pada bagian Account, pilih Name and Contact Information

  5. Lanjutkan dengan memilih Contact Info

  6. Kamu akan menemukan email Facebook mu di halaman ini

    Cara Melihat Email FB Sendiri Melalui HP

Kamu mungkin tidak hanya menemukan satu email saja ketika menggunakan cara ini tetapi seluruh email yang tersambung dengan akun Facebook mu.

Mengetahui Email Facebook di Halaman Logout

Kamu juga bisa memanfaatkan halaman logout untuk menemukan alamat email dari akun mu. Syaratnya adalah kamu harus masuk ke akun tersebut dengan alamat email sebelumnya, bukan dengan username atau nomor telepon. Seperti ini caranya:

  1. Buka aplikasi Facebook dan klik ikon ☰ di pojok kanan atas/bawah

  2. Klik Logout

  3. Kamu akan diarahkan ke halaman login Facebook. Klik dibagian kolom email, biasanya email dari akun yang pernah login dari perangkat tersebut akan terekam dan ditampilkan

    Cara Melihat Email FB Sendiri Melalui HP

Sebelum menggunakan cara melihat email FB satu ini, sebaiknya pastikan dulu bahwa kamu memiliki akses login ke akun mu ya seperti menggunakan username atau nomor telepon. Ini guna mencegah mu mengalami kesulitan login kembali ke akun mu karena sudah logout.

Cara Mengetahui Email FB Orang Lain

Selain melihat email Facebook sendiri, kamu juga bisa coba melihat email milik orang lain di Facebook. Caranya yaitu dengan melihatnya langsung di halaman profil sang pemilik akun.

Melihat Email FB Orang Lain Melalui PC

Untuk kamu yang ingin lihat email FB orang lain lewat PC, silahkan ikuti langkah berikut ini ya:

  1. Buka Facebook dan masuk dengan akun mu

  2. Buka profil yang ingin kamu lihat emailnya

  3. Klik Tentang dan pilih tab Info Kontak dan Dasar

  4. Apabila sang pemilik akun mengatur privasi emailnya untuk dibagikan secara publik, kamu bisa menemukannya di halaman ini

Jika sang pemilik akun tidak mengizinkan emailnya untuk dibagikan secara publik, maka solusinya hanya satu yaitu menanyakannya secara langsung.

Melihat Email FB Orang Lain Melalui HP

Cara melihat email FB milik orang lain melalui HP pun sama saja dengan di PC, hanya mungkin beberapa detailnya sedikit berbeda. Seperti ini caranya:

  1. Buka aplikasi Facebook dan masuk dengan akun mu

  2. Buka profil yang ingin kamu lihat emailnya

  3. Klik See Nama Teman About Info dan cari bagian Contact Info. Jika teman mu tersebut membagikannya secara publik, emailnya akan tampil disana

Sama halnya dengan di PC, tidak ada cara lain untuk melihat email FB orang lain ketika dia tidak membagikannya secaranya publik.

Tips Menyimpan Email Facebook

Setelah menemukan email mu kembali, tentu kamu tidak ingin kehilangannya lagi kan?

Gubuk Pintar ada beberapa tips untuk menyimpan email Facebook mu dengan mudah dan bisa kamu akses kembali dikemudian hari. Berikut ini tipsnya:

  • Simpan email Facebook mu di aplikasi notes atau sejenisnya. Untuk kamu yang lebih suka mengakses Facebook di PC, kamu bisa menyimpannya di Notepad

  • Simpan alamat email Facebook mu di Google Docs. Ini akan sangat membantu karena aplikasi berbasis cloud seperti ini bisa kamu akses kapanpun dan melalui perangkat apapun

  • Menggunakan account manager seperti Dashlane jika kamu memiliki berbagai macam akun. Seperti yang Gubuk Pintar tuliskan di artikel Cara Masuk FB Tanpa Kata Sandi, Dashlane bahkan bisa membuat mu login Facebook tanpa harus menuliskan email dan password

Semoga tips-tips diatas bisa membantu ya!

Baca Juga: Cara Melihat Sandi FB Sendiri

Penutup

Demikian artikel tentang cara melihat email FB. Harapannya cara-cara di atas berhasil kamu manfaatkan untuk melihat alamat email Facebook mu ya.

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Cara Melihat Email FB di PC dan HP Dengan Mudah, silahkan tulis di kolom komentar ya. 

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar