Perbedaan VPS dan Dedicated Server Yang Perlu Diketahui - Gubuk Pintar
Perbedaan VPS dan Dedicated Server Yang Perlu Diketahui
Perbedaan VPS dan Dedicated Server Yang Perlu Diketahui

Perbedaan VPS dan Dedicated Server Yang Perlu Diketahui

Apakah trafik website Anda meningkat pesat? Mari ketahui perbedaan vps dan dedicated server terlebih dahulu!

Perbedaan VPS dan Dedicated Server

Perbedaan vps dan dedicated server sangatlah penting diketahui. Layanan web hosting umumnya menawarkan pilihan server. Server yang tepat akan membantu kinerja Anda untuk menjadi lebih baik. Anda bisa mempertimbangkan faktor-faktor keduanya untuk menentukan mana yang cocok untuk bisnis Anda.

Namun, apakah perbedaan vps dan dedicated server? Simaklah artikel berikut untuk penjelasannya!

Daftar Isi






Apa itu VPS?

VPS, atau Virtual Private Server merupakan sebuah layanan hosting yang cukup terkenal. VPS mengedepankan teknologi virtualisasi untuk menyediakan sumber daya khusus pada server. Jadi, Anda tidak akan melihat tempat penyimpanan fisik melainkan berada di cloud.

Banyak yang memilih layanan ini karena lebih terjangkau dan aman dibandingkan menyewa seluruh server. Meskipun begitu, VPS mampu membantu website dengan trafik menengah untuk menyimpan data yang melebihi rencana shared hosting.

Selain itu, VPS masih memungkinkan pengguna untuk mengelola pengaturan dan konfigurasi sendiri. Jadi, Anda bisa melakukan perubahan dan penyesuaian sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apa itu Dedicated Server?

Berbeda dengan VPS, dedicated server menyediakan layanan yang lebih eksklusif kepada Anda. Seluruh server hanyalah milik Anda secara penuh dan memberikan kebebasan akan apa yang Anda ingin lakukan. Jadi, secara singkat, dedicated server adalah kumpulan dari beberapa VPS. 

Namun, kebebasan dan fleksibilitas ini mengharuskan Anda membayar lebih mahal dari VPS. Umumnya, website yang membutuhkan adalah website yang mempunyai trafik sangat tinggi dan membutuhkan kestabilan website setiap saat 

Contoh websitenya adalah seperti website pemerintahan, website toko online, website bisnis dan website perusahaan.

Perbedaan VPS dan Dedicated Server

Berikut perbedaan antara VPS dan Dedicated Server jika dilihat dari sisi kelebihan dan kekurangannya :

  1. VPS

    Jika trafik website Anda tinggi dan meningkat, menggunakan VPS adalah pilihan yang tepat. Dibandingkan shared hosting, VPS cenderung memberikan lebih banyak kebebasan kepada Anda karena mempunyai akses root.

    Selain itu, VPS mempunyai IP publik khusus dan resource pribadi sehingga akan terasa lebih privat dan aman. Namun, VPS cukup rumit bagi pemula karena pengguna perlu memahami linux dan windows demi pengaturan awal VPS.

    Anda pun harus bersedia membayar lebih mahal dari shared hosting. Meskipun begitu, VPS masih lebih murah dibandingkan dedicated server. 

  2. Dedicated Server

    Jika VPS mampu menopang website dengan trafik tinggi, maka dedicated server lebih dari itu. Server ini umumnya diperuntukkan untuk website yang memiliki trafik sangat tinggi hingga memerlukan server khusus lebih dari VPS. 

    Kinerja server ini memang lebih tinggi dibandingkan VPS. Oleh sebab itu, keseluruhan website bisa lebih stabil. Anda pun dapat mempunyai akses penuh terhadap server. Sehingga privasi dan keamanan akan lebih terjamin. Jika ada kerusakan pun, penawar layanan umumnya bertanggung jawab atas perbaikan. 

    Namun, seperti VPS, server ini kurang cocok untuk pemula. Pengguna perlu mempunyai pengetahuan terlebih dahulu tentang server demi pengaturan awal dan perawatan dedicated server. 

    Selain itu, dedicated server cenderung cukup mahal karena spesifikasi dan layanan berkualitas dan terjamin.

Sudah Tahu Perbedaan VPS dan Dedicated Server?

Itulah perbedaan vps dan dedicated server secara singkat. Keduanya memiliki perbedaan pada harga, spesifikasi, dan penggunaan. Anda perlu menentukan mana yang cocok dan tepat untuk website Anda. 

Jika Anda masih bingung atau website Anda membutuhkan dan server lebih dari shared hosting, Anda bisa mendapatkan layanan berkualitas cloud vps dengan harga yang terjangkau di Niagahoster. Tunggu apalagi? Yuk, coba sekarang juga!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar