Mengenal Apa Itu Spotify dan Fiturnya - Gubuk Pintar
Mengenal Apa Itu Spotify dan Fiturnya
Mengenal Apa Itu Spotify dan Fiturnya

Mengenal Apa Itu Spotify dan Fiturnya

Spotify adalah salah satu aplikasi streaming musik paling populer saat ini. Ingin tahu lebih jauh tentang apa itu Spotify? Yuk baca artikel ini!

Apa Itu Spotify

Jika kamu membaca artikel ini, mungkin kamu merupakan salah satu orang nya belum ‘akrab’ dengan apa itu Spotify. Tenang saja, itu wajar kok. Banyak orang yang mungkin sudah pernah menggunakannya tetapi tetap belum tahu apa saja sebenarnya yang ditawarkan oleh Spotify.

Melalui artikel ini, Gubuk Pintar ingin mengajak mu untuk mengulas lebih dalam Spotify, mulai dari fitur hingga kelebihan dan kekurangannya. Jika kamu tertarik mengetahuinya, yuk lanjutkan membaca ke bagian selanjutnya dari artikel ini!

Daftar Isi





Apa Itu Spotify?

Spotify adalah aplikasi layanan musik digital, podcast, dan video yang menghubungkan ke berbagai karya dari kreator di berbagai belahan dunia

Aplikasi Spotify tersedia di berbagai perangkat seperti komputer, ponsel, tablet, speaker, TV, hingga mobil. Kamu bisa beralih antar perangkat dengan mudah selama kamu telah memiliki akunnya.

Musik, podcast dan konten digital lain yang terdaftar di Spotify, dilindungi hak ciptanya secara digital, termasuk konten dari label rekaman dan perusahaan media. Oleh karena itu, konten aplikasi ini terjamin legal dan tidak merugikan para kreator. Spotify sangat anti terhadap pembajakan.

Saat ini, Spotify menjadi salah satu layanan streaming musik paling populer di dunia.

Fitur Spotify

Setelah tahu apa itu Spotify, kamu juga harus tahu bahwa ada beberapa fitur menarik yang tersedia di aplikasi Spotify, antara lain:

  • Playlist

    Kamu tidak perlu bolak-balik mencari lagu setiap kali selesai mendengarkan karena ada fitur playlist yang dapat kamu manfaatkan untuk menyimpan setiap judulnya.

    Setiap lagu dalam playlist mu dapat terus kamu tambahkan ataupun kurangi serta didengarkan secara berurutan ataupun acak. Tidak hanya itu, playlist mu ini pun dapat kamu bagikan dengan teman-teman mu agar bisa di dengarkan bersama!

  • Chart Lagu Terbaik

    Spotify terus memperbarui tangga lagu yang ada setiap minggu nya. Jangan salah, tangga lagu yang tersedia pun cukup beragam dari lagu lokasi, mancanegara hingga yang menyesuaikan dengan mood seperti lagi galau, senang ataupun yang cocok didengarkan di pagi hari.

  • Podcast

    Tidak hanya mendengarkan musik saja, berbagai konten kreator podcast juga aktif membagikan konten terbarunya di aplikasi ini. Sebut saja Raditya Dika, Podkesmas, Jurnal Risa dan masih banyak lagi.

    Ini menjadikan Spotify sebuah media dengan konten audio yang cukup lengkap.

  • Mode Offline

    Secara umum, Spotify beroperasi secara online sehingga setiap penggunanya perlu terhubung dengan koneksi internet.

    Namun untuk pengguna premium, kamu dapat menggunakan mode offline sehingga tetap bisa mendengarkan lagu pilihan mu meskipun tidak sedang terhubung ke internet. Fitur ini tentu sangat mendukung penghematan paket internet mu!

  • Integrasi ke Media Sosial

    Kalau kamu pernah melihat teman yang membagikan lagu yang sedang didengarkannya di Spotify ke story Instagram, itu karena Spotify memang telah terintegrasi ke berbagai media sosial sebelumnya.

    Jadi, untuk kamu yang mau ‘kode-kode gebetan’ atau sekedar membagikan lagu yang memang sedang selalu terngiang di kepala mu di media sosial, kamu bisa melakukannya dengan mudah melalui Spotify.


Kelebihan dan Kekurangan Spotify

Berikut ini kelebihan dan kekurangan aplikasi Spotify menurut Gubuk Pintar:

Kelebihan Spotify

  • Pilihan musik yang beragam

  • Tersedia diberbagai perangkat dan dapat digunakan lintas perangkat

  • Terdapat versi gratis

  • Dapat sharing playlist dengan teman via aplikasi

  • Harga premium yang terjangkau dan banyak menawarkan promo

Kekurangan Spotify

  • Tidak terhubung dengan lagu yang ada di memori perangkat

  • Terdapat perbedaan kualitas suara antara versi gratis dan premium

  • Iklan yang cukup mengganggu untuk versi gratis


Apakah Spotify Berbayar?

Spotify menyediakan layanan streaming musik dan podcast yang tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Ini adalah model bisnis dari aplikasi ini. Mereka menawarkan fitur menarik bagi pengguna berbayar nya tanpa menghilangkan esensi aplikasi bagi pengguna gratis.

Perbedaan Spotify Free dan Berbayar
Perbedaan Spotify Free dan Berbayar

Jika kamu menggunakan Spotify berbayar atau biasa disebuat dengan 'Spotify Premium', maka kamu bisa mendapatkan beberapa kelebihan berikut:

  • Bebas iklan
  • Bisa mendengarkan semua konten (termasuk yang dibatasi khusus pengguna premium)
  • Mendengarkan konten secara offline

Paket Spotify berbayar yang saat ini tersedia yaitu Premium Individual, Premium Student, Premium Duo hingga Premium Family.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai apa itu Spotify dan fitur-fiturnya. Semoga kini kamu sudah mengetahui lebih jauh aplikasi satu ini ya!

***

Apabila memiliki pertanyaan seputar artikel Mengenal Apa Itu Spotify dan Fiturnya, silahkan tulis di kolom komentar ya. 

Bila artikel ini bermanfaat, bantu Gubuk Pintar menyebarkan manfaatnya dengan membagikan artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di bawah ini. Terima kasih orang baik!

Baca juga:

Gubuk Pintar
"If you waiting for idea for write than you're not a writter. You just a waiter"
Buka Komentar

0 komentar:

Posting Komentar