Cara Direct Message (DM) di Twitter - Gubuk Pintar
Cara Direct Message (DM) di Twitter
Cara Direct Message (DM) di Twitter

Cara Direct Message (DM) di Twitter

Twitter juga memiliki fitur Direct Message. Mau tahu cara DM di Twitter dengan mudah? Yuk, temukan panduannya dalam artikel ini sekarang juga!

Cara DM di Twitter

Setelah berdiri lebih dari satu dekade, Twitter telah menyediakan berbagai fitur di layanannya termasuk Direct Message. Cara DM di Twitter sendiri nyatanya sangat mudah tetapi terkadang ada yang mungkin bingung mengapa fitur ini tidak bisa digunakan.

Untuk memberikan pencerahan terhadap kamu yang bingung tentang fitur DM di Twitter, Gubuk Pintar akan coba mengulasnya melalui artikel ini. Yuk, temukan informasi selengkapnya pada bagian selanjutnya!

Daftar Isi




Syarat Mengirim dan Menerima DM di Twitter

Karena sifatnya yang personal, Twitter membuat batasan untuk sebuah akun bisa mengirim dan menerima pesan DM. Melansir dari halaman Bantuan Twitter,  syaratnya yaitu seperti ini:

  • Kamu bisa mengirimkan DM ke siapapun yang mengikuti akun Twitter mu

  • Orang yang tidak mengikuti akun Twitter mu tetap bisa mengirimkan mu pesan ketika kamu telah mengirimkan DM terlebih dahulu ke orang tersebut atau saat kamu mengizinkan untuk menerima DM dari semua orang

  • Kamu tidak bisa mengirimkan DM ke akun Twitter yang ada dalam daftar blokir

  • Untuk percakapan grup, siapapun yang tergabung di dalamnya bisa membaca dan mengirimkan pesan meskipun tidak saling mengikuti satu sama lain

Cara DM di Twitter

Setelah mengetahui syarat-syaratnya, mari masuk ke cara DM di Twitter. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya:

  1. Buka Twitter dan masuk dengan akun mu

  2. Buka profil akun Twitter yang ingin kamu kirimkan pesan DM

  3. Tekan logo Message

    Cara DM di Twitter

  4. Kamu akan diarahkan ke ruang obrolan. Selanjutnya, silahkan kirim pesan mu

Sayangnya, tidak semua akun bisa kamu kirimkan pesan DM. Ini tergantung pada pengaturan privasi dari akun tersebut seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya. 

Apabila kamu menemui akun Twitter mu juga tidak bisa menerima DM, kamu bisa mengatur privasinya. Untuk mengatur privasi akun Twitter agar bisa menerima DM akan Gubuk Pintar jelaskan pada bagian selanjutnya.

Cara Aktifkan DM Twitter

Pada bagian sebelumnya, Gubuk Pintar telah menjelaskan bahwa teknis cara DM di Twitter sangat dipengaruhi oleh pengaturan privasi dari suatu akun Twitter. Kalau ingin mengatur privasi akun Twitter mu agar bisa menerima pesan, silahkan lakukan cara berikut ini:

  1. Buka Twitter dan masuk dengan akun mu

  2. Tekan tombol More dan pilih Settings and privacy jika kamu mengakses Twitter via PC. Silahkan tekan tombol di pojok kiri atas untuk yang mengaksesnya via aplikasi HP

  3. Selanjutnya, pilih opsi Privacy and safety lalu Direct Messages

  4. Centang pilihan Allow message requests from everyone jika kamu ingin mengizinkan siapapun untuk mengirimkan mu pesan (termasuk orang yang tidak mengikuti mu)

    Cara Aktifkan DM Twitter

Kenapa Tidak Bisa Mengirimkan Direct Message Twitter?

Jika kamu tidak menemukan tombol Message seperti yang telah dijelaskan pada bagian cara DM di Twitter sebelumnya, ada dua kemungkinan yang bisa menjadi solusinya.

Pertama, coba refresh halaman profil akun Twitter tersebut. Bisa ini terjadi masalah koneksi yang membatasi pemuatan halaman sepenuhnya sehingga tombol menjadi tidak muncul. 

Namun apabila ini tidak berhasil, maka bisa saja ternyata akun tersebut memang membatasi orang yang bisa mengirimkan pesan DM kepadanya melalui pengaturan privasinya.

Kedua, silahkan kamu follow dan mention akun tersebut untuk segera mengikuti mu juga. Bilang saja kamu ingin mengirimkannya pesan DM yang sifatnya privat. Apabila kamu dan akun tersebut sudah saling mengikuti, maka tombol Message otomatis akan muncul.

Penutup

Demikian ulasan mengenai cara DM di Twitter. Harapannya kini kamu sudah mengenal lebih jauh fitur satu ini dan mampu menggunakannya tanpa masalah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya!

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Beragam Cara Direct Message (DM) di Twitter, silahkan tulis di kolom komentar ya.

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar